Sukses


Jenis-Jenis Legenda, Lengkap dengan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Legenda adalah satu di antara jenis cerita rakyat dan merupakan bagian dari kisah-kisah yang berkembang di masyarakat serta menjadi populer di dalamnya. Hampir tiap darerah memiliki legendanya sendiri.

Legenda juga merupakan cerita yang kerap diceritakan di berbagai tempat dan kondisi, misalnya di sekolah, rumah, atau di berbagai lingkungan masyarakat.

Biasanya legenda menceritakan tentang suatu tempat bersejarah atau seseorang di masa lampau. Dalam legenda biasanya mengandung pesan moral tersendiri.

Dalam sisi kebudayaan, legenda merupakan satu di antara kekayaan yang dimiliki oleh suatu daerah, dan diceritakan secara turun-temurun.

Itu adalah pemahaman singkat mengenai legenda, untuk memahami lebih lanjut, kamu bisa membaca jenis-jenis legenda di bawah ini.

Berikut jenis-jenis legenda lengkap dengan contohnya, seperti dikutip dari laman Materibindo, Selasa (1/8/2023).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Legenda Lengkap Dengan Contohnya

1. Legenda keagamaan (Religious Legends)

Legenda keagamaan adalah legenda yang ceritanya berkaitan dengan kehidupan keagamaan.

Legenda ini tentang orang-orang suci, misalnya legenda suci Nasrani, legenda Syeh Siti Jenar, legenda Makam Pangeran Panggung. Kelompok tertentu misalnya cerita tentang para penyebar Islam di Jawa. Kelompok ini dikenal dengan sebutan Wali Songo.

2. Legenda alam gaib (Supernatural Legends)

Legenda alam gaib atau memorate, yaitu kisah pengalaman pribadi seseorang mengenai pengalaman dengan makhluk dari dunia gaib, seperti hantu, roh halus, siluman, dan sebagainya.

Legenda ini biasanya berbentuk kisah yang dianggap benar-benar terjadi dan pernah dialami seseorang. Fungsinya untuk membenarkan suatu kepercayaan (takhayul).

Yang termasuk legenda alam gaib adalah mengenai tempat-tempat angker, orang sering mendapat larangan untuk melewatinya dan harus mengadakan ritual tertentu agar tidak terkena akibat dari tempat angker tersebut.

Jadi, legenda alam gaib adalah cerita-cerita pengalaman seorang dengan makhluk-makluk gaib, hantu-hantu, siluman, gejala-gejala alam gaib, dan sebagainya.

Contoh legenda alam gaib, misalnya di Bogor (Jawa Barat) ada legenda tentang mandor Kebun Raya Bogor yang hilang lenyap begitu saja sewaktu bertugas di Kebun Raya. Menurut kepercayaan penduduk setempat, hal itu disebabkan ia telah melangkahi setumpuk batu bata yang merupakan bekas-bekas pintu gerbang Kerajaan Pajajaran.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Legenda Lengkap Dengan Contohnya

3. Legenda perseorangan

Legenda perseorangan adalah cerita mengenai tokoh-tokoh tertentu yang dianggap empunya memang ada dan pernah terjadi.

Termasuk legenda perseorangan, antara lain pahlawan-pahlawan termasuk juga raja, pangeran, dan orang dari kalangan rakyat biasa yang gagah berani. Misalnya di Jawa Timur terkenal tokoh Panji.

Di Indonesia, legenda semacam ini banyak, misalnya Sabai nan Aluih dan Si Pahit Lidah dari Sumatra, Si Pitung dan Nyai Dasima dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, dan lain-lain.

4. Legenda setempat

Legenda setempat atau lokal adalah legenda yang berhubungan dengan suatu tempat, nama tempat, dan bentuk tipografi, yakni bentuk permukaan suatu daerah.

Misalnya legenda terjadinya Danau Toba di Sumatra, Sangkuriang (legenda Gunung Tangkuban Parahu) di Jawa Barat, legenda daerah Kuningan, asal-usul nama Banyuwangi, dan lain-lain.

 

Sumber: Materibindo

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer