Sukses


Bacaan Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2023, Penuh Harapan dan Rasa Syukur

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa malam tirakatan 17 Agustus bisa dibacakan pada malam sebelum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan setiap 17 Agustus. Pada 2023 ini, akan jadi peringatan ulang tahun ke-78 RI.

Sehari sebelum merayakan hari Kemerdekaan pada 17 Agustus, sering digelar malam tirakatan. Pada malam tirakatan biasanya warga akan berkumpul untuk kemudian mendengarkan kesaksian atau kisah dari para sesepuh warga yang dahulu pernah ikut berjuang merebut kemerdekaan.

Tradisi malam tirakatan masih banyak dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia dalam rangka HUT RI. Tradisi malam tirakatan merupakan penerapan nilai-nilai gotong royong dan kerukunan antarsesama warga karena acara tersebut disiapkan dari oleh dan untuk warga sendiri.

Pada malam tirakatan tersebut, ada rangkaian acara tertentu, seperti makan nasi tumpeng, pentas seni, dan lain-lain. Kemudian, pada akhir acara diadakan pembacaan doa.

Berikut ini bacaan doa malam tirakatan 17 Agustus 2023 yang bisa dipanjatkan, dilansir dari salatiga.go.id, Selasa (15/8/2023).

 

2 dari 4 halaman

Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2023

Bismillahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahi robbil 'alamin, wassholatu wassalamu 'ala asrofil anbiyai walmursaliin. Sayyidinaa muhammadin wa 'ala alihi washohbihi ajma'iin

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah

Dengan segala kerendahan hati, kami mempersembahkan puji syukur ke hadirat- Mu karena Engkaulah Maha Pencipta Alam Semesta ini, Engkaulah yang mengatur dan Engkau pulalah yang menentukan segala-galanya, kepada-Mu kami berserah diri dan kepada-Mu kami tawakal, ke hadirat-Mu semua akan kembali.

Atas segala rahmat dan karuniamu, pada hari ini kami dapat berkumpul di tempat ini untuk menyambut peringatan Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia.

Ya Allah Ya Tuhan Kami

Dengan semangat Proklamasi 1945, berikanlah kepada kami hidayah-Mu sehingga dapat memperkukuh persatuan dan kebersamaan menuju Indonesia yang aman, demokratis dan sejahtera.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana

Perjuangan bangsa kami belum selesai, perjalanan sejarah bangsa kami masih jauh, oleh sebab itu, Ya Allah, hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya.

Jauhkanlah kami dari perpecahan dan permusuhan, berilah kami jalan keluar atas segala krisis, dan mantapkan tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami.

Jadikanlah bangsa kami bangsa yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, makmur dalam keadilan dan adil dalam kemakmuran.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemersatu

Jadikanlah peringatan menyambut Kemerdekaan Ke- 78 Republik Indonesia ini, sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa kesatuan, persatuan, dan kegotong-royongan diantara kami.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun

Ampunilah para Syuhada Pahlawan Bangsa kami, serta terimalah amal perjuangannya karena Engkau Maha Pengampun lagi Maha Mengetahui. Ampuni pula semua kesalahan dan dosa kami, dosa orang tua kami, dan kabulkanlah permohonan dan doa kami. Amien ya rabbal alamiin.

Robbana atina fiddun-ya hasanah wafil akhiroti khasanah waqina adzabannar.

3 dari 4 halaman

Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2023

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

الحمدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ * حَمْداً شَاكِرِيْنَ حَمْدًا حَمْدًا النَّاعِمِيْنَ يُ وَافِي نِعَمَوُ وَ يُكَافِئُ مَزِيْدَهُ * يَا رَبَّ نَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَ نْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَ

عَظِيْمِ سُلْطَانِكَ * اللّّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِوِ

وَصَحْبِوِ اَجْمَعِيْن

Ya Allah Tuhan yang Maha Kuasa

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat-Mu atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan pada bangsa kami. Atas rida dan kuasa-Mu Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan.

Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan sukacita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-78.

Ya Allah Tuhan yang Maha Bijaksana

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan yang ke-78 ini, berikanlah inspirasi yang tak terputus pada kami, untuk menggiring langkah kami, dalam membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, sejajar, dan berkompetisi dengan bangsa-angsa maju lainnya di dunia.

Teguhkan persatuan dan kesatuan kami agar kami dapat menapak dengan kukuh kuat dalam membangun bangsa tercinta ini.

Ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih

Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kami, yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya negara kesatuan republik indonesia.

Ampunilah segala kesalahan mereka dan terimalah budi baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat dan muliakan mereka, dalam golongan hamba-hamba-Mu yang syuhada.

Ya Allah Tuhan yang Maha Melindungi

Di tengah wabah COVID-19 yang masih ada sampai dengan saat ini makin menyadarkan kami bahwa betapa lemahnya kami tanpa pertolongan-Mu.

Karenanya ya Allah, dengan qudrat dan iradah-Mu mohon Engkau menghindarkan negeri tercinta ini dari berbagai bencana. Sehat, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya.

Ya Tuhan yang Maha Pengampun

Dengan sifat afuwun ghofur-Mu, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pahlawan kami, serta dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Perkenankan doa kami.

رَبَّ نَا اَتِناَ فِى الدُّنْ يَا حَسَنَةً وَفِى الَْْخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ * وصَلَّى

اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِوِ وَصَحْ بِوِ اَجْمَعِيْنَ * بِفَضْلِ سُبْحَانَ رَبِّكَ

رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عِلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

4 dari 4 halaman

Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2023

Bismillahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahi robbil 'alamin, wassholatu wassalamu 'ala asrofil anbiyai walmursaliin. Sayyidinaa muhammadin wa 'ala alihi washohbihi ajma'iin. Warhamnaa Ma'ahum birohmatika ya arhamar rohimiin.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa

Pada saat ini kami seluruh bangsa Indonesia sedang bertafakur, memuji kebesaran-Mu memanjatkan doa syukur ke hadirat-Mu atas nikmat kemerdekaan yang telah Engkau anugerahkan kepada bangsa kami yang telah genap berusia 78 tahun. Untuk itu terimalah doa dan rasa syukur kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa

Berkat rahmat dan Karunia-Mu serta semangat persatuan dan kesatuan yang membara, bangsa kami dapat mengusir penjajah dari bumi pertiwi Indonesia, untuk itu Ya Allah, dengan kekuasaan-Mu jua, berilah kemampuan kepada bangsa Indonesia untuk mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana

Hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya, jauhkan kami dari permusuhan dan perpecahan. Sadarkanlah kepada seluruh bangsa kami akan pentingnya persatuan dan kesatuan, kuatkan jiwa kami untuk tetap bersatu padu dalam kebersamaan dan jauhkan kami dari sifat iri dan dengki serta mementingkan diri sendiri, yang akan dapat menumbuhkan benih perpecahan dan disintegrasi.

Ya Allah, Tuhan Penentu Masa Depan

Masa depan adalah milik anak cucu kami. Jadikanlah generasi masa kini dan generasi mendatang sebagai generasi yang penuh iman dan takwa, generasi yang hormat kepada orang tua dan menghargai jasa para pahlawan. Jadikanlah kami dan anak cucu kami manusia yang dapat membawa bangsa dan negara kami ke tingkat kemajuan dan keadilan yang kami cita-citakan, serta terciptanya masyarakat yang saling menghormati dan penuh sayang.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun

Ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Para pahlawan dan syuhada' yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Terimalah doa permohonan kami.

Rabana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqinaa ‘azzabannar

 

Sumber: salatiga.go.id

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer