Sukses


5 Contoh Teks Eksposisi Berbagai Tema, Lengkap dengan Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks eksposisi tanpa disadari kerap kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Teks eksposisi biasanya ada pada iklan, poster, slogan, pengumuman, editorial, tajuk rencana, esai, ceramah, hingga pembelaan hukum.

Teks eksposisi adalah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang ditulis secara singkat dan padat, juga disertai pendapat dari penulisnya.

Informasi yang disajikan dalam teks eksposisi umumnya disertai argumen dan alasan yang disusun dari hasil penelitian, pendapat ahli, kesaksian atau kutipan, hingga alasan sendiri yang masuk akal.

Dari penjabaran di atas bisa disimpulkan bahwa teks eksposisi ditulis berdasarkan informasi, data, dan fakta yang benar-benar terjadi untuk menjelaskan suatu hal kepada pembaca.

Untuk membuat teks eksposisi tidak boleh asal-asalan. Ada tiga struktur yang perlu dicermati, yakni pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, penegasan ulang.

Berikut ini lima contoh teks eksposisi berbagai tema, lengkap dengan strukturnya, dikutip dari laman Cundamani dan Pendidikanpedia, Kamis (24/8/2023).

2 dari 6 halaman

Pisang yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

  • Pernyataan Pendapat (Tesis)

Buah-buahan seperti pisang, memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menggantikan kandungan elektrolit yang hilang dalam tubuh, kalium pada pisang bisa menurunkan tekanan darah.

Sebab, kalium bisa menurunkan kadar natrium dalam tubuh yang menjadi satu di antara penyebab tekanan darah tinggi.

  • Argumentasi

Untuk lebih ampuhnya, kamu juga harus mengimbangi dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam dan lemak.

Sebaiknya kamu mengonsumsi buah ini dua kali sehari, yaitu jadi pengganti menu sarapan dan saat makan malam. Kamu bisa mengonsumsi pisang secara utuh atau mencampurnya ke dalam sereal favorit. 

  • Penegasan Ulang

Mengonsumsi satu buah pisang bisa membuat tekanan darah lebih stabil. Diet kalium yang tinggi bisa memengaruhi ginjal agar mengeluarkan lebih banyak garam dan air yang akan meningkatkan ekskresi kalium.

Urusan memilih pisang, pilihlah pisang yang belum terlalu matang atau masih yang berwarna hijau. Sebab, kandungan gula yang terkandung di dalamnya lebih rendah serta serat yang dihasilkan lebih tinggi.

3 dari 6 halaman

Hewan

  • Pernyataan Pendapat (Tesis)

Hewan bisa dibagi ke dalam berbagai jenis dilihat dari makanannya, yakni meliputi hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.

  • Argumentasi

Hewan herbivora merupakan istilah untuk hewan yang mempunyai jenis makanan berbentuk tanaman. Posisi hewan herbivora ini ada pada konsumen tingkat pertama di dalam rantai makanan.

Beberapa jenis hewan yang masuk ke kategori hewan herbivora, yaitu belalang, sapi, kambing, kuda, dan keledai. Selanjutnya, hewan karnivora yaitu sebutan untuk hewan yang memakan atau memangsa jenis hewan yang lain.

Hewan karnivora ini juga disebut sebagai hewan predator untuk hewan herbivora. Beberapa jenis hewan yang masuk kategori hewan karnivora, yaitu harimau, harimau, musang, dan serigala.

  • Penegasan Ulang

Dapat kita ketahui hewan omnivora merupakan hewan yang pemakan segalanya, dapat memakan tanaman dan hewan lainnya/daging. Beberapa jenis hewan yang masuk ke kategori omnivora, yaitu bebek, ayam, beruang, dan orang utan.

4 dari 6 halaman

Bahaya Membuang Sampah di Sungai

  • Pernyataan Pendapat (Tesis)

Di era globalisasi sekarang ini, kegiatan membuang sampah sembarangan di sungai seolah telah dijadikan sebagai hal yang lazim.

Bahkan jumlah orang yang membuang sampah sembarangan di kota makin bertambah. Hal tersebut membuat aliran sungai tersumbat dengan sampah–sampah tersebut sehingga pada saat hujan turun dengan intensitas yang terus–menerus, membuat sungai meluap serta menimbulkan bencana banjir.

  • Argumentasi

Dari waktu ke waktu, jumlah individu yang membuang sampah sembarangan terutama di sungai terus meningkat, hal tersebut kesimpulan dari banyak pengamat.

Manusia masih belum merasa kapok membuang sampah di sungai yang dapat membuat banjir. Padahal, korban dari bencana banjir itu sendiri tidak sedikit.

Telah banyak korban luka-luka maupun meninggal dunia akibat banjir. Namun, hal tersebut tersebut masih belum cukup guna memberi kesadaran pada orang-orang yang masih saja membuang sampah sembarangan.

  • Penegasan Ulang

Seharusnya jika sudah mengetahui efek tersebut, orang-orang akan sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi agar tidak merugikan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan sekitar.

Apabila tidak ada sampah di sungai maka air sungai pun tak akan tersumbat serta menjadikan banjir dapat diminimalisasi, walau hujan deras terus- menerus.

5 dari 6 halaman

Manfaat Sarapan Pagi untuk Tubuh

  • Pernyataan Pendapat (Tesis)

Bukan tanpa sebab, sarapan pagi mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Menurut beberapa studi penelitian, sarapan dapat memberikan energi untuk kalian dalam memulai hari, untuk mengendalikan berat badan, dan guna meningkatkan kinerja serta konsentrasi.

Selain itu, sarapan bermanfaat untuk keterampilan kognitif otak yang dapat meningkatkan memori dalam menghasilkan konsentrasi tinggi.

  • Argumentasi

Dengan begitu banyaknya manfaat dari asupan sarapan, sebaiknya kalian jangan melewatkan sarapan di setiap harinya, ya!

Dengan kalian mau membiasakan diri untuk menyantap sarapan yang sehat pada setiap harinya maka hari-hari kalian akan terasa lebih baik.

  • Penegasan Ulang

Ketika tubuh tidur, kalian akan kehilangan asupan di dalam tubuh selama waktu beberapa jam. Maka itu, tubuh memerlukan untuk diisi kembali dengan asupan makanan bergizi nan sehat.

Dapat kalian bayangkan, apabila kalian melewatkan sarapan pagi maka perut kosong tersebut dapat terserang berbagai jenis penyakit.

6 dari 6 halaman

Manfaat Penggunaan Internet untuk Pendidikan

  • Pernyataan Pendapat (Tesis)

Internet membawa gaya hidup baru bagi manusia. Orang harus bisa menggunakan internet dalam kesehariannya. Dalam bidang pendidikan, internet juga membawa dampak besar.

Ada banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan dari internet baik oleh siswa maupun guru di bidang pendidikan.

  • Argumentasi

Pertama, siswa bisa menggunakan internet untuk mencari materi tentang mata pelajaran yang mereka pelajari di sekolah. Mereka juga bisa mencari banyak informasi secara mandiri sehingga siswa bisa belajar sendiri di rumah secara online.

Internet juga menawarkan banyak media pembelajaran gratis supaya siswa bisa tetap belajar kapan pun dan di mana pun.

Kedua, pendidikan daring memberikan siswa kenyamanan untuk menyelesaikan tugas sesuai jadwal dan mendapatkan pembelajaran jarak jauh.

Hal ini akan sangat dirasakan oleh siswa yang sering bepergian jauh dan tetap bisa mengikuti kelas baik di kedai kopi, di kamar hotel maupun di rumah.

Internet membuat siswa mendapatkan pengetahuan lebih mudah dan menghemat uang juga waktu mereka.

Ketiga, internet juga bisa memberikan energi terhadap proses pembelajaran. Biasanya siswa akan lebih semangat dalam belajar kalau gurunya memberikan media yang menyenangkan bagi mereka.

Hal tersebut membuat siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang diberikan karena pada saat itu mereka merasa senang mengikuti kelas.

  • Penegasan Ulang

Kesimpulannya, internet tentu sangat berguna untuk pendidikan. Siswa bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Dari sekian banyak manfaatnya, kita bisa ambil kesimpulan bahwa internet dapat membuat pendidikan menjadi lebih baik.

 

Sumber: Cundamani, Pendidikanpedia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer