Sukses


5 Contoh Teks Dakwah Islami dengan Tema Menarik

Bola.com, Jakarta - Dakwah merupakan suatu kegiatan yang identik dengan hal keagamaan. Dakwah sering dijumpai di lingkungan masyarakat, terutama tempat ibadah.

Dakwah lazimnya disampaikan oleh seorang ahli agama atau sosok yang berpengaruh, seperti kiai, ustaz atau ustazah, dan lain sebagainya.

Dakwah yang disampaikan umumnya mengandung pesan berisi nasihat, petunjuk, hingga petuah keagamaan.

Pada hakikatnya, dakwah merupakan seni menyampaikan nasihat bertujuan untuk mengajak banyak orang kepada jalan yang benar.

Jika kamu ditunjuk untuk menyampaikan dakwah, tetapi belum mempersiapkan materi, kamu bisa mencermati beberapa contoh dengan tema menarik di bawah ini.

Berikut ini lima contoh teks dakwah Islami yang dapat dijadikan sebagai referensi, dikutip dari laman Pendidikanpedia dan Sahabatnesia, Senin (21/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Teladan Nabi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji dan syukur selalu terlimpah curahkan kepada Illahi Robbi karena nikmat yang beribu-ribu telah Ia berikan kepada kita semua.

Selawat dan salam senantiasa kita panjatkan kepada nabi tercinta, Nabi Muhammad saw. yang menolong kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang. 

Kita pasti semua tahu siapa itu Nabi Muhammad saw., nabi akhir zaman, sekaligus pemimpin seluruh umat yang memiliki sifat jujur, amanah, penyayang dan pengasih. Sebuah contoh yang patut kita teladani.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 261 Allah Swt., berfirman yang artinya: "Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah saw. itu suri teladan yang baik bagimu". (QS. Al-Baqarah: 261)

Firman yang sangat jelas dari yang Maha Kuasa untuk menyuruh kita meneladani sikap serta sifat Rasulullah saw. Jangan menjadi seorang yang munafik, yang hanya bisa mengucap mencintai Nabi Muhammad saw., tapi sama sekali tak melaksanakan sunahnya.

Telah dicontohkan oleh Rasul bagaimana cara kita menjalani hidup sesuai ketuntuan agama. Oleh karena itu, marilah kita pelajari bagaimana akhlak serta sifat beliau dan mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih, semoga hadirin sekalian mendapat manfaat dari apa yang telah saya sampaikan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

3 dari 6 halaman

Keselamatan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin yang senatiasa dirahmati Allah Swt.,

Mari kita panjatkan puji dan syukur atas rahmat yang tiada hentinya dari Allah Swt.

Tak lupa selawat serta salam selalu terlimpah curahkan kepada junjungan alam Nabi Muhammad saw., keluarganya, para sahabat, dan kita selaku umatnya.

Seperti yang hadirin sekalian tahu, bahwa setiap hal yang ingin kita lakukan pasti ada doanya mulai masuk rumah hingga bepergian. Namun, kenapa ya kita harus baca doa keselamatan saat ingin bepergian?

Karena Rasulullah bersabda: "Barang siapa membaca doa (tersebut) maka ia ditetapkan dengan ucapan, 'Kamu sudah ditunjuki, dan dicukupi kebutuhan dunia dan akhiratmu, dijaga serta dihindarkan dari gangguan setan". (HR. Abu Daun, Turmudzi, Nasai).

Setiap doa bertujuan untuk menghindarkan diri dari gangguan setan yang terkutuk. Selain berdoa, kita juga perlu ikhtiar, contohnya memakai helm, jaket, dan perangkat safety lainnya saat bepergian.

Semua alat safety hanya akan melindungi diri dari benturan saja, tak bisa menghindarkan dari gigitan ular, sengatan lebah, nyamuk malaria hingga gangguan serius dari makhluk halus, seperti jin, setan, genderuwo, dan lain-lain.

Namun, lain halnya jika hadirin sekalian membaca doa, Insyaallah lengkap sudah seperangkat alat safety kita. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih, semoga bermanfaat dunia akhirat. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

4 dari 6 halaman

Persaudaraan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin sekalian, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Illahi Rabbi, Allah Swt. Atas hidayah, rahmat dan berkat-Nya kita diberi nikmat sampai saat ini.

Tak lupa selawat serta salam kita panjatkan Nabi Muhammad saw., juga keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatnya hingga akhir zaman.

Agama Islam merupakan agama yang indah, agama yang mempersaudarakan semua umatnya. Baik persaudaraan sesama umat Islam maupun persaudaran sedarah.

Allah Swt., berfirman dalam QS. Al-Hujarat ayat 10. 

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."

Dalam ayat tersebut sudah jelas, bahwasanya persaudaraan sesama muslim merupakan hal yang penting. Walau persaudaraan sesama muslim bukan persaudaraan sedarah, tapi jika kita semua seiman dan seislam maka akan terlahir keindahan saat kita semua bercengkrama layaknya keluarga.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang tadi sampaikan dapat diambil manfaat serta hikmah di dalamnya.

Terima kasih atas perhatiannya, akhirul kalam.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

5 dari 6 halaman

Iman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah Swt., Tuhan semesta alam sebab atas karunia dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama di sini dalam keadaan sehat walafiat.

Selawat serta salam dicurahkan kepada baginda agung Nabi Muhammad saw., keluarga dan sahabatnya, dan kita selaku umatnya.

Hadirin yang berbahagia,

Mungkin dari kita sudah mengenal apa itu iman. Namun, apakah yakin jika iman yang kalian tahu merupakan penjabaran yang sesungguhnya?

Iman memiliki arti dalam bahasa yakni tashdiq (membenarkan). Sedangkan dalam istilah syar'i iman berarti keyakinan dalam hati, dan pengakuan dalam lisan serta perbuatan.

Sungguh iman ini memiliki rasa khusus dalam hati, rasa manis bagi mereka yang taat dalam menjalankan ibadah dan menjauhi segala larangan-Nya. Tak semua orang dapat merasakannya, kebanyakan dari mereka hanya mengakui dalam lisan dan pikiran. 

Ketauhilah, bahwasannya Allah Swt., mencintai setiap hamba-hamba-Nya yang beriman. Dari cinta itulah Allah Swt. akan memberi setiap kenikmatan di dunia maupun kelak nanti di akhirat.

Hadirin sekalian,

Mari kita bersama sama tingkatkan keimanan kita, hanya dengan itu kita akan dipermudah saat jalan di muka bumi ini, juga di akhirat nanti.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6 dari 6 halaman

Hari Kiamat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Seluruh puji serta syukur kita panjatkan bagi Allah Swt. yang tak henti-hentinya memberi kita nikmat iman dan Islam hingga saat ini.

Tak lupa selawat serta salam selalu terjunjung kepada pemimpin seluruh umat yakni Nabi Muhammad saw., seluruh keluarga juga para sahabatnya.

Seperti yang kita tahu bahwa kiamat merupakan sebuah bencana besar yang akan meluluh lantahkan seluruh alam semesta. Kita tak akan bisa lari darinya, seberapa keras pun berusaha.

Kiamat akan terjadi kapan pun dan tak ada seorang pun yang mengetahui kecuali Allah Swt. Kita hanya perlu percaya pada hari kiamat sebagaimana yang telah tercantum dalam rukum iman ke-5, "Percaya pada Hari Akhir". 

Tak ada yang tahu, bahkan Nabi Muhammad saw. sekalipun. Namun, beliau telah memberikan tanda-tanda sebelum datangnya hari kiamat, seperti terbitnya matahari dari sebelah barat, lenyapnya Al-Qur'an, turunnya Dajal, dan lain sebagainya. 

Maka itu, tak ada alasan untuk kita berleha-leha dalam menjalankan ibadah dan menjauhi segala larangannya agar jika nanti datang hari kiamat, kita sudah siap untuk menjalani kehidupan selanjutnya.

Demikianlah nasihat yang dapat saya sampaikan, semoga bisa mengambil manfaat di dalamnya. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

 

Sumber: Pendidikanpedia, Sahabatnesia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer