Sukses


Arti Solder beserta Jenis dan Bagiannya

Bola.com, Jakarta - Solder adalah satu di antara jenis alat pemanas yang berguna untuk melelehkan timah sehingga mudah menempel pada komponen atau kaki transistor elektronik.

Dengan bantuan solder, komponen dan kaki transistor akan dapat menyatu dengan jalur pada PCB (Printed Circuit Board).

Solder bekerja dengan menghasilkan panas yang digunakan untuk melelehkan timbal untuk proses penyambungan rangkaian atau komponen pada peralatan elektronik.

Dalam dunia teknik mesin, proses penyambungan logam ini banyak dikenal dengan istilah las atau welding yang memiliki cara kerja yang hampir sama dengan menyolder, yakni dengan cara melebur bahan tambahan sehingga rangkaian atau komponen elektronika dapat disambungkan.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan tentang solder, dilansir dari lamanĀ Anakteknik dan Klopmart, Rabu (2/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Solder

1. Solder biasa

Solder biasa adalah jenis solder yang paling mudah ditemukan di pasaran dengan harga relatif murah. Besi solder biasa sangat mudah digunakan tanpa keahlian khusus.

Meski murah, besi solder ini juga bisa disambung ke berbagai bagian.

2. Penyolderan uap

Sebelum menggunakan solder uap, penting untuk mengetahui pengaturan dasar untuk jumlah panas yang dihasilkan oleh besi solder.

Kedua adalah tekanan udara yang dilepaskan. Kedua pengaturan ini terkait.

Penyolderan uap jenis ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Teknologi Surface Mount dapat digunakan dalam proses penyolderan komponen.
  • Suhu dapat diatur dari 100 derajat Celcius hingga 500 derajat Celcius.
  • Kamu dapat mencegah kerusakan pada bagian karena listrik yang tidak stabil.
  • Harga jual solder uap cenderung lebih mahal daripada solder biasa.

3. Solder dengan pengontrol suhu

Jenis solder lainnya adalah solder dengan pengontrol suhu. Solder jenis ini memiliki keunggulan yaitu suhunya stabil dalam waktu yang lama.

Jika tegangan naik atau turun, itu tidak memengaruhi stabilitas suhu besi solder. Lantaran kestabilan suhu ini, daya tahan solder dapat terjaga dan tahan lama.

Sebagai catatan, ingat untuk tidak hanya memilih besi solder sesuai kebutuhan, tetapi juga untuk memperhatikan tegangan.

Spesifikasi yang termasuk jenis solder ini:

  • Elemen pemanas adalah elemen pemanas keramik
  • Kisaran suhu adalah 200-480 Ā° C
  • Stabilitas suhu Ā± 1 Ā° C (tanpa beban)
  • Resistansi puncak ke tanah kurang dari 2Ī©
  • Potensi dari chip ke ground kurang dari 2m
3 dari 3 halaman

Bagian solder listrik

1. Elemen panas

Solder berfungsiĀ mengubah energi listrik menjadi energi panas. Bagian utama alat solder adalah pemanas elemen yang berfungsi sebagai penentu suhu.

Jika solder terdapat tegangan yang besar maka suhu yang dihasilkan akan makin tinggi. Pada elemen pemanas solder memiliki daya tertentu yang penggunaannya dipilih sesuai kebutuhannya.

Misalnya, saat memasang sirkuit terpadu (IC) pada papan sirkuit tercetak, gunakan besi solder dengan elemen pemanas kurang dari 30 watt. Di luar ini, komponen IC dapat rusak.

2. Besi solder dan bantalan

Besi solder adalah bagian selanjutnya dari elektro solder, yang sangat berguna membantu menghilangkan energi panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas.

Untuk berfungsi sebagai konduktor, bagian ini harus terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Kemudian, panas solder berada di ujung atau titik solder agar berguna untuk menyolder timah.

Selain besi solder yang baik, ujung yang tajam adalah konduktor termal yang baik. Oleh karena itu, chip solder terbuat dari tembaga.

3. Pegangan solder

Besi solder listrik memiliki pegangan untuk penanganan yang aman dan nyaman. Ada yang ditembak dan ada yang berbentuk tongkat. Bahan dari pegangan solder terbuat dari plastik dan dicampur dengan bahan tertentu untuk menjaga solder aman dari lelehan saat dipanaskan.

Sebagai catatan, setrika solder yang baik menggunakan gagang yang terbuat dari bahan khusus yang tahan panas.

Solder berkualitas rendah biasanya tidak memiliki pegangan tahan panas. Oleh karena itu, kamu dapat merasakan panasnya, meski kamu menggunakannya.

Ā 

Sumber:Ā Anakteknik, Klopmart

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer