Sukses


5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Berbagai Tema Menarik

Bola.com, Jakarta - Ada banyak jenis teks yang biasa kita baca sehari-hari, dan satu di antaranya adalah teks eksplanasi.

Teks eksplanasi merupakan teks yang berfungsi untuk menjelaskan proses terjadinya sesuatu meliputi hubungan sebab dan akibat yang mempunyai proses berkelanjutan.

Adapun tujuan teks eksplanasi disusun untuk menjelaskan detail fenomena atau peristiwa yang nyata terjadi dan bersifat informatif.

Hampir semua fenomena atau peristiwa yang ada di sekitar kita bisa diangkat menjadi contoh teks eksplanasi, seperti alam, sosial, politik, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya.

Biasanya isi teks eksplanasi bersifat fakta sehingga sering kali digunakan dalam artikel, berita, maupun essai.

Saat ingin menyusun teks eksplanasi, kamu perlu memasukkan tiga struktur penting, yakni pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi.

Berikut ini lima contoh teks eksplanasi singkat, yang bisa jadi panduan belajar, dikutip dari laman Bosmeal dan Sahabatnesia, Kamis (27/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Globalisasi

  • Pernyataan Umum

Globalisasi adalah proses mendunia yang berkaitan dengan tatanan sosial. Globalisasi bisa terjadi hampir di seluruh aspek kehidupan manusia, mulai sosial, politik, budaya, ilmu pengetahuan, ideologi, ekonomi, dan yang paling utama teknologi.

Proses penyebaran informasi yang cepat dan luas serta perubahan politik merupakan penyebab utama terjadinya globalisasi.

  • Urutan Sebab-Akibat

Teknologi merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap globalisasi, terutama bidang perkembangan telekomunikasi dan informasi. Teknologi yang dimaksud berupa telepon genggam, televisi, radio, dan internet.

Dengan adanya akses internet, seluruh umat manusia dimudahkan untuk mengakses informasi sehingga berbagai transaksi di dunia yang melibatkan antarnegara sekali pun bisa terlaksana dengan mudah.

Globalisasi dapat memberikan pengaruh yang baik bagi perusahaan karena bisa membantu perkembangannya dengan cepat.

Manusia juga akan dimudahkan dalam mendapatkan barang atau mengekspornya ke luar negeri. Keberadaan globalisasi akan memudahkan terjadinya kerja sama ekonomi dan juga kesepakatan internasional.

  • Interpretasi

Selain berdampak positif, sayangnya globalisasi juga menimbulkan dampak negatif, seperti masuknya budaya asing yang dapat memengaruhi gaya hidup masyarakat dan mengikis budaya serta rasa cinta tanah air.

Untuk itu, sebagai warga negara yang bijak, kita perlu menyaring informasi yang masuk agar tidak menimbulkan dampak negatif dan malah merugikan masyarakat.

3 dari 6 halaman

Pengangguran

  • Pernyataan Umum

Pengangguran merupakan istilah yang ditujukan bagi orang yang tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau tidak mempunyai penghasilan sama sekali. Pengangguran menjadi bentuk fenomena sosial yang diangkat menjadi isu nasional suatu negara.

Setiap pemilihan presiden di Indonesia, isu ini sering kali menjadi perbincangan hangat dengan penawaran berbagai solusi yang dinilai efektif, seperti pengadaan pelatihan kerja bagi usia produktif, membuat proyek magang, menggalakkan program usaha di setiap daerah. Namun, tetap saja tingkat pengangguran terus meningkat setiap tahunnya.

  • Urutan Sebab-Akibat

Ada beberapa penyebab adanya pengangguran, yaitu jumlah pekerja tidak seimbang dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia, kemajuan teknologi, kurangnya pendidikan, terjadinya PHK di suatu perusahaan, dan sebagainya.

Akibatnya, akan muncul beberapa dampak yang ditimbulkan dari pengangguran, seperti persoalan ekonomi dan sosial yang dirasakan orang tersebut. Orang yang mengalami pengangguran akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena tidak memperoleh penghasilan.

Selain itu, dampak sosial yang dirasakan dengan adanya pengangguran adalah tingginya angka tindakan kriminal, meningkatnya jumlah gelandangan bahkan mengakibatkan kekacauan lainnya.

  • Interpretasi

Untuk itu, pemerintah perlu melakukan berbagai tindakan demi mengatasi masalah pengangguran. Beberapa tindakan tersebut adalah menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan memperbaiki lulusan sarjana dengan membekali keterampilan yang sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja.

4 dari 6 halaman

Olahraga Lari

  • Pernyataan Umum

Olahraga merupakan aktivitas mengolah raga atau badan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh manusia.

Ada banyak olahraga yang bisa dilakukan, mulai sepak bola, renang, basket, lari, dan lain-lain. Satu di antara olahraga yang paling simpel, tapi tetap menyehatkan badan adalah lari.

  • Urutan Sebab-Akibat

Lari adalah satu di antara cabang olahraga yang murah meriah untuk menyehatkan dan membugarkan tubuh tanpa memerlukan alat bantu apa pun. Tidak seperti olahraga sepak bola atau basket yang memerlukan bola.

Lari bisa dilakukan kapan dan di mana pun. Bisa di lapangan, depan halaman rumah atau sepanjang jalan di sekitar lingkungan rumah.

Meski terlihat sederhana, lari memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Adapun manfaat lari, yaitu menyegarkan tubuh, menyehatkan tubuh, memperbaiki sistem pernafasan, dan menyehatkan jantung.

  • Interpretasi

Melakukan olahraga secara rutin bisa memperkuat sistem imun tubuh supaya terhindar dari penyakit. Lakukanlah olahraga secara rutin minimal dua atau tiga kali seminggu agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Namun, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat juga karena malah akan memperburuk kondisi tubuh.

5 dari 6 halaman

Gerhana Matahari

  • Pernyataan Umum

Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langka dan menarik untuk diamati. Gerhana matahari terjadi dalam kurun waktu ratusan tahun sekali.

Fenomena ini terjadi ketika posisi bulan berada tepat diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari akan tertutup oleh bulan selama beberapa detik.

  • Urutan Sebab-Akibat

Untuk dapat melihat gerhana matahari diperlukan teropong khusus atau media yang melindungi mata. Jika fenomena ini dilihat dengan mata telanjang tentu akan membahayakan keselamatan mata bahkan bisa menimbulkan kebutaan.

Hal ini disebabkan karena retina mata rusak oleh radiasi tinggi dari sinar matahari. Radiasi ini tak kasat mata dengan panjang gelombang tertentu.

Mata manusia tidak dapat bertahan dengan radiasi tersebut.

  • Interpretasi

Banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap dapat menikmati gerhana matahari. Selain menggunakan teropong khusus gerhana matahari, ada satu di antara cara cara paling ekonomis adalah menggunakan film.

Film ini akan membantu melindungi mata, meskipun tidak maksimal.

6 dari 6 halaman

Perundungan

  • Pernyataan Umum

Perundungan, penindasan atau yang akrab disebut bullying adalah tindakan sewenang-wenang yang dilakukan pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lemah. Tindakan ini dapat berupa ancaman, kekerasan atau paksaan yang sifatnya mengintimidasi.

Tindakan perundungan bisa terjadi di mana saja, tidak memandang tempat dan dapat menimbulkan ketakseimbangan struktur sosial.

  • Urutan Sebab-Akibat

Perilaku perundungan ini biasanya sudah muncul sejak masa sekolah. Pelakunya biasa mempunyai rasa tak kenal takut, kadang ada motif tertentu atau hanya iseng belaka.

Motif paling umum para pelaku perundungan adalah sikap agresifitasnya. Namun, perasaan rendah diri juga bisa menyebabkannya.

Perilaku penindasan dijadikan pelaku sebagai bentuk pertahanan dirinya. Dan yang biasa terjadi, korban akan menyimpan dendam dan kelak membalaskannya kepada orang lain lagi. Seperti rantai yang tak pernah putus.

  • Interpretasi

Sebaiknya cobalah menjadi pendengar yang baik bagi orang lain karena rata-rata perundungan disebabkan kurang terbukanya seseorang tentang masalahnya, akibatnya ia melampiaskannya dengan cara yang salah.

 

Sumber: Bosmeal, Sahabatnesia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer