Sukses


Apa Itu Kreativitas? Yuk, Pahami Ciri dan Cara Berpikirnya

Bola.com, Jakarta - Kreativitas adalah keterampilan membayangkan sesuatu yang baru, berbeda atau inovatif dan menciptakannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta. Pengertian lain dari kreativitas adalah daya cipta.

Kreativitas memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kreativitas dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Ada juga yang mengartikan kreativitas sebagai tindakan, ide, atau produk apa pun yang mengubah domain yang ada, atau yang mengubah domain yang ada menjadi domain baru.

Dengan menggunakan kreativitas, kamu dapat memecahkan banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan perspektif baru.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lebih lanjut tentang kreativitas, disadur dari Merdeka, Kamis (10/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Kepribadian Kreatif

1. Menunjukan rasa ingin tahu yang luar biasa.

2. Menciptakan berbagai ragam dan jumlah gagasan guna memecahkan persoalan.

3. Sering mengajukan tanggapan yang unik dan pintar.

4. Berani mengambil risiko.

5. Suka mencoba.

6. Peka terhadap keindahan dan segi estetika dari lingkungan.

3 dari 3 halaman

Cara Berpikir Kreatif dan Meningkatkan Kreativitas

1. Pemetaan Pikiran

Pemetaan pikiran membantu mengatur semua pemikiran dan memberikan arahan pada ide. Itu hanya dimulai dengan menuliskan idemu dan menghubungkan semua pemikiran yang terkait dengannya, dalam bentuk kata-kata dan gambar. Ini membantu kamu untuk membuka pikiranmu.

2. Brainstorming

Cara berpikir kreatif dan meningkatkan kreativitas selanjutnya dengan brainstorming. Ini adalah teknik yang paling terkenal untuk menghasilkan ide-ide baru.

Brainstorming berarti mengambil satu masalah atau ide dan mendiskusikannya, dalam kelompok. Brainstorming membantu untuk mengeksplorasi semua ide kamu secara detail. Jadi, kamu mendapatkan solusi untuk masalah dan arah untuk sebuah ide.

3. Lakukan Aktivitas Otak

Kreativitas adalah tentang mendorong otakmu bekerja. Otak membutuhkan banyak energi untuk berpikir kreatif. Penelitian mengatakan bahwa otak kanan kita dibuat untuk membuat hal-hal kreatif.

Langkah yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan satu di antara aktivitas otak, seperti:

  • Bernapaslah melalui sisi kiri hidung, dengarkan konten positif.
  • Pelajari beberapa keterampilan baru.
  • Lakukan aktivitas yang memberikan tekanan pada otak mu, misalnya, memecahkan teka-teki, hubungkan titik-titik.
  • Mencoba tertawa.

 

Dilansir dari: Merdeka.com (Published: 18/8/2022).

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer