Sukses


Arti Nifas beserta Periodenya

Bola.com, Jakarta - Masa nifas merupakan masa atau periode setelah persalinan hingga 40 hari setelah persalinan. Masa nifas adalah periode di mana rahim membuang darah dan sisa-sisa jaringan ekstra setelah bayi dilahirkan selama masa persalinan.

Lama masa nifas pada setiap wanita berbeda-beda. Umumnya masa nifas paling lama adalah enam minggu. Pada masa nifas teejadi pengeluaran darah kotor atau lochea dari kemaluan wanita.

Pada masing-masing periode, darah nifas akan berbeda warna dan konsistensinya seiring dengan berjalannya pemulihan rahim.

Terlepas dari melahirkan secara normal atau operasi caesar, masa nifas yang ditandai dengan adanya perdarahan dan keluarnya cairan dari vagina.

Selama masa nifas, tubuh akan mengeluarkan sisa darah dan jaringan yang tersisa dari rahim saat hamil. Pada minggu-minggu pertama, darah yang keluar biasanya akan lebih banyak dan terlihat seperti gumpalan.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang masa nifas, dilansir dari laman yankes.kemkes.go.id, Sabtu (19/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Periode Lochea atau Pembuangan Darah Kotor

24 jam pertama pasca melahirkan

Pada 24 jam pertama pasca melahirkan bayi, perdarahan paling berat akan terjadi dengan berwarna merah cerah. Anda juga akan mendapati beberapa gumpalan darah kecil hingga sebesar buah tomat. Hal ini masih tergolong normal.

Minggu pertama

Hari ke 2-6, darah nifas akan berwarna cokelat gelap hingga merah muda, dan memiliki konsistensi yang lebih encer. Anda juga mungkin akan merasakan nyeri di vagina jika persalinan berlangsung spontan.

Minggu kedua

Hari ke 7-10, darah nifas akan berwarna merah muda hingga cokelat muda. Perdarahan juga lebih ringan dari enam hari sebelumnya. Pada hari ke 11-14, warna darah akan lebih terang dan lebih sedikit.

Minggu ketiga hingga keempat

Dalam 3-4 minggu masa nifas, warna darah yang keluar biasanya berwarna krem dengan sedikit garis cokelat atau merah muda. Bagi sebagian orang, masa nifas dapat selesai pada minggu ini.

Minggu kelima hingga minggu keenam

Dalam 5-6 minggu mengakhiri nifas, perdarahan biasanya sudah berhenti. Namun, terkadang masih terdapat bercak-bercak darah warna cokelat merah dan kuning.

 

Sumber: Yankes.kemkes.go.id

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer