Sukses


Manfaat Ilmu Sosiologi bagi Kehidupan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Sosiologi sering disebut sebagai bagian dari ilmu sosial.

Secara etimologis, sosiologi berasal dari dua kata latin, yaitu "socius", artinya berteman, rekan, dan "logos" yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah, sosiologi artinya ilmu tentang berteman atau ilmu tentang bermasyarakat.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat; ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya.

Jadi, arti kata sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Bisa disimpulkan bahwa objek sosiologi adalah masyarakat.

Sebagai sebuah ilmu, sosiologi memiliki manfaat bagi kehidupan. Apa saja manfaat ilmu sosiologi?

Berikut ini manfaat ilmu sosiologi bagi kehidupan yang perlu diketahui, dilansir dari an-nur.ac.id, Kamis (10/9/2023).

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Sosiologi

Sebagai ilmu sosial yang objeknya masyarakat, sosiologi mempunyai ciri-ciri utama sebagai berikut:

  • Empiris, artinya ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat, serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.
  • Teoritis, artinya suatu ilmu pengetahuan yang selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil pengamatan.
  • Abstraksi tersebut merupakan kesimpulan logis yang bertujuan menjelaskan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
  • Kumulatif, artinya disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teoriteori yang lama.
  • Nonetis, artinya pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam.
3 dari 5 halaman

Objek Kajian Sosiologi

Objek sosiologi adalah masyarakat. Adapun objek kajian sosiologi adalah fenomena sosial secara umum dalam masyarakat yang mencakup beberapa unsur, sebagai berikut:

a. Manusia yang hidup bersama

Bercampur untuk waktu yang cukup lama, yang menimbulkan sistem komunikasi dan timbul peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antarmanusia dalam kelompok tersebut.

Setiap individunya sama, bahwa mereka adalah satu kesatuan. Ini berarti terdapat kesadaran dari setiap individu bahwa hal yang dilakukan mereka berpengaruh terhadap masyarakat.

b. Masyarakat merupakan satu sistem hidup bersama

Kajiannya lebih banyak terfokus pada problem kemasyarakatan yang timbul akibat krisis-krisis sosial yang terjadi.

Subjek kajian sosiologi paling sulit dimengerti dan diramalkan karena perilaku manusia merupakan persilangan antara individualitas dan sosialitas. Sosiologi mempelajari perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang dibangunnya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Sosiologi

1. Menambah pengetahuan tentarng kebhinekaan sosial serta keberagaman budaya yang menyangkut sistem nilai dan norma, adat istiadat, keseniaan, dan unsur-unsur budaya lainnya.

Dengan mempelajari sosiologi, kita akan memperoleh pengetahuan tentang macam-macam karakteristik sosial individu maupun kelompok individu dalam masyarakat.

2. Sosiologi bermanfat menumbuhkan kepekaan masyarakat terhadap toleransi sosial dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan terwujud masyarakat yang saling mengerti.

3. Dengan mempelajari sosiologi, kita dapat melihat dengan jelas diri kita baik sebagai individu maupun anggota dalam masyarakat.

4. Sosiologi membantu setiap masyarakat tentang tempat kita dalam masyarakat maupun budaya lain yang belum diketahui.

5. Sosiologi membantu masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan tentang berbagai bentuk interaksi masyarakat.

6. Sosiologi membantu masyarakat untuk mengontrol dan mengendalkan tindakan dan perilaku pada tiap-tiap interaksi masyarakat.

7. Sosiologi juga diharapkan mampu membuat masyarakat makin mengerti norma, tradisi, keyakinan, dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat lain serta mampu memahami perbedaan-perbedaan yang ada pada masyarakat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sosiologi

8. Pengetahuan sosiologi bermanfaat untuk menghindari konflik sosial terutama konflik antargolongan, antarsuku, maupun antarras.

9. Sosiologi bermanfaat untuk menghindari dominasi sosial misalnya dominasi politik, dominasi ekonomi, maupun dominasi kebudayaan.

10. Sosiologi juga bermanfaat untuk meningkatkan integritas nasional, terutama Indonesia, yang memiliki kemajemukan bangsa. Dengan sosiologi diharapkan mampu meningkatkan rasa saling pengertian atar suku bangsa dan kerja sama yang erat di antara unsur-unsur sosial yang berbeda.

11. Sosiologi sebagai interaksi sosial yang merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang di dalamnya menyangkut hubungan antara individu, kelompok maupun individu dengan kelompok.

12. Sosiologi dalam masyarakat bermanfaat sebagai ahli riset. Para sosiolog melakukan riset ilmiah untuk mencari data tentang kehidupan sosial suatu masyarakat.

Dari hasil penelitian tersebut sosiolog harus menghasilkan kebenaran-kebenaran agar dampak dampak negatif dalam masyarakat bisa dihindari.

13. Sosiologi sebagai konsultan kebijakan, artinya sosiologi dapat membantu memperkirakan pengaruh kebijakan-kebijakan sosial yang mungkin terjadi dalam masyarakat.

14. Sebagai generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa, sosiologi akan membuat seseorang lebih tanggap, kritis, dan rasional menghadapi gejala-gejala sosial dalam masyarakat yang semakin kompleks, serta mampu mengambil sikap dan tindakan yang tepat dan akurat terhadap situasi sosial yang dihadapi sehari-hari.

 

Sumber: an-nur.ac.id

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer