Sukses


11 Hadis tentang Sabar yang Perlu Diteladani

Bola.com, Jakarta - Sabar merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai Allah Swt. Umat muslim dianjurkan untuk senantiasa menjadi orang yang sabar

Selain itu, menjadi orang yang sabar merupakan satu di antara bentuk ketaatan kepada Allah Swt. Sebagaimana yang dijelaskan dalam satu di antara surah Al-Qur’an bahwa Allah Swt. bersama orang-orang yang bersabar.

وَٱصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ ٱلَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُم بِٱلْغَدَوٰةِ وَٱلْعَشِىِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُۥ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُۥ عَن ذِكْرِنَا وَٱتَّبَعَ هَوَىٰهُ وَكَانَ أَمْرُهُۥ فُرُطًا

Artinya: "Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas. (QS. Al-Kahfi: 28)

Allah akan mengganjar pahala bagi orang-orang yang bersabar ketika menghadapi kehidupan termasuk saat mengalami musibah. Namun, menjadi orang yang sabar bukanlah hal mudah untuk dilakukan.

Yuk, kita memahami hadis tentang sabar yang bisa menuntun dan menjadi pedoman umat muslim di kehidupan sehari-hari.

Berikut ini 11 hadis tentang sabar yang perlu diteladani, dikutip dari laman Fiqihmuslim dan Saintif, Rabu (23/8/2023).

2 dari 5 halaman

Hadis tentang Sabar

Hadis tentang Sabar 1

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُوْلَى

"Sabar itu ketika pertama kali mendapatkan musibah." (HR. Al-Bazzar dan Abu Ya'la)

Hadis tentang Sabar 2

ما من مسلم يصيبه أذى من مرض فما سواه إلا پو , گماط الشكر رها (رواه بخاری ومسلم

"Seorang muslim yang tertimpa suatu gangguan berupa penyakit atau yang lainnya pasti Allah akan menggugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya." (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Hadis tentang Sabar 3

وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللَّهُ، وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللَّهُ، وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنْ الصَّبْرِ

"Barang siapa yang berusaha menjaga diri maka Allah menjaganya, barang siapa yang berusaha merasa cukup maka Allah mencukupinya. Barang siapa yang berusaha bersabar maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran." (HR. Bukhari No. 1469)

3 dari 5 halaman

Hadis tentang Sabar

Hadis tentang Sabar 4

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيْمًا

"Jika kesabaran itu adalah seorang laki-laki maka sungguh ia adalah laki-laki yang mulia." (HR. Imam Abu Nu’aim dari sayyidah ‘Aisyah r.a.)

Hadis tentang Sabar 5

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ عِنْدَ الْمُصِيْبَةِ بِتِسْعِمِائَةِ دَرَجَةٍ

"Sabar ketika musibah (diganjar) dengan sembilan ratus derajat." (HR. An Nawawi)

Hadis tentang Sabar 6

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمَهَا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ تَعَالَى

"Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah daripada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari rida Allah Ta'ala." (HR. Imam Ahmad dan Imam At-Thabarani dari sahabat Ibnu ‘Umar r.a.)

4 dari 5 halaman

Hadis tentang Sabar

Hadis tentang Sabar 7

إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلاَءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ فَمَنْ رَضِىَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ

"Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian, dan bahwa Allah, apabila menyayangi atau mencintai suatu kaum, maka Allah akan mengujinya, dan bagi siapa saja rida, maka baginya keridaan dari Allah, dan barang siapa yang membenci maka baginya kebenciaan dari Allah Swt." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Hadis tentang Sabar 8

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى مَا لِعَبْدِي الْمُؤْمِنِ عِنْدِي جَزَاءٌ إِذَا قَبَضْتُ صَفِيَّهُ مِنْ أَهْلِ الدُّنْيَا ثُمَّ احْتَسَبَهُ إِلَّا الْجَنَّةُ

"Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: 'Allah Ta’ala berfirman: Tidak ada balasan yang sesuai di sisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman, jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia, kemudian ia rela dan bersabar kecuali surga'." (HR. Bukhari No. 6424)

Hadis tentang Sabar 9

عجبًا لأمرِ المؤمنِ . إن أمرَه كلَّه خيرٌ . وليس ذاك لأحدٍ إلا للمؤمنِ . إن أصابته سراءُ شكرَ . فكان خيرًا له . وإن أصابته ضراءُ صبر . فكان خيرًا له

"Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar maka itu adalah kebaikan baginya." (HR. Muslim nomor 2999)

5 dari 5 halaman

Hadis tentang Sabar

Hadis tentang Sabar 10

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، قال: “لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرُعة، وَلَكِنَّ الشَّدِيدَ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

"Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Rasulullah saw. yang telah bersabda: orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya di kala sedang marah." (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis tentang Sabar 11

كان أحسن الناس خلقا، لم يكن فاحشا ولا متفحشا، ولا سخابا في الأسواق، ولا يجزي بالسيئة السيئة، ولكن يعفو ويصفح

"Adalah Rasulullah saw., orang yang paling bagus akhlaknya: beliau tidak pernah kasar, berbuat keji, berteriak-teriak di pasar, dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Malahan beliau pemaaf dan mendamaikan." (HR. Ibnu Hibban)

 

Sumber: Fiqihmuslim, Saintif

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer