Sukses


5 Manfaat Menyehatkan Mengonsumsi Ikan Salmon

Bola.com, Jakarta - Dalam upaya untuk mencapai gaya hidup sehat dan berkelanjutan, satu di antara kunci utamanya adalah memperhatikan pola makan yang seimbang. Dalam hal ini, ikan salmon telah menjadi sorotan yang tak terbantahkan dalam dunia gizi dan kesehatan.

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang berasal dari perairan dingin dan jernih, dikenal sebagai sumber makanan bergizi dan kaya akan asam lemak omega-3.

Selain itu, ikan ini mengandung berbagai zat penting seperti protein, vitamin D, vitamin B, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada beberapa manfaat dari mengonsumsi ikan salmon secara rutin yang mungkin perlu kamu cermati, satu di antaranya adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Berikut lima manfaat menyehatkan mengonsumsi ikan salmon, seperti dilansir dari Safebeat, Selasa (25/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Mengonsumsi Ikan Salmon

1. Membantu Mengatasi Peradangan Sendi

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam salmon dapat membantu mengurangi berbagai kondisi radang sendi termasuk osteoartritis. 

Salmon mengandung protein yang disebut peptida bioaktif. Satu di antara jenis peptida bioaktif semacam itu adalah kalsitonin, yang diketahui dapat meningkatkan, mengatur, dan menstabilkan sintesis kolagen dalam tulang rawan manusia.

2. Sumber Vitamin B Kompleks

Ikan salmon kaya akan kandungan vitamin B kompleks, mulai B3, B5, B7, B6, B9, hingga B12. Vitamin B kompleks bermanfaat untuk menjaga keseimbangan fungsi organ tubuh.

Kelompok vitamin B dalam ikan salmon bekerja bersama dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Selain itu mereka dapat membuat dan memperbaiki DNA dan mengurangi peradangan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Mengonsumsi Ikan Salmon

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Kadar DHA dan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi bekerja bersama vitamin A, vitamin D, dan selenium di dalam salmon, dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak.

Banyak suplemen makanan yang mengandung asam lemak omega-3 digunakan untuk mengobati gangguan psikologis yang berkaitan dengan otak, seperti penyakit Alzheimer dan parkinson.

Mengonsumsi salmon secara rutin untuk ibu hamil juga dapat meningkatkan kecerdasan pada anak serta menjaga kesehatan janin secara keseluruhan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan kalium. Asam lemak omega-3 yang dikombinasikan dengan mineral seperti kalium, dapat menjaga kesehatan jantung dengan baik.

Hal ini terjadi karena kombinasi tersebut dapat mengurangi peradangan pada arteri, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Mengonsumsi salmon secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan jantung, seperti serangan jantung, artimia, stroke, dan hipertensi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Mengonsumsi Ikan Salmon

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain berbagai manfaatnya untuk menjaga kesehatan, ikan salmon dapat membantu dalam usaha untuk menurunkan berat badan.

Ikan ini penuh dengan protein dan cukup rendah kandungan kalorinya sehingga baik untuk memasukan salmon ke daftar menu makanan diet.

Selain dapat memberikan protein kepada tubuh dalam jumlah cukup signifikan, mengonsumsi salmon sebagai makanan diet dapat mengimbangi berbagai kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh.

 

Sumber: Safebeat

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer