Sukses


6 Manfaat Menyehatkan Keju untuk Tubuh

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia gizi dan makanan, keju telah lama diakui sebagai satu di antara makanan yang lezat dan serbaguna. Dalam banyak budaya, keju telah menjadi bagian integral dari berbagai hidangan, dari sarapan hingga makan malam yang lezat.

Keju tidak hanya menawarkan rasa yang menggugah selera, tetapi juga menyimpan potensi besar dalam memberikan manfaat kesehatan yang berharga bagi tubuh kita.

Keju bukan hanya makanan lezat, tetapi juga sumber nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh. Dari kalsium hingga protein, keju mengandung berbagai zat yang memberikan dukungan bagi perkembangan dan fungsi tubuh yang optimal.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan secara langsung dengan mengonsumsi keju, beberapa di antaranya seperti menyehatkan tulang dan gigi.

Berikut enam manfaat menyehatkan keju untuk tubuh, seperti dikutip dariĀ Healthline, RabuĀ (16/8/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Keju untuk Tubuh

1. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Keju mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan tulang dan gigi agar tetap terjaga kesehatannya. Beberapa di antaranya adalah kalsium, vitamin D, magnesium, dan zinc.

Dengan itu keju dapat berperan baik dalam pembentukan tulang pada anak-anak. Untuk orang dewasa mengonsumsi keju dapat memperkuat tulang dan menghindari tulang keropos.

Selain itu kandungan kalsium yang cukup tinggi pada keju dapat meningkatkan kesehatan gigi, yang dapat membuat gigi menjadi lebih kuat dan terhindar dari bakteri yang dapat merusak gigi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi keju tidak hanya dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker. Namun, mengonsumsi keju juga dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung.

Itu karena keju dapat memiliki lemak tak jenuh alami yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang pada akhirnya dapat membantu dalam menyehatkan kondisi jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Keju untuk Tubuh

3. Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga kesehatan otak sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jantung karena otak merupakan satu di antara organ vital di dalam tubuh yang paling penting.

Mengonsumsi keju dapat membantu dalam menjaga kesehatan otak. Itu karena di dalam keju terdapat antioksidan yang bernamaĀ glutathione.

Antioksidan tersebut dapat menjaga kesehatan otak, mencegah gangguan otak yang berkaitan dengan usia, dan mencegah kehilangan memori. Selain itu keju juga mengandung omega-3 yang dapat membantu menyehatkan otak.

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Mengonsumsi keju dapat membantu kamu dalam meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh karena pada keju terdapat lemak baik yang muncul saat proses fermentasi.

Sensitivitas insulin yang terjaga dapat menghindarkannya dari resistensi, yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi, dan menimbulkan diabetes.

Konsumsilah keju sebagai campuran saat membuat roti lapis atau berbagai macam masakan lainnya yang sedang kamu buat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Keju untuk Tubuh

5. Menurunkan Tekanan Darah

KamuĀ dapat menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi keju secara rutin. Hal tersebut disebabkan karena kandungan kalsium pada keju. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, konsmsilah keju yang rendah lemak dan garam.

Selain itu, jamur yang dihasilkan dari proses fermentasi saat pembuaatan keju dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat sehingga tekanan darah dapat dengan mudah dikontrol.

6. Mencegah Kanker

Manfaat keju yang satu ini mungkin tidak terlalu diketahui oleh banyak orang. Namun, mengonsumsi keju secara rutin dapat dengan efektif mencegah munculnya kanker.

Itu karena di dalam keju terkandungĀ asam linoleat yang bertugas untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel di dalam tubuh.

Selain itu keju juga mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menghindarkannya dari berbagai macam penyakit.

Ā 

Sumber:Ā Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer