Sukses


Cara Beriman pada Kitab-Kitab Allah sebelum Al-Qur'an

Bola.com, Jakarta - Kitab adalah wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasul. Kitab-kitab tersebut berisi kumpulan wahyu yang dibukukan dalam satu kumpulan utuh.

Setiap muslim wajib beriman kepada semua kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada para rasul-Nya. Iman kepada kitab Allah merupakan rukun iman ketiga.

Adapun yang dimaksud iman kepada kitab Allah Swt. adalah membenarkan bahwa Allah mempunyai kitab-kitab yang diturunkan kepada para rasul-Nya.

Kitab-kitab Allah itu berfungsi sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia. Kandungan yang ada dalam kitab tersebut berisi kebenaran yang wajib diikuti dan dilaksanakan.

Ada sejumlah kitab Allah Swt. yang disebutkan di dalam Al-Qur’an dan hadis nabi. Sebagian disebut dengan kitab, sebagian lainnya disebut suhuf.

Suhuf adalah wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasul, tetapi masih berbentuk lembaran-lembaran yang terpisah. Umat Islam wajib hukumnya meyakini adanya kitab-kitab sebelum Al-Quran. Lantas bagaimana cara beriman kepada kitab-kitab sebelum Al-Qur'an?

Berikut ini cara beriman pada kitab-kitab Allah sebelum Al-Qur'an yang perlu diketahui umat muslim, dilansir dari Repository.upi.edu, Senin (14/8/2023).

 

 

2 dari 4 halaman

Kitab-Kitab Allah

Sebelum membahas cara iman kepada kitab-kitab Allah Swt., ketahui terlebih jenis kitab. Berikut kitab-kitab Allah Swt. tersebut.

Taurat

Taurat adalah kitab yang diturunkan kepada Nabī Musa a.s. sebagai pedoman hidup bagi kaum Banī Israil. Firman Allāh Swt. dalam Al-Qur'an surah Al-Isrā ayat 2:

"Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman). Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku."

Adapun isi pokok Kitab Taurat adalah:

1. Jangan ada padamu Tuhan lain dihadirat-Ku.

2. Jangan membuat patung ukiran dan jangan pula menyembah patung karena Aku Tuhan Allah mu.

3. Jangan kamu menyebut Tuhan Allah mu dengan sia-sia.

4. Ingatlah akan hari sabat (Sabtu), supaya kamu sucikan dia.

5. Berilah hormat kepada bapak ibumu.

6. Jangan membunuh sesama manusia.

7. Jangan berzina.

8. Jangan mencuri.

9. Jangan menjadi saksi palsu.

10. Jangan berkeinginan memiliki hak orang lain.

 

Zabur

Zabur adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s. untuk dijadikan pedoman hidup bagi kaumnya. Firman Allah Swt. dalam Al-Qur'an surah Al-Isrā ayat 55 :

"Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud.”

Isi dari Kitab Zabur adalah nyanyian pujian kepada Allāh atas segala nikmat illahiah.

 

3 dari 4 halaman

Kitab-Kitab Allah

Injil

Injil adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa as sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi Bani Israil. Firman Allah Swt. dalam Al-Qur'an surah Al-Māidah ayat 46:

“Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Banī Israīl) dengan Isa putra Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya kitab Injil di mana di dalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa."

Isi pokok kitab Injil adalah ajaran untuk hidup dengan zuhud dan menjauhi kerakusan dan ketamakan dunia. Ini dimaksudkan untuk meluruskan kehidupan orang-orang Yahudi yang materialistis.

Al Qur'an

Al-Qur'an adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi terakhir, Muhammad saw. sebagai petunjuk hidup umatnya.

Berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya yang hanya terbatas untuk satu kaum, Al-Qur'an tidak hanya diturunkan untuk bangsa Arab, melainkan untuk seluruh umat. Firman Allah Swt. dalam Al-Qur'an surah Yūsuf ayat 2:

"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qurān dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya."

4 dari 4 halaman

Cara Beriman pada Kitab-Kitab Allah

Cara Beriman pada Kitab sebelum Al-Qur'an

1. Meyakini Kitab Zabur, Taurat, Injil) Sebagai Wahyu Allah Swt.

Percaya kepada kitab-kitab sebelum Al-Quran termasuk rukun iman yang ketiga. Umat Islam di manapun berada wajib memercayai adanya kitab-kitab sebelum Al-Quran tersebut.

Termasuk kepada para nabi yang menerima kitab-kitab sebelum Al-Quran.

2. Meyakini bahwa isi kitab-kitab itu benar.

Percaya bahwa isi di dalam kitab-kitab tersebut benar adanya meski belum disempurnakan oleh Al-Qur'an. Jadi, akan muncul sebuah keyakinan bahwa tidak akan ada kitab lagi yang diturunkan oleh Allah Swt.

 

Cara Beriman pada Al-Qur'an

1. Meyakini bahwa Al-Qur'an itu benar-benar wahyu Allah, bukan karangan Nabi Muhammad saw.

2. Meyakini bahwa isi Al-Qur'an itu benar dan tidak ragu sedikitpun.

3. Mempelajari, memahami, dan menghayati isi Al-Qur'an

4. Mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sumber: repository.upi.edu

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer