Sukses


Bacaan Doa di Hari Jumat Sore yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Hari Jumat dalam agama Islam adalah hari yang memiliki nilai dan keberkahan yang tidak dimiliki oleh hari-hari lain.

Allah Swt. memberikan keutamaan dan keistimewaan tertentu pada hari Jumat. Jumat dianggap sebagai waktu yang penuh berkah dan kesempatan yang baik untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Bahkan, dalam Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad saw. terdapat penekanan khusus terhadap pentingnya menjadikan Jumat sebagai hari yang istimewa dalam menjalankan ibadah.

Bisa disimpulkan, Jumat merupakan hari yang spesial bagi umat muslim. Di samping itu, Jumat menjadi satu di antara waktu terbaik untuk membaca doa.

Berdoa pada hari Jumat disebut lebih mudah untuk diijabah oleh Allah Swt. Selain itu, pada hari Jumat akan dibuka pintu ampunan sebesar-besarnya bagi siapa saja yang berdoa kepada-Nya.

Waktu terbaik untuk mengamalkan doa adalah setelah melaksanakan salat asar dan akhir menjelang magrib.

Berikut ini bacaan doa di hari Jumat sore yang bisa dilafalkan umat muslim, disadur dari Dream, Jumat (11/8/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa di Hari Jumat Sore

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

"Astaghfirullahalladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu, wa atubu ilaihi."

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup, lagi Maha Tegak. Aku bertobat kepada-Nya.”

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Lain di Hari Jumat Sore

Umat muslim juga bisa membaca doa lainnya, yakni doa untuk memohon dilancarkan rezekinya, memohon diberi keturunan, dan lain sebagainya sesuai harapannya.

- Membaca Selawat

بسم الله الرحمن الرحيم اللهم صل على محمد وآل محمد

"Bismillahir rahmaanir rahiim, Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa aali Muhammad."

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sampaikanlah selawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.”

- Membaca Surah Al Kahfi

Dengan membaca surah Al Kahfi di hari Jumat, umat Islam yang membacanya akan dinaungi cahaya kebaikan di antara dua Jumat. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadis,

“Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat.” (HR. An-Nasai dan Al Hakim)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 23/9/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer