Sukses


Arti Reklame Embalase beserta Tujuan, Fungsi, dan Bagian-bagiannya

Bola.com, Jakarta - Reklame adalah sebuah papan poster berukuran besar yang ditempatkan di pinggir jalan. Reklame sering digunakan untuk menginformasikan suatu barang atau jasa serta pengumuman lainnya.

Ada beberapa jenis reklame. Satu di antara jenis reklame adalah embalase. Mungkin belum banyak yang tahu apa itu reklame embalase.

Embalase adalah jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan sebagai sarana promosi atas produk tersebut.

Promosi tersebut dibentuk sebagai bentukĀ packaging yang melekat pada produk. Selain sebagai pembungkus, embalase dapat digunakan sebagai sumber informasi produk yang dikemasnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, embalase adalah kata benda (nomina) yang diartikan sebagai bahan dan sebagainya yang dipakai untuk pengemasan serta pengepakan barang.

Agar makin paham, berikut penjelasan lebih lanjut tentang reklame embalase, dilansir dari laman Maxipro, Rabu (16/8/2023).

2 dari 4 halaman

Bagian-Bagian Reklame Embalase

1. Gambar dan Nama Produk (Depan)

Secara umum, pada bagian muka atau depan produk, terdapat identitas produk tersebut beserta gambar atau logo yang menjadi ciri khasnya.

Sebagai tambahan, ada informasi lainnya seperti nama produk, jenis atau varian produk, ukuran danĀ berat produk, serta keterangan lainnya.Ā 

Penulisan yang dianggap penting akan ditulis dengan huruf besar. Pada bagian ini, kamu juga bisa menuangkan kreativitas untuk menarik perhatian konsumen.

2. Informasi Detail Produk (Belakang)

Di bagian belakang produk, biasanya terdapat informasi detail mengenai produk tersebut. Informasi yang dimaksud meliputi tanggal kedaluwarsa,Ā barcode, nilai gizi,Ā  komposisi, serta manfaat produk.

AdanyaĀ informasi tersebut akan menjadi bahan pertimbangan bagi calon konsumen untuk membeli produk tersebut atau tidak.Ā 

Berbeda dengan bagian depan yang dapat dibuat semenarik mungkin, bagian belakang seharusnya memuat fakta dan detail mengenai produk.

3 dari 4 halaman

Fungsi dan Tujuan Reklame Embalase

Reklame embalase memiliki dua fungsi dalam satu produk, yakni:Ā 

1. Sebagai Pembungkus Pelindung Barang/Produk

Diartikan sebagaiĀ packaging, membuat reklame embalase memiliki fungsi sebagai pembungkus produk yang dikemas di dalamnya.

Selain sebagai sarana promosi visual, embalase menjadi pelindung produk dari udara luar yang bisa merusak atau mengubah fisik dan unsur dari produk.

2. Sebagai Daya Tarik dan Pemberi Informasi pada Pembeli

Tidak hanya sebagai pembungkus, embalase memberikan informasi mengenai produk yang yang dikemas. Informasi yang diberikan sebaiknya berdasarkan fakta sehingga mampu membangun loyalitas pada konsumen.

Di sisi lain, dengan embalase yang tampilannya menarik dapat meningkatkan daya tarik dan menangkap perhatian dari siapa pun yang melihatnya.Ā 

Tujuan Reklame

Dalam istilah reklame, dikenal adanya dua jenis tujuan pembuatan reklame, yakni reklame komersial dan non komersial.

1. Reklame KomersialĀ 

Jenis reklame ini memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari produk, baik barang atau jasa yang ditawarkan masyarakat.

2. Reklame Non KomersialĀ 

Reklame jenis ini bersifat non profit sehingga dibuat untuk memberikan informasi tertentu dan mengajak masyarakat untuk melakukan isi dari reklame tersebut.

Biasanya reklame ini dibuat oleh pemerintah untuk memberikan informasi pada publik secara umum mengenai imbauan maupun larangan.

Jadi,Ā reklame embalase termasuk reklame komersial. Hal ini dikarenakan embalase dibuat sebagai media promosi yang mampu menarik perhatian calon konsumen untuk membelinya.

4 dari 4 halaman

Jenis Bahan Reklame Embalase

  1. Plastik:Ā bahan yang paling banyak digunakan karena mudah didapat dan harganya murah.
  2. Kertas:Ā digunakan untuk produk padat dan sedikit mengandung air.
  3. Kaca:Ā bahan yang kuat dan tahan terhadap kerusakan sehingga membuat produk lebih awet.
  4. Kaleng:Ā mampu menghindarkan produk dari paparan serangga, mikroba, dan benda asing.

Ā 

Sumber:Ā Maxipro

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer