Sukses


Sederet Fakta Menarik pada Japan Open 2023: Gregoria Mariska Tunjung Cetak Sejarah

Bola.com, Jakarta - Rampung sudah rangkaian turnamen bulutangkis Japan Open 2023. Tidak ada wakil Indonesia yang juara, namun sederet fakta menarik tercipta, di antaranya sejarah yang ditorehkan Gregoria Mariska Tunjung.

Turnamen berlabel super 750 ini mengukuhkan dominasi Korea Selatan sebagai juara umum. Indonesia tanpa mahkota setelah Jonatan Christie tunduk di tangan Viktor Axelsen pada final Japan Open 2023 nomor tunggal putra.

Jojo, sapaan karibnya, takluk dua gim langsung 7-21 dan 18-21, sekaligus menambah catatan dua kali runner-up di Japan Open 2023. Adapun pada edisi 2019, pebulutangkis nomor 9 dunia itu kalah dari Kento Momota di final.

Kali ini Bola.com mengulas empat fakta menarik yang melibatkan pebulutangkis Indonesia pada Japan Open 2023. Berikut ini ulasannya:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Gregoria Mariska Tunjung Cetak Rekor Pribadi

Meski gagal melangkahkan kaki ke final Japan Open 2023, Gregoria Mariska Tunjung menyita perhatian dengan sampai ke semifinal.

Performa luar biasa atlet ranking 7 dunia itu menuai decak kagum, terutama saat ia mengalahkan Akane Yamaguchi pada perempat final.

Adapun pencapaiannya di semifinal Japan Open 2023 merupakan rekor terbaiknya di level super 750. Gregoria diprediksi bisa meraup sukses hingga akhir tahun ini.

 

3 dari 5 halaman

Rontoknya Wakil Indonesia

Di tengah suka cita Gregoria Mariska Tunjung, secara keseluruhan Indonesia bisa dibilang gagal bersinar di Japan Open 2023.

Sebab, banyak wakil Indonesia yang rontok pada awal turnamen. Anthony Ginting, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, hingga ganda putri andalan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tersingkir sejak 32 besar.

Badminton lovers Indonesia berpendapat, rontoknya wakil Indonesia disebabkan karena jagoannya sudah bertemu lawan tangguh sejak awal kompetisi.

 

4 dari 5 halaman

Jojo Apes

Apes. Ya, kata itu tampaknya paling pas melekat pada Jonatan Christie di Japan Open. Bagaimana tidak, dua kali sudah ia kandas di final turnamen bergengsi tersebut.

Kekalahan dari Viktor Axelsen pada final edisi 2023 seakan mengulangi hasil serupa pada 2019. Bedanya, Jojo dikandaskan Kento Momota.

 

5 dari 5 halaman

Hadiah Setengah Miliar

Meski kalah, Jojo mengantongi hadiah segunung seusai menjadi runner-up Japan Open 2023. Tidak tanggung-tanggung, uang senilai Rp500 juta berhasil dikumpulkan Jojo.

Naik podium dua, Jonatan Christie membawa pulang hadiah uang sejumlah 28.900 USD atau sekitar Rp433.500.000, nyaris mencapai setengah miliar rupiah.

Kabarnya, Jojo akan menikahi Shania Junianatha alias Shanju, eks member grup idol JKT48. Agaknya, Jojo sudah punya cukup modal menikah, ya!

Video Populer

Foto Populer