Sukses


5 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam, Lengkap dengan Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Ada banyak fenomena yang terjadi di sekitar kita. Fenomena yang terjadi tersebut sering dijadikan inspirasi untuk penulisan teks eksplanasi.

Lantas, apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Teks eksplanasi merupakan sebuah karangan yang menyajikan penjelasan atas serangkaian fenomena dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan teks eksplanasi adalah untuk memberikan pemahaman secara detail dan jelas mengerti mengenai fenomena yang terjadi sekaligus menambah wawasan pembaca.

Dalam teks eksplanasi akan dijelaskan bagaimana fenomena tersebut terjadi, mulai penyebab hingga dampaknya.

Teks eksplanasi bersifat netral dan tidak condong ke arah mana pun. Maka itu, tulisan ini tidak boleh persuasif karena posisinya yang sekadar menjelaskan suatu fenomena.

Bisa dibilang, teks eksplanasi adalah teks yang menyajikan tentang fenomena yang bersifat informatif dan faktual. Ada beragam fenomena yang disajikan dalam teks eksplanasi.

Fenomena alam menjadi satu di antara topik yang paling umum dijadikan bahan penulisan teks eksplanasi.

Berikut ini lima contoh teks eksplanasi fenomena alam, lengkap dengan strukturnya, dikutip dari laman Mapel dan Fajarpendidikan, Kamis (24/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pelangi

  • Pernyataan Umum

Pelangi ataupun bianglala adalah sebuah fenomena alam yang dapat terjadi dikarenakan pembiasan dari cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi memiliki bermacam-macam warna yang sejajar serta ada di langit. Pelangi juga dianggap pula sebagai sebuah gejala optik.

Pada umumnya pelangi itu bentuknya busur. Masing-masing ujungnya mengarah kepada titik yang juga berbeda.

Pelangi juga tampak sebagai sebuah busur cahaya yang ujungnya mengarah kepada horizon di saat hujan ringan. Tidak jarang pelangi dapat dilihat pada sekitar air terjun yang sangat deras.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Pelangi juga muncul karena cahaya membias serta menyimpang untuk menjauhi partikel. Saat matahari itu terbenam maka langit juga akan menjadi merah dikarenakan sinar matahari yang melewati atmosfer yang jauh lebih tebal dari keadaan matahari pada siang hari.

Pelangi tak akan terlihat pada malam hari ataupun saat mendung. Hal ini juga menandakan jelas kalau pelangi merupakan peristiwa alam dikarenakan pembiasan cahaya.

Pada awalnya cahaya matahari yang melewati tetes hujan kemudian dibiaskan atau dibelokkan pada tengah tetes hujan sehingga membuat cahaya putih yang berubah menjadi sebuah warna spektrum.

  • Penutup

Pelangi dapat kita lihat saat sedang hujan dan matahari bersinar dari sebuah sisi yang berlawanan arah. Posisi kita juga harus ada pada antara matahari serta tetesan air dengan matahari pada belakang kita.

Mudahnya seperti ini, kita sebagai seorang pengamat, matahari, serta pusat busur dari pelangi sudah mesti selalu berada pada satu garis lurus.

Kita dapat menikmati keindahan warna-warni pada pelangi yang terdiri dari warna merah, hijau, jingga, kuning, nila, biru, dan ungu.

3 dari 6 halaman

Tanah Longsor

  • Pernyataan Umum

Beberapa kali kita melihat terjadinya peristiwa tanah longsor, terutama di area pegunungan. Baik dalam skala kecil ataupun dengan skala yang lebih luas. Hal ini tetap menimbulkan bahaya bagi warga di sekitarnya.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Tanah longsor lebih mudah terjadi pada saat musim hujan. Tebing dengan kondisi tanah yang kurang kuat akan runtuh ke bawah saat air hujan menggerus bagian tanah tersebut.

Makin besar volume tanah yang tergerus maka makin besar volume longsor yang terjadi. Makin besar kondisi hujan yang terjadi maka makin besar pula potensi terjadinya tanah longsor.

  • Penutup

Tanah longsor dapat dihindari dengan pembuatan turap di sekitar tebing yang berpotensi. Namun, demikian hendaknya warga yang ada di sekitar area tersebut selalu berhati-hati saat melewatinya.

4 dari 6 halaman

Gerhana Bulan

  • Pernyataan Umum

Gerhana bulan adalah peristiwa yang tidak sering terjadi. Tercatat, dalam satu tahun, gerhana bulan dapat terjadi hanya beberapa kali saja.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Gerhana bulan terjadi akibat tertutupnya penampang bulan oleh bayangan bumi. Sinar matahari tidak dapat mencapai permukaan bulan tersebut. Jadi, gerhana bulan akan muncul ketika bulan beroposisi dengan matahari.

  • Penutup

Menyaksikan gerhana bulan rupanya dapat dilakukan dengan mata telanjang. Untuk dapat melihatnya, sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu mengenai waktu terjadinya peristiwa tersebut yang akan datang.

5 dari 6 halaman

Gunung Meletus

  • Pernyataan Umum

Ada berbagai macam bencana alam di dunia, satu di antaranya yaitu peristiwa gunung meletus. Umumnya peristiwa ini terjadi pada gunung berapi yang masih aktif.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Peristiwa gunung meletus bermula dari proses terdorongnya endapan magma dalam perut bumi menuju ke luar. Proses tersebut terjadi akibat tekanan gas yang cukup tinggi.

Dalam peristiwa letusan ini, biasanya endapan magma akan terdorong bersamaan dengan batu dan abu. Jarak letusan bisa mencapai puluhan kilometer dan mengubah suhu di sekitarnya menjadi sangat panas.

  • Penutup

Gunung meletus adalah bencana yang sering kali tidak dapat dihindari. Namun, hal ini dapat diwaspadai lebih awal oleh penduduk di sekitar wilayah gunung berapi.

6 dari 6 halaman

Tsunami

  • Pernyataan Umum

Tsunami merupakan satu di antara fenomena alam yang sering terjadi. Terutama di wilayah pesisir yang berada di area patahan gempa.

Tsunami adalah peristiwa di mana gelombang laut datang menuju pantai secara tiba-tiba setelah terjadi aktivitas tektonik.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Umumnya tsunami terjadi akibat adanya aktivitas seismik di tengah laut. Saat terjadi hal tersebut maka patahan akan membuat air laut menjadi surut sementara waktu, dan kemudian berbalik menuju pantai dalam bentuk gelombang besar. Tinggi gelombang dapat mencapai hingga 100 meter dengan kecepatan hingga 700km per jam.

  • Penutup

Tsunami merupakan fenomena alam yang patut diwaspadai. Oleh sebab itu, jika melihat air laut surut setelah aktivitas tektonik, sebaiknya segera menyelamatkan diri dan waspada.

 

Sumber: Mapel, Fajarpendidikan

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer