Sukses


Apa Saja Peran dan Fungsi Sosiologi? Ini Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan segala perilaku kehidupannya. Sosiologi merupakan ilmu yang membahas perilaku sosial antarindividu, antarkelompok, maupun antara individu dan kelompok

Secara etimologis, sosiologi berasal dari dua kata latin, yaitu "socius", artinya berteman, rekan, dan "logos" yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah, sosiologi artinya ilmu tentang berteman, atau ilmu tentang bermasyarakat

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat; ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya.

Istilah sosiologi pertama kali diciptakan oleh Auguste Comte, seorang filsafat dari Prancis. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat.

Kamu perlu mempelajari fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat yang mempelajari tentang konsep sosiologi yang meliputi sejarah perkembangan sosiologi, definisi sosiologi, sifat dan hakikat sosiologi, tokoh-tokoh sosiologi dan hubungan sosiologi dengan ilmu lainnya.

Berikut ini peran dan fungsi sosiologi yang perlu diketahui, dilansir dari E-Modul Sosiologi kelas X terbitan Kemdikbud, Rabu (9/8/2023).

2 dari 4 halaman

Fungsi Sosiologi

Ada beberapa fungsi sosiologi, yaitu sebagai berikut:

1. Penelitian

Dengan penelitian akan diperoleh suatu rencana penyelesaian maslah sosial yang baik. Contohnya cara untuk mencegah kenakalan remaja dan mengatasi masalah pengangguran.

2. Pembangunan

Sosiologi berfungsi untuk memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian pembangunan.

Pada tahap perencanaan, hal yang harus diperhatikan adalah kebutuhan sosial. Kemudian pada tahap pelaksanaan, hal yang harus dilihat adalah kekuatan sosial masyarakat serta proses perubahan sosial.

3. Perencanaan Sosial

Sosiologi berfungsi untuk mempersiapkan masa depan masyarakat yang bertujuan untuk mengatasi munculnya berbagai masalah yang terjadi dalam masyarakat. Perencanaan ini bersifat antisipatif.

4. Pemecahan Masalah Sosial

Masalah sosial merupakan suatu peristiwa yang tidak diinginkan oleh masyarakat karena dapat mengganggu bahkah membahayakan kehidupan masyarakat. Contohnya masalah kenakalan remaja.

Metode dalam penyelesaian maslah sosial ini adalah metode preventif, yakni metode untuk mengatasi masalah sosial sebelum terjadinya penyimpangan sosial, kemudian metode represif yaitu metode untuk mengatasi masalah sosial setelah terjadinya penyimpangan sosial.

3 dari 4 halaman

Peran Sosiologi

Sebagai ahli ilmu kemasyarakatan, para sosiolog berperan dalam membangun masyarakat terutama di daerah yang sedang berkembang. Bentuk-bentuk peran sosiologi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sosiolog Sebagai Ahli Riset

Seperti ilmuan lainnya, para sosiolog berfokus pada pengumpulan dan penggunaan data. Oleh karena itu, para sosiolog melakukan riset ilmiah. Tujuannya adalah untuk mencari data kehidupan sosial masyarakat.

Data itu kemudian diolah menjadi karya ilmiah yang berguna bagi pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah-masalah di masyarakat.

2. Sosiologi Sebagai Konsultan Kebijakan

Prediksi sosiologi dapat membantu memperkirakan pengaruh kebijakan sosial yang mungkin terjadi. Setiap kebijakan adalah suatu prediksi. Hal ini berarti kebijakan diambil dengan harapan menghasilkan pengaruh atau dampak yang diinginkan.

4 dari 4 halaman

Peran Sosiologi

3. Sosiolog Sebagai Praktisi

Beberapa sosiolog terlibat dalam perencanan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat. Mereka meberi saran-saran, baik dalam penyelesaian berbagai maslah hubungan masyarakat, hubungan antarkaryawan, masalah moral, maupun hubungan antarkelompok dalam organisasi.

Sosiologi bekerja sebagai ilmuan terapan (applied scientist) yang harus memperhatikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang dibahasnya karena keduanya merupakan nilai ideal.

4. Sosiolog Sebagai Guru atau Pendidik

Mengajar merupakan satu di antara kegiatan yang dapat digeluti oleh seorang sosiolog. Sebagai seorang pendidik, sosiolog berperan mengajarkan dan mengembangkan sosiologi sebagai ilmu di berbagai bidang dengan memberikan contoh-contoh yang terdapat di masyarakat.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer