Sukses


Bacaan Doa untuk Orang yang Menyakiti Hati Kita

Bola.com, Jakarta - Dalam perjalanan hidup yang penuh dinamika dan interaksi sosial, kita sering kali dihadapkan pada situasi di mana hati kita terluka oleh kata-kata atau perbuatan seseorang. Saat mendapatkan perlakukan tersebut, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa.

Doa adalah senjata spiritual yang mampu membawa ketenangan dan pemulihan bagi diri kita. Doa ini dipanjatkan dengan penuh kebijaksanaan.

Doa tersebut bertujuan untuk membantu kita dalam menghadapi perasaan negatif dan membuka pintu maaf serta pengampunan dalam hati kita.

Seburuk apa pun perilaku orang lain terhadap kita, hendaknya kita tetap mendoakan yang terbaik supaya dibukakan pintu hidayah dan kesadaran untuknya.

Hal ini juga telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. Beliau sering mendapatkan hinaan, cacian, hingga perilaku buruk dari orang-orang yang menolak ajarannya. Meski begitu, beliau tetap memperlakukan orang yang menentang tersebut dengan baik.

Berikut bacaan doa untuk orang yang menyakiti hati kita, disadur dari Dream, Rabu (26/7/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Orang yang Menyakiti Hati Kita

Doa untuk orang yang menyakiti hati kita dapat dilantunkan apabila kamu sedang merasa tersakiti oleh perilaku, sikap maupun ucapan orang lain. Saat berasa dalam kondisi tersakiti, berikut bacaan doa untuk orang yang menyakiti hati kita:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthmainnatan tu'minu biliqaa-ika wa tardha biqadha-ika wa taqna’u bi ‘athaika.

Artinya: "Ya Allah aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

Sebenarnya tidak ada doa khusus yang dipanjatkan untuk mendoakan orang yang menyakiti hati kita. Berikut bacaan doa untuk orang yang menyakiti hati kita yang berisi kepasrahan terhadap Allah.

Hasbiyallahu lidiini hasbiyallahu liddunya ya hasbi allahu liman ahammani hasbiyallahu liman bagaa alayya hasbi allahu liman kaadani bi suu i wa laa haula wa laa quwwata illa billah.

Artinya: "Cukuplah Allah (penolong) bagi agamaku, cukuplah Allah (penolong) bagi duniaku, cukuplah Allah (penolong) ku terhadap sesuatu yang menyusahkanku, cukuplah Allah (penolong) ku terhadap orang yang menganiayaku, cukuplah Allah (penolong) ku terhadap orang yang ingin berbuat jahat kepadaku, tak ada daya dan kekuatan selain dengan pertolongan Allah."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Orang yang Menyakiti Hati Kita

Doa untuk orang yang menyakiti hati kita ini sering kali berisi harapan kepada Allah agar penderitaan yang dialaminya akan diganti dengan hal-hal baik dari Allah Swt. Berikut doa yang bisa kamu panjatkan ketika sedang merasa tersakiti:

Allahumma ajirni fi mushibati wa akhlifli khaira minha.

Artinya: "Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."

Tak hanya membaca doa untuk orang yang menyakiti hati kita, apabila umat muslim secara tak sengaja telah menyakiti orang lain maka ada doa yang bisa kamu panjatkan. Begini bacaan doanya:

Allahumma innama ana basyarun fala tu'adzdzibni lisyatmi rajulin syatamtuhu aw adzaituhu.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku hanya manusia maka janan Engkau siksa aku karena mencela atau menyakiti seseorang."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 5/12/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer