Sukses


Daftar Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Bola.com, Jakarta - HAM (Hak Asasi Manusia) adalah hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia sejak lahir. Dalam HAM tidak mengenal batasan umur, jenis kelamin, negara, ras, agama maupun budaya.

Keberadaan HAM tidak dapat diganggu gugat dan tidak bisa dicabut karena merupakan anugrah yang dimiliki setiap manusia dari Tuhan Yang Maha Esa.

Setiap manusia pasti mempunyai hak asasi, akan tetapi hak asasi yang dimiliki oleh manusia dibatasi oleh hak asasi manusia lainnya. Dengan demikian tidak ada seorang pun yang diperbolehkan untuk melanggar hak asasi orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu sering mendengar dan melihat peristiwa-peristiwa seperti pembunuhan, pemerkosan, perampokan yang disertai pembunuhan, penyiksaan, dan sebagainya. Semua peristiwa itu merupakan peristiwa pelanggaran HAM.

Di Indonesia, ada beberapa peristiwa besar pelanggaran HAM yang terjadi dan mendapat perhatian dari pemerintah serta masyarakat Indonesia.

Berikut ini daftar kasus pelanggaran HAM di Indonesia, dilansir dari fisip.umsu.ac.id, Jumat (28/7/2023).

2 dari 4 halaman

Faktor Penyebab Kasus Pelanggaran HAM

Kasus pelanggaran HAM dapat terjadi karena beragam faktor pemicu, baik internal maupun eksternal. Beragam penyebabnya ialah kondisi perilaku seseorang, situasi negara hingga situasi lingkungan secara umum.

Berikut beragam faktor penyebabnya, di antaranya:

1. Tingkat Kesadaran Rendah

Satu di antara faktor penyebab internal kasus pelanggaran hak asasi manusia ialah rendahnya kesadaran akan pentingnya HAM. Banyak orang tidak memperhatikan perlindungan HAM karena merasa kepentingannya telah terpenuhi.

2. Sikap Egois

Masih dari faktor internal, egois merupakan satu di antara penyebab paling umum hilangnya hak seseorang. Sikap egois membuat pelaku merasa kepentingan dirinya ialah yang utama sehingga kurang membuka diri terhadap hak asasi orang lain.

3. Penyalahgunaan Kekuasaan

Penyebab pelanggaran HAM adalah penyalahgunaan kekuasaan yang kerap dilakukan oleh elite politik demi melindungi kepentingannya, seperti melenyapkan lawan politik. Adapun contohnya ialah korupsi dan genosida.

4. Sistem Hukum Tidak Berjalan

Faktor penyebab pelanggaran HAM selanjutnya ialah sistem hukum tidak berjalan, seperti tidak tegasnya aparat penegak hukum dalam menindak pelaku mengakibatkan kasus makin banyak terjadi.

5. Tingginya Perilaku Intoleransi

Kasus pelanggaran hak asasi manusia dapat dipicu karena tingginya intoleransi di Indonesia sehingga mengancam stabilitas nasional.

Sikap intoleransi meliputi membedakan ras, suku dan agama tertentu sehingga mengakibatkan diskriminasi terhadap kelompok minoritas.

3 dari 4 halaman

Daftar Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Melihat catatan sejarah, banyak kasus pelanggaran HAM telah terjadi di Indonesia. Berikut beberapa kasusnya, di antaranya:

1. Pemberantasan PKI (1965-1966)

Satu di antara peristiwa yang pernah terjadi ialah pemberantasan PKI pada tahun 1965-1966, tepatnya tanggal 30 september 1965 yang dikenal sebagai G30S/PKI.

Peristiwa G30S/PKI terjadi karena terbunuhnya 30 jendral dan Orde Baru menduga PKI ialah dalang dari semuanya.

2. Terbunuhnya Marsinah

Kasus pelanggaran hak asasi manusia yang pernah terjadi ialah peristiwa terbunuhnya marsinah, seorang buruh pabrik.

Peristiwa ini terjadi karena pada 3-4 Mei 1988, Marsinah bersama rekannya melakukan demonstrasi akibat upah tidak dinaikan sesuai aturan gubernur Jawa Timur.

3. Tragedi Trisakti (1998)

Tragedi Trisakti merupakan peristiwa penembakan yang menewaskan mahasiswa Trisakti pada saat demonstrasi menurunkan pemerintahan orde baru.

Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 12 Mei 1998, ada empat mahasiswa tewas yaitu Hendriawan Sie, Hery Hartanto, Hafidhin Royan, dan Elang Mulia Lesmana.

4. Penculikan Aktivis 1997-1998

Kasus pelanggaran HAM yang tidak luput dari sejarah ialah penculikan aktivis 1997-1998. Peristiwa ini dikenal sebagai penghilangan orang aktivis pro demokrasi secara paksa di mana menewaskan satu orang, 23 hilang, 11 orang mendapat siksaan berat, dan 19 orang kehilangan kemerdekaan fisik.

4 dari 4 halaman

Daftar Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

5. Pembunuhan Munir

Pembunuhan Munir merupakan satu di antara peristiwa yang hinga kini kasusnya belum terselesaikan. Munir merupakan satu di antara aktivis HAM yang membela hak korban penculikan aktivis 1997-1998. Namun, pada 2004, beliau tewas dalam pesawat tujuan Amsterdam akibat diracun.

6. Kasus Terbunuhnya Wartawan Udin dari Harian Umum Bernas (1996)

Wartawan Udin (Fuad Muhammad Syafruddin) adalah seorang wartawan dari Harian Bernas yang diduga diculik, dianiaya oleh orang tak dikenal dan akhirnya ditemukan sudah tewas.

7. Peristiwa Aceh (1990)

Peristiwa yang terjadi di Aceh sejak 1990 telah banyak memakan korban, baik dari pihak aparat maupun penduduk sipil yang tidak berdosa.

Peristiwa Aceh diduga dipicu oleh unsur politik di mana terdapat pihak-pihak tertentu yang menginginkan Aceh merdeka.

 

Sumber: fisip.umsu.ac.id

Baca artikel seputar HAM lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer