Sukses


12 Hadis tentang Kebersihan, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Siapa pun pastinya pernah mendengar kalimat "kebersihan adalah bagian dari iman". Ungkapan ini menggambarkan bahwa kebersihan merupakan sesuatu yang dianggap penting dalam ajaran Islam.

Dalam Islam, setiap muslim diwajibkan agar senantiasa menjaga kebersihan. Entah menjaga kebersihan badan maupun kebersihan lingkungan atau tempat tinggal. Sebab, kebersihan menjadi bagian dari ibadah. Selain itu, kebersihan juga cerminan pribadi seorang muslim.

Pada hakikatnya, menjaga kebersihan merupakan satu di antara perintah Allah Swt. untuk umat muslim. Perintah tersebut dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 222 yang berbunyi.

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya: "Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri."

Selain dalam ayat Al-Qur'an, persoalan kebersihan juga tertuang dalam banyak hadis Rasulullah saw.

Berikut ini 12 hadis tentang kebersihan yang bisa dipelajari umat muslim, dikutip dari laman Fiqihmuslim dan Pabrikjammasjid, Rabu (23/8/2023).

2 dari 5 halaman

Hadis tentang Kebersihan

Hadis tentang Kebersihan 1

اَلنَّظَافَةٌ مِنَ اﻻِيْمَانِ٠﴿ﺮﻮﺍﻩ ﺍحمد

"Kebersihan itu sebagian dari iman." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Kebersihan 2

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

"Sesungguhnya Allah Ta'ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu." (HR. At- Tirmidzi)

Hadis tentang Kebersihan 3

اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: بَيْنَمَارَجُلٌ يَمْشِى بِطَرِيْقٍ وَجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ فَأَخَذَهُ فَشَكَرَاللهُ لَهُ فَغَفَرَلَهُ

"Bahwsanya Rasulullah saw. bersabda, 'Ketika seorang laki-laki sedang berjalan di jalan, ia menemukan dahan berduri, maka ia mengambilnya (karena mengganggunya). Lalu Allah Swt. berterima kasih kepadanya dan mengampuni dosanya'." (HR. Bukhari)

3 dari 5 halaman

Hadis tentang Kebersihan

Hadis tentang Kebersihan 4

اَلاِسْلاَمُ نَظِيْفٌ فَتَنَظَّفُوْافَاِنَّهُ لاَيَدْخُلُ الْجَنَّةَ اِلاَّ نَظِيْفٌ

"Agama Islam adalah agama yang bersih dan suci. Karena itu kamu harus menjaga kebersihan. Maka sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali hanya orang-orang yang suci." (HR. Al-Baihaqi)

Hadis tentang Kebersihan 5

وقد أمر النبي لنا ببناء المساجد في أماكن إقامتهم وتنظيفها والاحتفاظ بها نظرا العطر

Dari Aisyah r.a. berkata: Rasulullah saw. telah memerintahkan kepada kami untuk membangun masjid di tempat-tempat tinggal dan agar selalu dibersihkan serta diberi wangi-wangian. (HR Ahmad, Tirmidzi, lbn Majah dan Abu Dawud)

Hadis tentang Kebersihan 6

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِفْتَاحُ الصَّلاةِ الطُّهُورُ (رواه التيرمدى

Dari Abu Sa'id berkata, Rasulullah saw., bersabda, 'Kunci dari salat adalah bersuci'." (HR. At- Tirmidzi: 221)

4 dari 5 halaman

Hadis tentang Kebersihan

Hadis tentang Kebersihan 7

وعن أبي مَالِكٍ الْحَارِثِ بْنِ عَاصِم الأشْعريِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيمَان

Dari Abu Malik Al-Harits bin ‘Ashim Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, 'Bersuci itu setengah dari iman'. (HR. Muslim: 223)

Hadis tentang Kebersihan 8

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: “اتَّقُوا اللَّعَّانَيْنِ” قَالُوا: وَمَا اللَّعَّانَانِ يَا رَسُولَ اللّهِ؟ قَالَ: “الَّذِي يَتَخَلَّى فِي طَرِيقِ النَّاسِ أَوْ فِي ظِلِّهِمْ”. رواه مسلم

"Hati-hatilah terhadap dua perkara yang menyebabkan pelakunya dilaknat Para sahabat bertanya, 'Apakah dua perkara penyebab laknat orang itu wahai Rasulullah?' Rasulullah saw. menjawab, Yaitu orang yang buang air besar di jalan tempat orang lewat atau di naungan tempat orang singgah untuk beristirahat atau duduk-duduk'." (HR. Muslim)

Hadis tentang Kebersihan 9

عن أبي هريرة -رضي الله عنه- قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (الإِيمانُ بضْعٌ وسَبْعُونَ، أوْ بضْعٌ وسِتُّونَ، شُعْبَةً، فأفْضَلُها قَوْلُ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ، وأَدْناها إماطَةُ الأذَى عَنِ الطَّرِيقِ، والْحَياءُ شُعْبَةٌ مِنَ الإيمانِ

"Iman itu ada 70 sekian cabang atau 60 sekian cabang. Cabang iman yang paling utama adalah ucapan Laa ilaaha illallah dan cabang yang paling rendah adalah menyingkirkan semua gangguan dari jalan. Dan rasa malu adalah cabang dari iman." (HR. Muslim: 35)

5 dari 5 halaman

Hadis tentang Kebersihan

Hadis tentang Kebersihan 10

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

"Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi salat Jumat maka hendaklah ia mandi." (HR. Al- Bukhari: 877 dan Muslim: 844)

Hadis tentang Kebersihan 11

عن أبي هريرة -رضي الله عنه-، عن النبي -صلى الله عليه وسلم- قال: وإذَا اسْتَيْقَظَ أحَدُكُمْ مِن نَوْمِهِ فَلْيَغْسِلْ يَدَهُ قَبْلَ أنْ يُدْخِلَهَا في وَضُوئِهِ؛ فإنَّ أحَدَكُمْ لا يَدْرِي أيْنَ بَاتَتْ يَدُه

"Apabila salah seorang dari kalian bangun tidur maka cucilah tangannya sebelum memasukkan tangan ke tempat air wudunya. Sesungguhnya dia tidak mengetahui di mana tangannya bermalam." (HR. Muslim: 269)

Hadis tentang Kebersihan 12

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( لَوْلاَ أنْ أشُقَّ عَلَى أُمَّتِي – أَوْ عَلَى النَّاسِ – لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلاَةٍ )) متفقٌ عَلَيْهِ 

"Kalau saja tidak memberatkan umatku atau tidak memberatkan manusia, aku pasti memerintahkan mereka untuk bersiwak bersamaan dengan setiap kali salat." (HR. Al- Bukhari: 887 dan Muslim: 452)

 

Sumber: Fiqihmuslim, Pabrikjammasjid

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer