Sukses


6 Manfaat Menyehatkan Wortel yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia gizi dan kesehatan, wortel sering dianggap sebagai makanan yang memiliki manfaatnya luar biasa bagi tubuh.

Wortel menjadi satu di antara sayuran yang paling sering ditemui dan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam berbagai hidangan.

Wortel mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, beta-karoten, serat, vitamin K, dan antioksidan, yang semuanya berkontribusi pada manfaat kesehatan dari sayuran ini.

Konsumsilah wortel dalam kondisi mentah atau membuatnya dalam bentuk jus, secara rutin. Usahakan memilih wortel organik yang segar dan tidak layu, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Berikut beberapa manfaat menyehatkan wortel yang jarang diketahui, dikutip Realfoodforlife, Rabu (26/7/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Wortel yang Jarang Diketahui

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa studi menunjukan beta karoten, alpha karoten, dan lutein dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Mengonsumsi wortel dengan berbagai cara dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, serat yang terdapat pada wortel dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam dalam empedu.

Usahkan mencari wortel yang segar dan membuat jus tanpa campuran apa pun.

2. Anti-Penuaan Dini

Mengonsumsi wortel secara rutin dan sesuai porsi yang cukup dapat menghambat penuaan dini. Kandungan beta karoten dalam wortel yang tinggi dapat dijadikan antioksidan.

Antioksidan dapat menangkal kerusakan sel-sel yang ada dalam tubuh, yang dapat dilakukan oleh tubuh itu sendiri melalui sistem metabolisme. Hal tersebut membantu menghambat penuaan dini.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Wortel yang Jarang Diketahui

3. Meningkatkan Penglihatan

Saat kamu mendengar wortel, yang terlintas di benak pasti sebuah sayuran sehat untuk mata. Wortel memang terbukti menjadi bahan makanan yang dapat menyehatkan keadaan mata.

Hal tersebut karena wortel kaya akan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A saat masuk ke hati. Vitamin A diubah di dalam retina menjadi rhodopsin, sebuah pigmen ungu yang diperlukan mata untuk penglihatan malam.

Beta karoten juga telah terbukti dapat mengurangi risiko kehilangan atau gangguan penglihatan. Mereka yang rutin mengonsumsi wortel atau meminum jus wortel, memiliki risiko lebih rendah mengalami kerusakan mata.

4. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Mengonsumsi wortel secara rutin terbukti dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Hal itu dapat terjadi karena senyawa falcarinol dan falcarindiol yang terdapat dalam wortel dipercaya dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Falcarinol adalah senyawa pestisida alami yang diproduksi oleh wortel itu untuk melindungi akarnya dari penyakit jamur.

Para pria yang mengonsumsi wortel setidaknya tiga kali dalam satu minggu, memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah, dan dapat mengurangi sekitar 18 persen risiko terkena tumor.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Wortel yang Jarang Diketahui

5. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi wortel dapat membantu mencegah diabetes. Jus wortel dapat menstabilkan gula darah dan sangat kaya akan silikon dan kalium.

Beta karoten yang ada dalam wortel juga merupakan antioksidan yang baik bagi darah. Beta karoten telah terbukti dapat menurunkan kadar insulin sebesar 32 persen.

6. Melawan Infeksi

Wortel juga dapat membantu dalam melawan berbagai macam penyakit dengan berbagai kandungan vitaminnya, seperti vitamin A, B-6, C, dan E. Semua vitamin tersebut memiliki fungsinya sendiri dalam sistem imun tubuh.

Sayuran yang berasal dari akar ini juga dapat melawan dan mencegah infeksi. Kamu dapat menumbuk wortel mentah yang telah dibersihkan dan mengoleskan pada lukamu.

 

Sumber: Realfoodforlife 

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer