Sukses


5 Contoh Teks Berita Singkat beserta Unsur 5W+1H

Bola.com, Jakarta - Teks berita yaitu teks yang berisi tentang segala kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

Ada juga yang mendefinisikan teks berita yaitu teks yang menyampaikan kabar atau informasi kepada masyarakat tentang suatu peristiwa atau kejadian faktual dan aktual yang diinformasikan secara tertulis.

Dikatakan faktual karena teks berita ditulis berdasarkan kenyataan, sementara aktual merupakan informasi yang baru saja terjadi.

Teks berita bisa kamu dapatkan di berbagai media, seperti televisi, radio, media online, hingga majalah.

Sebuah teks berita harus mengandung unsur 5W+1H, (What, Who, When, Why, Where, dan How). Dalam bahasa Indonesia unsur tersebut biasa dinamakan "ADIKSIMBA", yakni singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Hal ini penting agar sebuah informasi yang disampaikan dapat dimengerti dan tersampaikan dengan baik kepada publik.

Berikut ini lima contoh teks berita singkat beserta unsur 5W+1H, dikutip dari laman Balitteknologikaret dan Blogbahasa-indonesia, Selasa (25/7/2023).

2 dari 6 halaman

Podium Pertama Quartararo di Laga MotoGP 2022

Race yang dilaksanakan di Sirkuit Algarve Portimao berlangsung sengit dan menghasilan Quartararo sebagai juara. Pembalap muda yang berasal Monster Energy Yamaha ini berhasil menjadi yang tercepat.

Disusul dengan Johann Zarco dan Alex Espargaro di belakangnya. Raihan ini adalah yang kali pertama bagi Fabio Quartararo sepanjang perjalanan kariernya.

Berhasil menyalip pada lap keempat, Fabio mempertahankan keunggulan tersebut sampai balapan usai. Ia mencatatkan waktu tercepat, yaitu 1 menit 39,4 detik dan berhasil menguasai klasemen MotoGP.

3 dari 6 halaman

Diduga Lalai Matikan Lilin, Seisi Rumah Hangus Terbakar

Kemarin malam, tepatnya pada pukul 22.14 WIB, telah terjadi peristiwa kebakaran di wilayah kompleks perumahan Griya Jaya Bekasi. Peristiwa tak terduga tersebut menimpa keluarga Pak Andi, rumahnya hangus terbakar dilalap si jago merah.

Penyebab terjadinya kebakaran diduga karena sang pemilik rumah menaruh lilin di atas lemari kayu. Beruntung bagi pemilik rumah karena musibah tersebut tidak meminta korban jiwa.

Hal ini dikarenakan saat terjadinya kebakaran, Pak Andi sedang menghadiri tahlilan di rumah tetangganya. Sementara itu, sang istri juga tidak ada di rumah karena sedang pulang kampung. Kendati tidak ada korban jiwa, peristiwa ini tetap saja mengakibatkan kerugian materi hingga Rp800 juta.

4 dari 6 halaman

Google Berencana Memberhentikan 10.000 Karyawan di Tahun Depan

Perusahaan teknologi di seluruh dunia sedang mengalami goncangan keras, dan hal ini diprediksi akan terus terjadi hingga tahun depan.

Dilansir dari laporan media Financial Express, Google satu di antara perusahaan teknologi terbesar di dunia akan memberhentikan 10.000 pegawainya. Secara persentase adalah enam persen dari total seluruh karyawannya.

Performa kinerja pegawai sedang sangat diawasi saat ini untuk menyaring siapakah yang harus diberhentikan di tahun depan. Hal ini dilakukan sebagai perampingan pada tubuh Google.

Hal ini dilakukan pula untuk menekan belanja pegawai yang dianggarkan Google, untuk menghemat pengeluaran yang harus dilakukan tahun berikutnya.

5 dari 6 halaman

Indonesia Darurat Bencana, Gempa Kembali Guncang Lombok

Bencana kembali melanda satu di antara wilayah di Indonesia. Baru-baru ini telah terjadi bencana besar berupa gempa bumi berkekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok. Kepanikan langsung melanda warga Lombok yang segera mengungsi ke dataran tinggi karena ada informasi peringatan potensi tsunami.

Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok Utara ini terjadi pada pukul 18.46 Waktu Indonesia Tengah (WIT). Lokasi pusat gempa diperkirakan berada di jarak 18 km barat laut Lombok Timur dan memiliki kedalaman 15 kilometer. Besarnya skala gempa, kabar tentang terjadinya tsunami ditambah lagi listrik yang mati total sontak membuat warga panik dan memilih mengungsi.

BMKG lantas mencabut peringatan tsunami satu jam kemudian. Gempa berskala tinggi ini juga mengakibatkan air laut naik di beberapa daerah. Di antaranya adalah di Pelabuhan Carik Lombok Utara, Bada Sumbawa, dan Lembar Lombok Barat. Sementara itu, gempa susulan masih terus terjadi hingga berita ini disampaikan.

6 dari 6 halaman

Banjir Terjang Bangka Belitung, Arus Lalu Lintas Tersendat

Banjir melanda puluhan rumah di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (18/7/2017), sedikitnya 47 unit rumah warga terendam akibat alur sungai meluap setelah hujan deras.

Banjir yang berasal dari alur sungai ini meluber deras menerjang puluhan rumah warga di sekitarnya dengan kedalaman air mencapai 80 cm.

Banjir membuat arus lalu lintas tersendat. Melihat kondisi ini pihak kepolisian dibantu warga sekitar membuat barikade untuk menuntun kendaraan yang melintas agar tidak terjebak di tengah kubangan air.

 

Sumber: Balitteknologikaret, Blogbahasa-indonesia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer