Sukses


6 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia nutrisi dan gaya hidup sehat, susu almond makin mendapatkan popularitas sebagai alternatif yang menyenangkan dan bergizi tinggi untuk susu sapi.

Di samping kepopulerannya sebagai pilihan nabati bagi individu yang alergi atau intoleran laktosa, susu almond menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang menarik bagi tubuh.

Susu almond biasanya digunakan sebagai campuran sereal atau berbagai macam biji-bijian ketika sarapan di pagi hari.

Rasa almond dan kacang akan sangat dominan ketika kamu meminumnya. Susu ini juga kental seperti susu pada umumnya. Selain itu, susu almond sangat rendah gula sehingga tidak menambah berat badan secara signifikan. 

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan rutin meminum susu almond.

Berikut enam manfaat susu almond untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir dari Medicalnewstoday, Kamis (27/7/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh

1. Rendah Gula

Segelas susu almond atau sebanyak 240 ml, mengandung 1-2 gr karbohidrat dan sebagian besarnya adalah serat makanan. Sedangkan segelas susu sapi mengandung 13 gr karbohidrat yang sebagian besarnya adalah gula.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli susu almond. Belilah susu almond yang bebas dari gula karena ada beberapa merek susu almond yang mengandung gula tambahan.

Susu almond yang tidak ditambah dengan pemanis buatan baik bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan dan menghindari risiko terkena penyakit diabetes.

Dengan mengganti susu sapi dengan susu almond, bisa menghindarkan dari kelebihan kadar gula dalam tubuh dan menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit termasuk diabetes.

2. Mengandung Vitamin E

Kacang almond secara alami kaya akan vitamin E. Dari 1 ons kacang ini mengandung sekitar 37 persen kebutuhan vitamin E setiap hari.

Dengan demikian, susu almond juga mengandung vitamin E yang cukup banyak. Secangkir susu almond dapat memberikan 40-50 persen kebutuhan vitamin E dalam satu hari penuh.

Vitamin E merupakan antioksidan yang kuat dan dapat memerangi peradangan serta stres dalam tubuh. Hal tersebut juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti jantung, kanker, dan penyakit tulang.

Selain itu, vitamin E secara nyata baik untuk kesehatan otak. Penelitian telah menemukan bahwa vitamin ini meningkatkan kinerja mental dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

3 dari 4 halaman

Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Susu almond mengandung vitamin D dan kalsium. Jika kacang almond tidak mengandung kalsium, berbeda dengan susu almond yang biasanya telah ditambah kandungan kalsiumnya.

Untuk membuat susu almond lebih mirip dengan susu sapi, biasanya para produsen susu almond menambahkan kandungan kalsium sehingga susu almond diperkaya kalsium dan bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Kalsium baik untuk pemeliharaan tulang dan menghindarkan tulang dari kerusakan. Selain kalsium, vitamin D yang terdapat pada susu almond membantu tulang terhindar dari risiko terkena penyakit seperti osteoporosis.

4. Tidak Mengandung Protein Hewani

Banyak orang menghindari susu sapi dengan berbagai alasan, seperti menjauhi alergi, tidak ingin menambah berat badan, dan memiliki program vegan.

Susu almond terbuat dari bahan nabati sehingga susu ini dapat dinikmati oleh siapa saja karena tidak mengandung protein hewani dan tidak memiliki efek samping apa pun.

Selain susu almond, ada susu kedelai yang biasanya menjadi pengganti bagi mereka yang alergi terhadap protein pada susu sapi. Namun, banyak orang yang alergi dengan susu sapi juga alergi terhadap susu kedelai saat mencoba meminumnya.

Dengan hal itu, mengganti susu yang biasa kmu minum dengan susu almond dapat menghindarkan kamu dari berbagai alergi yang muncul dari meminum susu sapi atau kedelai, dan khususnya bagi mereka yang sedang melakukan program vegan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh

6. Rendah Kalori

Susu almond mengandung lebih sedikit kalori daripada susu sapi. Kacang almond memang mengandung lemak dan kalori yang cukup banyak. Namun, hal tersebut berbeda dengan susu almond yang telah diolah, dan hanya menyisakan sedikit kalori dan lemak saat proses pembuatannya.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengkhawatirkan berat badan saat meminum susu almond dengan porsi lebih banyak dari biasanya.

Meminum susu almond justru baik bagi mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang relatif rendah. Hal ini tentunya juga diimbangi dengan olahraga yang dilakukan secara rutin.

Ganti susu sapi yang biasa kamu minum dengan susu almond untuk mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh. Hal yang perlu diingat adalah mengonsumsi susu almond yang bebas gula agar terbebas dari kalori yang terdapat pada kandungan gula tersebut.

 

Sumber: Medicalnewstoday

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer