Sukses


12 Contoh Seni Rupa 2 Dimensi beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Pengertian seni rupa mungkin sudah terdengar cukup familier bagi banyak orang. Seni rupa adalah cabang seni yang bisa dilihat dan diraba oleh pancaindra manusia.

Ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa juga terbagi dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Perbedaan antara seni rupa 2 dimensi dan tiga dimensi ada pada unsur ruang.

Seni rupa 2 dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki batas dua sisi, yaitu sisi panjang dan sisi lebar. Seni rupa 2 dimensi tidak memiliki ruang karena tidak memiliki ketebalan atau ketinggian.

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin tak kita sadari banyak barang yang termasuk seni rupa 2 dimensi. Apa saja contoh seni rupa 2 dimensi tersebut?

Berikut ini contoh seni rupa 2 dimensi yang perlu diketahui, dilansir dari simpkb.id, Rabu (26/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

1. Seni Gambar

Gambar adalah contoh karya seni rupa dua dimensi yang menekankan pada unsur garis, bentuk, dan aspek kegunaan.

Contoh karya seni 2 dimensi berupa gambar antara lain gambar ilustrasi, arsitektur, desain, dekorasi, dan sebagainya.

2. Seni Lukis

Seni lukis adalah contoh karya seni dua dimensi yang mengungkapkan bentuk objektif dengan komposisi dan nilai subjektif melalui ekspresi dan kreativitas.

Karya seni 2 dimensi lukisan di antaranya Starry Night (Van Gogh), Potret Diri Menghisap Pipa (Affandi), hingga Penangkapan Pangeran Diponegoro (Raden Saleh).

3. Seni Sketsa

Sketsa merupakan karya seni berupa garis sederhana yang dibuat secara spontan dan bermakna. Contohnya adalah sketsa dari rencana lukisan atau lukisan bergaya sketsa.

3 dari 5 halaman

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

4. Seni Kartun

Seni kartun juga termasuk karya seni rupa 2 dimensi. Kartun merupakan gambar yang diubah bentuk dari wujud aslinya sehingga menjadi lebih menarik.

5. Seni Karikatur

Seni karikatur adalah sebuah karya yang umumnya berupa sindiran yang terfokus pada karakter objek.

6. Seni vinyet

Seni vinyet adalah gambar dekoratif tanpa maksud yang jelas dan merupakan kreasi improvisatif pengisian halaman kosong. Biasanya, vinyet ada pada ilustrasi untuk sajak, puisi, hingga karya sastra lainnya.

7. Seni Seluet

Gambar siluet adalah gambar hitam bayangan suatu objek baik manusia, hewan, atau benda lain dengan atau tanpa modifikasi.

4 dari 5 halaman

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

8. Cetak Tinggi

Cetak tinggi merupakan jenis karya seni rupa 2 dimensi menggunakan cetakan dari bahan yang dapat dicukil. Alhasil, permukaan medianya memiliki perbedaan tinggi sehingga akan menghasilkan bagian yang tinggi dan bagian yang rendah (relief).

Beberapa media yang bisa kamu gunakan untuk teknik cetak tinggi adalah kayu lapis triplek, metal, harboard, papan kayu, dan linoleum.

9. Kaligrafi

Kaligrafi adalah contoh karya seni rupa 2 dimensi berupa seni menulis yang menekankan keindahan. Seni kaligrafi dibuat dengan memodifikasi bentuk huruf dan tulisan. Alhasil, kaligrafi mempunyai nilai estetika dan terlihat menarik secara visual.

10. Poster

Poster adalah contoh karya seni rupa 2 dimensi dari lembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan. Umumnya, poster dibuat secara menarik dan ditempel pada area yang mudah dijumpai publik.

Contoh poster juga bermacam-macam satu di antaranya adalah poster pendidikan.

5 dari 5 halaman

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

11. Seni Fotografi

Seni fotografi adalah contoh seni rupa karya 2 dimensi melalui proses pemotretan denga kamera. Biasanya, foto-foto yang dihasilkan dari sebuah pemotretan tersebut dipamerkan melalui acara pameran.

12. Seni Grafity

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah grafiti yang merupakan coretan pada dinding atau media lain dengan menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume.

Seni grafiti biasanya berupa kata, kalimat, atau simbol tertentu dengan menggunakan cat semprot.

 

Sumber: simpkb.id

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer