Sukses


Arti Kepribadian Ambivert beserta Ciri-cirinya

Bola.com, Jakarta - Istilah ambivert mungkin tak cukup familier di kalangan masyarakat. Lantas, apa itu ambivert? Ambivert adalah tipe kepribadian gabungan dari ekstrovert dan introvert.

Maka itu, orang ambivert merasa nyaman menggunakan energinya untuk berperilaku aktif layaknya ekstrovert. Namun, dia juga senang menghabiskan waktu sendirian seperti seorang introvert.

Kondisi ini menyebabkan orang ambivert bisa menghadapi berbagai situasi dengan lebih fleksibel. Faktanya, jumlah orang dengan tipe kepribadian ini melebihi separuh populasi dunia.

Sebanyak 68 persen orang di dunia memiliki tipe kepribadian ambivert. Apakah kamu termasuk satu di antaranya?

Untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri orang dengan kepribadian ambivert, disadur dari Klikdokter, Jumat (11/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Kepribadian Ambivert

1. Pembicara Sekaligus Pendengar yang Baik

Seorang ambivert tahu kapan harus berbicara dan mendengarkan. Mereka senang berbicara dan berdiskusi mengenai beragam hal.

Ambivert juga suka mengamati dan mendengarkan orang lain. Jadi, ambivert adalah seorang pembicara sekaligus pendengar yang baik.

Ketika sedang curhat mengenai permasalahan yang mereka hadapi, ambivert juga bersedia mendengarkan masalah orang lain. Tak heran, orang ambivert bisa membuat orang lain nyaman ngobrol mengenai hal apa pun.

2. Sebagai Penyeimbang

Ketika berada dalam sebuah kelompok, biasanya orang ambivert paling bisa diandalkan untuk membuat suasana menjadi lebih hangat.

Orang ambivert bisa membantu memecah keheningan dan membuat suasana terasa lebih hidup. Mereka bisa membicarakan hal apa pun dan menjadi pusat perhatian.

Namun, seorang ambivert juga tidak segan merangkul orang introvert agar merasa nyaman untuk memulai percakapan dengan yang lain. Karenanya, kehadiran ambivert diperlukan sebagai penyeimbang di antara individu introvert dan ekstrovert.

3. Dapat Menyesuaikan Diri

Pengertian ambivert adalah orang yang yang memiliki kepribadian gabungan antara ekstrovert dan introvert. Hal ini membuat orang ambivert lebih mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarnya.

Contohnya, ketika bersama orang asing di lift, ambivert tidak sungkan untuk menyapa dan mengajak orang lain berbicara. Namun, jika kondisinya dirasa tidak pas, ambivert akan memilih menghindari interaksi.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Kepribadian Ambivert

4. Nyaman di Keramaian dan Menghargai Waktu Sendiri

Ambivert akan merasa nyaman berada di tengah keramaian. Namun, mereka juga bisa menikmati momen ketika harus menghabiskan waktu sendiri di rumah.

Itulah mengapa jangan heran apabila pribadi ambivert memilih untuk mengisi energi dengan menghabiskan waktunya sendiri di rumah. Ketika diajak untuk pergi keluar rumah, biasanya mereka akan mempertimbangkan kegiatan mana yang lebih bermanfaat.

5. Lebih Bijaksana

Biasanya, orang dengan tipe kepribadian ambivert memiliki empati yang tinggi. Mereka bisa menempatkan diri sesuai kondisi lawan bicaranya.

Ketika temannya mengalami masalah, ambivert akan mendengarkannya dengan saksama. Kemudian, dia akan membantu mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 30/7/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer