Sukses


9 Cara Mengatasi Rasa Bosan dalam Hubungan

Bola.com, Jakarta - Dalam sebuah hubungan, ada masa-masa indah yang penuh cinta dan kebahagiaan, tetapi juga ada saat-saat di mana rasa bosan dan monoton mengintai.

Fenomena semacam itu adalah hal yang normal dan dapat dialami oleh siapa saja, termasuk pasangan yang paling harmonis sekalipun.

Maka itu, penting bagi kita untuk mengenali dan memahami penyebab rasa bosan tersebut, serta mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Dengan cara yang tepat, rasa bosan tidak perlu menjadi ancaman bagi kebahagiaanmu bersama pasangan. Kita dapat menciptakan suasana romantis yang hangat dan menyenangkan sehingga hubungan tetap abadi dalam keindahannya.

Jika kamu mengalami situasi serupa, berikut sembilan cara mengatasi rasa bosan dalam hubungan, yang patut untuk dicoba, seperti disadur dari Klikdokter, Sabtu (5/7/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rasa Bosan dalam Hubungan

1. Cari Tahu Penyebab Rasa Bosan

Tips agar pacaran langgeng dan tidak membosankan adalah mengidentifikasi apa yang salah dengan hubungan.

Cari tahu apa penyebab kamu dan pasangan mengalami rasa bosan, apakah karena terlalu sering menghabiskan waktu bersama atau justru tidak pernah memiliki waktu bersama yang berkualitas.

Dengan menemukan penyebabnya, kamu bisa mengatasi rasa bosan dengan tepat. Hubungan pun akan kembali bahagia.

2. Komunikasikan dengan Pasangan

Cara agar tidak bosan dengan pasangan berikutnya adalah mencoba mengkomunikasikan secara jujur kepada pasangan. Beritahu pasangan jika memang kamu merasa bosan dengannya.

Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa mencari solusi bersama untuk mengatasi rasa bosan tersebut.

3. Ubah Cara Berpikir

Cara menghilangkan rasa bosan dalam hubungan bisa dilakukan dengan mengubah cara berpikir tentang cinta dan hubungan yang dijalani.

Dengan begitu, kamu bisa mulai melihat sejauh mana hubungan yang telah dijalani dan bagaimana kontribusi pasangan terhadap hubungan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rasa Bosan dalam Hubungan

4. Lakukan Aktivitas Spontan dengan Pasangan

Cara agar pacaran tidak bosan bisa dengan melakukan aktivitas yang spontan. Misalnya dengan mengajak pasangan untuk mendatangi suatu tempat atau makan di tempat tertentu tanpa direncanakan.

5. Coba Sesuatu yang Baru

Satu di antara cara mengatasi rasa bosan dalam hubungan adalah dengan mengubah rutinitas, seperti mencoba sesuatu yang baru dengan pasangan. Misalnya dengan melakukan olahraga bersama atau mendaftarkan diri ke kelas memasak.

Melakukan kegiatan bersama bisa menjadi cara menghilangkan rasa bosan dalam hubungan. Dikutip dari Buku Couple and Family Psychology, menghabiskan waktu selama empat minggu dengan pasangan bisa meningkatkan kepuasan hubungan.

6. Berkencan 

Bila kamu merasa bosan dengan hubungan yang dijalani, coba ajak pasangan untuk berkencan. Luangkan waktu untuk berkencan seminggu sekali untuk bisa saling terhubung dengan pasangan.

Coba fokus pada perasaan bahagia yang kamu rasakan di awal hubungan. Selain itu, cara menghilangkan bosan dalam hubungan bisa dengan saling mengejutkan satu sama lain, misalnya dengan membelikan tiket konser.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rasa Bosan dalam Hubungan

7. Minta Bantuan Tenaga Profesional

Konseling dengan tenaga profesional bisa menjadi satu di antara cara agar hubungan tidak bosan.

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan psikolog untuk membantu mengatasi masalah hubungan yang dialami, terutama jika masalah utamanya adalah kurangnya komunikasi.

8. Saling Terlibat Aktivitas Satu Sama Lain

Satu di antara cara agar pacar tidak bosan bisa dengan mengajaknya untuk saling terlibat dalam aktivitas satu sama lain. Jika kamu suka joging, ajak pasangan meluangkan waktu untuk ikut berolahraga.

Tak hanya itu, ketika pasangan sedang menekuni bisnis atau mempelajari suatu hal, kamu bisa ikut belajar hal tersebut atau sering mencari informasi terkait topik tersebut.

9. Lakukan Me Time

Meski melakukan me time, ini bukan menjadi tanda bahwa kamu harus putus dengan pasangan. Akan tetapi, me time menjadi momen di mana kamu bisa fokus pada diri sendiri dalam kurun waktu tertentu.

Ini bisa menjadi cara untuk terhubung kembali dengan diri sendiri. Izinkan juga pasangan untuk terhubung dengan dirinya sendiri.

Bisa jadi, rasa bosan ini muncul karena seringnya intensitas bertemu atau komunikasi sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk diri sendiri.

 

Sumber: Klikkokter.com (Published: 28/4/2023)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer