Sukses


Bacan Doa Hari Jumat agar Dipenuhi Berkah

Bola.com, Jakarta - Hari Jumat memiliki kedudukan yang istimewa dalam agama Islam. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Hari Jumat adalah pemelihara umat Islam dari satu di antara minggu ke minggu berikutnya, dan Ramadan adalah pemelihara umat Islam dari satu di antara bulan Ramadan ke bulan Ramadan yang lain." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam surah Al-Jumu'ah ayat 9, Allah Swt. berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui".

Dalam menghadapi kesibukan dan tantangan kehidupan sehari-hari, Hari Jumat adalah saat yang tepat untuk merefleksikan diri, memperbanyak amal saleh, dan berdoa dengan tulus kepada-Nya.

Doa adalah sarana yang bisa kita lakukan untuk langsung terhubung dengan Allah Swt., dengan memanjatkan doa di hari yang dimuliakan oleh Allah dan Rasul-Nya, kamu bisa mendapatkan keberkahan tersendiri.

Berikut ini bacaan doa hari Jumat agar dipenuhi berkah, disadur dari Dream, Kamis (3/8/2023).

2 dari 3 halaman

Doa Hari Jumat Penuh Berkah

Doa Hari Jumat Penuh Berkah 

Ada banyak doa hari Jumat penuh berkah yang bisa umat muslim panjatkan. Doa hari Jumat penuh berkah ini merupakan amalan untuk memohon keberkahan di hari Jumat. Bagaimana bacaan doanya? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini:

Ya Rabbi fi yaumil jumat wa ‘adta ibadaka bi qabuli da’wahum, sa ad’u liqalbin qaribin min qalbi, Allahummarzuqhu ma yuridu warzuq qalbahu ma yuridu, waj’alhu laka kama turidu, Allahumma qaddirlalhu dzalik, qabla an tu’dzina syamsul jumat bil maghrib.

Artinya: "Ya Allah, pada hari Jumat ini, kau berjanji pada hamba-hamba-Mu untuk menerima doa mereka. Aku akan berdoa dari hati yang terdalam. Ya Allah, berikanlah apa yang kuinginkan, dan berkatilah hatiku dengan apa yang kuinginkan. Dan jadikan diriku ini milik-Mu seperti yang dirimu inginkan, sebelum matahari hari Jumat tenggelam."

 

Doa Hari Jumat Penuh Berkah agar Dicukupkan Rezeki

Berikut adalah bacaan doa hari Jumat penuh berkah supaya dicukupkan rezeki olehh Allah Swt.:

Allahumma 'alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludzfu fa najjini mimma yu’dzini anta hasbi wa ni’mal wakil. Allahumma raddhini bi qadhaika wa qanni; bi athaika waj’alni min awliya-ika

Artinya: "Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku, dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu."

3 dari 3 halaman

Doa Hari Jumat Penuh Berkah

Doa Hari Jumat Penuh Berkah untuk Keluarga 

Berikut adalah bacaan doa hari Jumat penuh berkah untuk keluarga agar dilancarkan rezekinya dan senantiasa berada dalam kebaikan serta perlindungan-Nya:

Allahumma barikli fi ahli wa barikli ahli fiyya warzuqhum minni warzuqni minhum wajma’bainana majama’ta fi khairin wa farriq bainana ma farraqta fi khairin. Barakallahu li kullin minna fi shahibihi. Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi. Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha mina syaithanirrajim.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah aku dalam keluarga dan berkahilah keluarga dalam diriku. Anugerahkan rezeki kepada mereka lantaran aku, anugerahkanlah rezeki kepadaku lantaran mereka. Satukanlah kami selama engkau satukan dalam kebaikan, dan pisahkanlah kami selama Engkau memisahkan dalam kebaikan. Semoga Allah memberkahi masing-masing dari kami dalam pergaulannya (suami istri). Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan istriku dan kebaikan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Dan aku berlindung kepadamu dari keburukan istriku dan keburukan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Ya Allah, sungguh aku memohon perlindungan untuknya dan keturunannya dengan keagungan Zat-Mu dari setan yang terkutuk." 

Doa Hari Jumat Pagi Penuh Berkah yang Diajarkan Nabi 

Hari Jumat adalah hari yang mendapat keistimewaan. Ibadah yang dikerjakan pada hari Jumat akan mendapatkan pahala yang lebih utama daripada hari lainnya.

Selain itu juga dianjurkan memperbanyak doa pada hari tersebut. Begini bacaan doa di hari Jumat pagi yang diajarkan Rasulullah saw. kepada umatnya untuk diamalkan.

Astaghfirullahalladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumu, wa atubu ilaihi.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia Yang hidup kekal serta terus menerus mengurus (makhluk), dan aku bertobat kepada-Nya."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 5/12/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer