Sukses


Arti Output beserta Penjelasannya dalam Berbagai Bidang

Bola.com, Jakarta - Output adalah hasil dari suatu input yang mengalami suatu proses tertentu sehingga menghasilkan sesuatu yang disebut sebagai output.

Menurut Cambridge Dictionary, ada beberapa arti output terkait dengan beberapa konteks.

Dalam konteks yang terkait perangkat komputer, output adalah informasi atau gambar yang dihasilkan oleh komputer atau printer. Sedangkan terkait dengan produksi energi, output adalah jumlah energi, misalnya, panas atau listrik, yang dihasilkan oleh peralatan.

Kemudian terkait dengan perangkat elektronika, output adalah bagian dari peralatan listrik di mana daya, energi, atau suara keluar dari sana.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lebih lanjut tentang output, disadur dari Liputan6, Jumat (11/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Output pada Perangkat Elektronik

Speaker

Speaker atau yang juga disebut sebagai loudspeaker adalah suatu perangkat elektronika untuk mengubah energi listrik menjadi energi sinyal akustik (suara) yang dipancarkan ke dalam ruangan atau udara terbuka.

Istilah energi sinyal menunjukkan bahwa energi listrik memiliki bentuk tertentu, yang sesuai, misalnya, dengan ucapan, musik, atau sinyal lainnya dalam rentang frekuensi yang dapat didengar (kira-kira 20 hingga 20.000 hertz).

Loudspeaker harus mempertahankan karakter esensial dari energi sinyal ini dalam bentuk akustik.

Lampu

Lampu atau bola lampu adalah komponen listrik yang dapat mengubah energi listrik untuk menghasilkan cahaya. Lampu adalah bentuk pencahayaan buatan yang paling umum.

Lampu biasanya memiliki alas yang terbuat dari keramik, logam, kaca, atau plastik, yang menahan lampu di soket lampu, yang juga sering disebut "lampu".

Motor

Motor adalah satu di antara perangkat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, biasanya dengan menggunakan fenomena elektromagnetik.

Sebagian besar motor listrik mengembangkan torsi mekanisnya dengan interaksi konduktor yang membawa arus ke arah yang tegak lurus terhadap medan magnet.

3 dari 3 halaman

Output dalam Industri dan Program Pelatihan

Output pada Industri

Untuk suatu industri, output adalah semua barang dan jasa yang diproduksi dalam periode waktu tertentu oleh bisnis dalam industri itu dan dijual baik kepada konsumen atau bisnis di luar industri itu.

Misalnya, output dapat berupa sejumlah ton gula atau kotak kue yang diproduksi dalam setahun oleh suatu bisnis atau industri.

Produk-produk ini biasanya diukur dalam nilai mata uang tertentu sehingga output yang berbeda seperti berton-ton gula dan sekotak kue, dapat digabungkan menggunakan unit pengukuran yang sama.

Output pada Program Pelatihan

Output adalah hal-hal berwujud atau tidak berwujud yang dihasilkan oleh organisasi atau proyek seperti program pelatihan. Output bisa berupa layanan lengkap, produk, intervensi atau 'hasil' lainnya.

Output biasanya cukup mudah untuk diukur dan sering kali dapat diukur, misalnya berapa banyak yang kita lakukan atau jumlah output berdasarkan tolok ukur yang telah ditetapkan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Mabruri Pudyas Salim, Editor: Rizky Mandasari. Published: 6/1/2023)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer