Sukses


7 Tanda Dehidrasi yang Bisa Terjadi dan Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Tubuh manusia membutuhkan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diambilnya.

Dehidrasi bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti aktivitas fisik yang berat, cuaca panas, atau penyakit tertentu.

Ada tanda-tanda dehidrasi yang perlu diwaspadai sehingga kamu bisa mengidentifikasinya dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya dengan tepat.

Dehidrasi merupakan kondisi serius yang bisa memengaruhi kesehatan dan kinerja tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan, berbagai organ dan sistem dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai mulut kering hingga masalah ginjal yang serius.

Lantas, apa saja tanda-tanda dehidrasi yang bisa kapan saja muncul pada tubuh kita?

Berikut tujuh tanda dehidrasi yang bisa terjadi dan perlu diwaspadai, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (3/8/2023).

2 dari 4 halaman

Tanda Dehidrasi yang Bisa Terjadi

1. Badan Lemas

Satu di antara dari tanda dehidrasi yang dapat dengan mudah diketahui adalah badan menjadi terasa lemas. Apabila tubuh terasa makin lemas dan malas untuk minum air mineral, kamu harus waspada. Sebab, pada saat itulah dehidrasi di dalam tubuhmu akan makin memburuk.

2. Kesadaran Menurun

Setelah badan menjadi semakin lemas, yang akan terjadi berikutnya adalah penurunan kesadaran. Berawal dari respons yang makin berkurang, lama-kelamaan apabila dehidrasi tidak diatasi bisa menyebabkan kehilangan kesadaran.

Hal ini terjadi karena otak tidak mendapatkan suplai darah yang cukup. Padahal, tubuhmu memerlukan air sebagai transportasi untuk membawa darah ke seluruh tubuh.

3 dari 4 halaman

Tanda Dehidrasi yang Bisa Terjadi

3. Mata Cekung

Tanda dehidrasi lainnya yang mudah untuk kamu temukan adalah mata menjadi cekung. Jika bagian bawah kelopak matamu menjadi makin besar dan mata terlihat sayu, hal ini berarti kondisimu telah memasuki kategori dehidrasi sedang dan dapat berpotensi menuju dehidrasi berat. 

4. Bibir Kering

Sama seperti dengan mata yang menjadi cekung, tanda dehidrasi lainnya adalah bibir menjadi kering. Selain bibir yang mengering, mukosa mulut (rongga mulut) juga akan menjadi kering.

4 dari 4 halaman

Tanda Dehidrasi yang Bisa Terjadi

5. Tangan dan Kaki Terasa Dingin

Lantaran tidak mendapatkan distribusi darah dan cairan yang cukup, organ-organ di dalam tubuhmu akan didahulukan dalam distribusi darah. Alhasil, suplai darah ke bagian perifer seperti ujung jari kaki dan tangan akan dikorbankan. 

Lantaran alasan ini, bagian ujung jari tangan ataupun kaki bisa menjadi dingin.

6. Jantung Berdebar

Ketika dehidrasi, untuk memenuhi kebutuhan suplai darah ke seluruh organ tubuh maka jantung kamu akan bekerja lebih ekstra untuk memompa darah.

Agar organ tetap mendapatkan suplai darah yang cukup, jantung akan berdetak lebih cepat. Pada keadaan ini penderita dapat merasakan jantungnya menjadi berdebar-debar melebihi kondisi normal.

7. Jumlah Urine Berkurang

Normalnya, jika jumlah air yang masuk ke tubuh terlalu banyak maka akan dikeluarkan sebagian besar melalui urine. Namun, pada keadaan dehidrasi, tubuh yang kekurangan cairan akan berusaha mempertahankan cairan yang tersisa dengan cara mencegah pengeluaran cairan.

Maka itu, ketika seseorang mengalami dehidrasi, jumlah urine akan berkurang atau bahkan bisa tidak buang air kecil sama sekali.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 3/4/2023)

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer