Sukses


Apa Saja Ciri-Ciri Makhluk Hidup? Ini Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Makhluk hidup adalah organisme yang memiliki kemampuan untuk bernapas, berpindah tempat, merespons perubahan diri terhadap lingkungan sekitarnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, makhluk hidup adalah organisme yang dapat berkembang biak dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya, seperti bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Makhluk hidup terdiri dari hewan, tumbuhan, manusia hingga bakteri dan sejenisnya. Hewan, manusia, dan tumbuhan mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakannya antara satu dengan yang lain.

Namun, penting mengetahui ciri-ciri makhluk hidup secara umum. Apa saja ciri-ciri makhluk hidup secara umum?

Berikut ini ciri-ciri makhluk hidup secara umum yang penting untuk diketahui, dilansir dari sdn1sidorejo.sch.id, Selasa (25/7/2023).

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

1. Makhluk Hidup Membutuhkan Makanan dan Minuman

Makhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman untuk mempertahankan hidupnya. Makhluk hidup yang tiak makanan berhari-hari dapat mati. Hewan peliharaan yang tidak diberi makanan dapat menjadi lemah. Bahkan, akhirnya dapat mati.

Manusia dan tumbuhan juga membutuhkan makanan. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri.

Tumbuhan dapat menyerap air dan zat hara dari dalam tanah. Tumbuhan menyerapnya dengan menggunakan akarnya.

Manusia membutuhkan makanan dan minuman setiap hari. Manusia akan merasa lapar jika terlambat makan. Jadi, makhluk hidup membutuhkan makanan agar tetap hidup.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

2. Makhluk Hidup Berkembang Biak

Makhluk hidup berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Kucing, kambing, sapi, dan gajah berkembang biak dengan cara beranak. Sebaliknya, ayam, burung, dan katak berkembang biak dengan bertelur.

Perkembangan biak tumbuhan dapat dilakukan secara alami dan buatan. Perkembangbiakan secara alami, misalnya melalui tunas. Contohnya pada tumbuhan pisang.

Selai itu, perkemabangbiakan secara alami dapat disalkukan melalui biji. Contohnya mangga, rambutan, dan jeruk. Perkembangbiakan secara buatan dapat dilakukan dengan cangkok dan stek.

3. Makhluk Hidup Tumbuh

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dari kecil menjadi besar. Biji kacang hijau dapat tumbuh menjadi kecambah. Kecambah memiliki akar dan daun. Manusia juga tumbuh, yaitu dari bayi hingga menjadi dewasa.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

4. Makhluk Hidup Bernapas

Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas. Saat bernapas manusia menghirup oksigen. Oksigen terkandung dalam udara.

Manusia akan mengeluarkan karbodioksida dari tubuh. Manusia dapat bertahan hidup, meski tidak makan sehari. Akan tetapi, manusia tidak dapat hidup tanpa bernapas.

Hewan dan tumbuhan juga bernapas. Semua makhluk hidup mempunyai alat pernapasan. Tumbuhan bernapas melalui pori-pori di permuaan daun yang disebut mulut daun (stomata). Hewan dapat bernapas dengan paru-paru, insang, dan ada juga dengan menggunakan kulit.

5. Makhluk Hidup Bergerak

Burung bergerak dengan sayapnya untuk terbang. Ikan bergerak dengan siripnya untuk berenang. Harimau, kucing, kambing, kuda dan sapi bergerak menggunakan kakinya. Manusia bergerak, berjalan, dan berlari menggunakan kakinya.

5 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

6. Makhluk Hidup Peka terhadap Rangsang

Tahukah kamu tumbuhan putri malu? Putri malu akan menutup daunnya jika terkena sentuhan. Beberapa hewan juga peka terhadap sentuhan, misalnya bekicot akan memasukan kepalanya jika terkena sentuhan.

Manusia memiliki bagian-bagian tubuh yang peka terhadap rangsang. Misalnya, mata peka terhadap rangsangan cahaya.

 

Sumber: sdn1sidorejo.sch.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer