Sukses


15 Hadis tentang Menuntut Ilmu, Lengkap dengan Artinya

Bola.com, Jakarta - Bagi setiap muslim, menuntut ilmu hukumnya adalah wajib. Tanpa ilmu, seorang muslim bisa melakukan kesalahan, terutama saat beribadah.

Ibadah yang salah atau tidak sesuai dengan tuntunan ajaran Islam tidak akan diterima oleh Allah Swt.

Kedudukan ilmu dalam agama Islam sama derajatnya dengan pergi berperang untuk jihad. Hal ini menjelaskan bahwa menuntut ilmu itu sangat penting bagi setiap muslim.

Bahkan sangat jelas diterangkan pada ayat suci Al-Qur'an. Allah Swt., telah berfirman dalam Al-Qur'an surah Al Mujadalah ayat 11:

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat."

Selain ayat tersebut, masih banyak dalil hadis yang mana di dalamnya menjelaskan pentingnya menuntut ilmu bagi umat muslim.

Berikut ini 15 hadis tentang menuntut ilmu yang perlu dipahami umat muslim, dikutip dari laman Fiqihmuslim dan Santripedia, Selasa (22/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Menuntut Ilmu

Hadis tentang Menuntut Ilmu 1

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

"Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barang siapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula". (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 2

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

"Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 3

مٍطَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

"Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap orang Islam." (HR. Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Ibnu Abdil Barr, dan Ibnu Adi, dari Anas bin Malik)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 4

مَْن سَلَكَ طَرِْيقًا َيلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا ِإلىَ اْلجَنَّةِ (رواه مسلم

"Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga." (HR. Muslim)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 5

مُجَالَسَةُ الْعُلَمَاءِ عِبَادَةٌ . (الديلمى )

“Duduk bersama para ulama adalah ibadah." (HR. Al-Dailami)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Menuntut Ilmu

Hadis tentang Menuntut Ilmu 6

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْا ، قَالُوْا : يَارَسُوْلَ اللَّهِ ، وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ ؟ قَالَ : مَجَالِسُ الْعِلْمِ . (الطبرانى)

"Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah hingga puas. Para sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, apa yang dimaksud taman-taman surga itu?' Nabi Muhammad saw. menjawab, 'majelis-majelis taklim/ilmu'." (HR. Al-Thabrani)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 7

نَّ مِنْ إِجْلاَلِ اللَّهِ ، إِكْرِامَ الْعِلْمِ وَ الْعُلَمَاءِ ، وَذِى الشَّيْبَةِ الْمُسْلِمِ ، وَإِكْرَامَ حَمَلَةَ الْقُرْاَنِ وَ أَهْلِهِ ، وَ إِكْرَامَ السُّلْطَانِ الْمُقْسِطِ . ( ابوداود والطوسى )

"Termasuk mengagungkan Allah ialah menghormati (memuliakan) ilmu, para ulama, orang tua yang muslim dan para pengemban Al-Qur'an dan ahlinya, serta penguasa yang adil." (HR. Abu Dawud, dan Al-Thusiy)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 8

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ النَِّبيُ صلى الله عليه وسلم : لاَحَسَدَ إِلاَ فِي اثْنَتَيْنِ : رَجُلٌ أَتَاهُ اللهُ مَا لاً فَسُِّلطَ عَلىَ هَلَكِتهِ فيِ الَحقّ ِ, وَ رَجُلٌ أَتَاهُ اللهُ الْحِكْمةَ فَهُوَ يَقْضِى ِبهَا وَيُعَلِمُهَا (رواه البجاري)

"Dari Abdullah bin Mas’ud r.a. Nabi Muhamad saw. pernah bersabda: 'Janganlah ingin seperti orang lain, kecuali seperti dua orang ini. Pertama, orang yang diberi Allah kekayaan berlimpah dan ia membelanjakannya secara benar, kedua orang yang diberi Allah Al-Hikmah dan ia berprilaku sesuai dengannya dan mengajarkannya kepada orang lain'." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 9

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ : إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

"Apabila manusia telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga amalan: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan dia." (HR. Muslim)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 10

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

إِنَّ مِنْ أَشَدِّ النَّاسِ عَذَابًا يَوْمَ القِيَامَةِ عَالِمٌ لَمْ يَنْفَعْهُ اللَّهُ بِعِلْمِهِ . ( البيهقي )

“Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat." (HR. Al-Baihaqy)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Menuntut Ilmu

Hadis tentang Menuntut Ilmu 11

تَنَاصَحُوْا فِى الْعِلْمِ ، وَلاَ يَكْتُمْ بَعْضُكُمْ بَعْضُا ، فَإِنَّ خِيَانَةً فِى الْعِلْمِ أَشَدُّ مِنْخِيَانَةٍ فِى الْمَالِ . ( ابو نعيم )

"Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta." (HR. Abu Nu’ai)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 12

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُرِيدُ إِلَّا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ

"Siapa yang bersegera pergi ke masjid hanya untuk tujuan belajar kebaikan atau mengajarkannya maka ia mendapatkan pahala seperti ibadah haji secara sempurna." (HR. Ath-Thabrani no. 7473)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 13

مَنْهُومَانِ لَا يَشْبَعَانِ: مَنْهُومٌ فِي عِلْمٍ لَا يَشْبَعُ، وَمَنْهُومٌ فِي دُنْيَا لَا يَشْبَعُ

"Dua ambisi yang tidak pernah kenyang, yaitu ambisi ilmu tidak akan kenyang dan ambisi dunia tidak akan kenyang." (HR. Al-Hakim no. 312)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 14

إِنَّمَا الْعِلْمُ بِالتَّعَلُّمِ، وَإِنَّمَا الْحِلْمُ بِالتَّحَلُّمِ، مَنْ يَتَحَرَّى الْخَيْرَ يُعْطَهُ، وَمَنْ يَتَّقِ الشَّرَّ يُوقَهُ

"Ilmu itu hanya (diperoleh) lewat belajar, sementara kesantunan lewat berusaha santun. Siapa yang melatih diri dengan kebaikan maka ia akan diberi dan siapa yang menjaga diri dari keburukan maka ia akan dijaga." (HR. Ath-Thabrani no. 2663)

Hadis tentang Menuntut Ilmu 15

فَضْلُ الْعِلْمِ خَيْرٌ مِنْ فَضْلِ الْعِبَادَةِ، وَخَيْرُ دِينِكُمُ الْوَرَعُ

"Keutamaan ilmu lebih baik daripada keutamaan ibadah, dan agama terbaik bagi kalian adalah sikap wara." (HR. Al-Hakim no. 317)

 

Sumber: Fiqihmuslim, Santripedia

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer