Sukses


8 Cara Terbaik Menghilangkan Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

Bola.com, Jakarta - Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai, dan ketika kita jatuh sakit, tubuh menjadi pusat perjuangan untuk pulih dan kembali ke keadaan yang optimal.

Meski perasaan sakit itu sendiri bisa menjadi tantangan yang berat, proses penyembuhan juga sering kali meninggalkan jejak yang tidak diinginkan, seperti badan lemas dan kehilangan energi.

Pulih dari sakit adalah suatu pencapaian yang patut dirayakan, hanya terkadang badan kita memerlukan waktu untuk benar-benar kembali pulih. 

Bagi kamu yang masih lemas setelah sembuh dari penyakit, tetapi ingin segera beraktivitas dengan normal, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Berikut cara terbaik menghilangkan badan lemas setelah sembuh dari sakit, seperti disadur dari Klikdokter, Minggu (27/8/2023).

2 dari 5 halaman

Cara Terbaik Menghilangkan Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

1. Menjaga Aktivitas Fisik untuk Sementara Waktu

Mungkin kamu merasa lelah berbaring terus-menerus selama sakit. Akan tetapi, setelah sembuh dan memasuki masa pemulihan, sebaiknya kamu tetap mengontrol aktivitas sehari-hari agar tidak kembali sakit.

Perlu ditekankan bahwa proses pemulihan sangat penting. Jadi, kamu harus lebih sabar dan menahan diri dari melakukan aktivitas yang berat.

2. Berolahraga Ringan secara Rutin

Walau kamu diminta mengurangi aktivitas fisik di masa pemulihan, bukan berarti kamu tidak boleh melakukan olahraga. Pada kenyataannya, olahraga dapat menjadi cara untuk memulihkan tenaga setelah sakit.

Namun, pilihlah olahraga yang ringan dan jangan terlalu memaksakan diri. Kamu bisa mencoba meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran sehingga lebih memberikan energi positif bagi tubuh.

3 dari 5 halaman

Cara Terbaik Menghilangkan Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

3. Perbanyak Asupan Makanan Bergizi

Guna mengembalikan stamina setelah sakit, cara yang perlu kamu lakukan adalah memperbanyak asupan makanan bergizi, seperti sayuran dan buah. Hindari makanan olahan, gula, atau pemanis buatan.

Asupan nutrisi yang baik dapat membantu mempercepat sistem imun tubuh untuk pulih. Dengan begitu, sistem imun tersebut dapat kembali membangun perlindungan tubuh dari serangan virus atau bakteri.

Selain itu, pilihlah makanan yang lebih mudah dicerna agar tubuh tidak bekerja terlalu berat di masa pemulihan ini. Sumber makanan yang baik tentunya dapat mengembalikan energi setelah sakit.

4. Pentingnya Mengganti Cairan Tubuh

Jika badanmu lemas setelah sembuh dari sakit, coba untuk mengganti cairan tubuh. Seperti diketahui, sebagian besar tubuh terdiri dari air. Oleh sebab itu, air juga merupakan satu di antara obat terbaik untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Air putih bermanfaat untuk membantu mengaktifkan kembali sistem tubuh yang sempat melemah saat sakit.

Dehidrasi merupakan satu di antara keluhan yang paling sering menyebabkan badan lemas. Jadi, jagalah selalu tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

4 dari 5 halaman

Cara Terbaik Menghilangkan Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

5. Cukup Tidur

Cara mengatasi badan lemas setelah sakit yang berikutnya, kamu dianjurkan untuk tidur cukup, yakni selama 7-8 jam setiap malamnya.

Saat tidur, energi dalam tubuh lebih mudah pulih dan perbaikan jaringan maupun sel tubuh pun lebih maksimal bekerja. Walau mungkin kamu lebih sering berbaring dan tidur siang saat sakit, usahakanlah tetap mengatur pola tidur dengan baik.

6. Hindari Stres

Pada kenyataannya, stres ikut memengaruhi pikiranmu. Stres juga berkaitan dengan pemulihan kesehatan seseorang.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa 'jika seseorang berpikir sakit maka orang tersebut akan sakit', begitu pula sebaliknya. Maka itu, cobalah untuk mengelola stresmu dengan baik.

5 dari 5 halaman

Cara Terbaik Menghilangkan Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

7. Berjalan di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan di luar rumah sambil berjemur di pagi hari selama beberapa menit akan meningkatkan mood dan kemampuan memori.

Selain itu, vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari akan membantu meningkatkan sistem imunmu. Keluhan badan lemas setelah sembuh dari sakit pun bisa ditangani.

8. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Untuk mengatasi badan lemas setelah sembuh dari sakit, cara yang juga penting adalah dengan mengubah kebiasaan atau gaya hidup.

Terlepas dari apa pun penyebab sakit sebelumnya, akan lebih baik jika kamu memulai kembali kebiasaan hidup yang lebih sehat, seperti berhenti merokok dan tidak mengonsumsi alkohol.

Selain menghalangi proses penyembuhan, beberapa kebiasaan tidak sehat tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 26/10/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer