Sukses


Maybank Marathon 2023: Lebaran Pelari di Bali Libatkan 11 Elite Runner Dunia

Bola.com, Denpasar - Memasuki tahun ke-12 penyelenggaraan Maybank Marathon, jumlah peserta mengalami peningkatan signifikan. Total peserta edisi tahun ini menembus 13.600 orang di ajang bergengsi yang digelar di Bali ini.

Mereka terdaftar di tiga kategori: Full Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km) dan 10K. Peningkatannya menembus angka 37 persen dibandingkan tahun lalu. Race rencananya digelar di Bali Safari and Marine Park pada Minggu (27/8/2023) pagi.

Maybank Marathon 2023 juga akan memperlombakan kategori children sprint dan kategori wheelchair seperti pada tahun-tahun sebelumnya. 

Total hadiah yang disediakan untuk Maybank Marathon 2023 menembus lebih dari Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang, plus juga buat para pemecah rekor.

Berakhirnya pandemi Corona memengaruhi lonjakan pesat jumlah peserta. Penggila lari kembali bergairah untuk mengikuti ajang level internasional dengan melibatkan massa besar.

“Kami menyambut positif antusiasme para peserta lari di Maybank Marathon 2023, dan sangat terkesan dengan peningkatan jumlah peserta pada semua kategori tahun ini. Peningkatan ini bahkan yang tertinggi sepanjang penyelenggaraan Maybank Marathon sejak pertama kali diselenggarakan pada 2012," ucap Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia pada Jumat (25/8/2023) siang.

Peningkatan jumlah peserta ini juga mencerminkan respon masyarakat yang semakin positif terhadap olah raga atletik, khususnya marathon. Kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olah raga lari semakin meluas.

2 dari 7 halaman

Chonburi Marathon

Maybank Marathon merupakan ajang lomba lari yang terus berevolusi hingga menjadi bagian dari jaringan Elite label road race oleh World Athletics. 

Ajang ini diikuti oleh penggemar lari maupun masyarakat dengan kesiapan fisik yang prima untuk mencetak personal best. Maybank Marathon sebagai wadah untuk merealisasikan aspirasi dalam mencapai jenjang yang lebih tinggi di bidang olah raga lari ke depannya. 

Maybank Marathon tahun ini menjalin kerja sama sister marathon dengan Bangsaen42 Chonburi Marathon (Thailand). 

Di tahun pertama kerja sama ini, Maybank Indonesia memberikan slot lari gratis bagi total 40 finishers Maybank Marathon 2023 kategori Marathon Open, Marathon Nasional, dan Marathon Master yang berhasil mencatatkan waktu terbaik untuk mengikuti lomba kategori Marathon (42,195 km) di Bangsaen42 Chonburi Marathon pada bulan November 2023. 

Demikian juga, total 40 pelari Bangsaen42 Chonburi Marathon berkesempatan untuk berlomba di ajang Maybank Marathon 2024. 

3 dari 7 halaman

Dominasi Elite Runner Afrika

Ajang Maybank Marathon 2023 akan melibatkan 11 atlet elite internasional. Mereka mayoritas berasal dari negara-negara Afrika macam Uganda, dan Kenya.

Dari segi kewarganegaraan, Maybank Marathon 2023 didominasi peserta dari Indonesia disusul peserta dari Malaysia, Jepang, Singapura, Australia, Inggris, dan negara lainnya. 

Selain itu, Maybank Marathon 2023 juga akan memperlombakan kategori children sprint dan kategori wheelchair seperti pada tahun- tahun sebelumnya. 

"Kami melibatkan agen untuk menghadirkan elite runner. Sosok-sosok yang hadir punya reputasi yang disegani di persaingan atas level internasional. Kehadiran mereka di sini memberi warna dan menaikkan level event di dunia internasional," tutur Co-Project Manager Maybank, Aryo Budisatrio.

Maybank Marathon 2023 punya velue tersendiri bagi para elite runner.

"Jalur larinya amat menantang. Pertama kali tampil ke Bali, saya merasa cuacanya mirip dengan Gabon.  Karena cuacanya panas menyenggat saya harus maintain kecepatan agar tidak cepat lelah," ucap Janet Rono asal Kenya yang di Bali Marathon 2008 finish lima besar di kategori 10K.

4 dari 7 halaman

Antusiasme Amat Tinggi

Buat pelari-pelari Tanah Air, Maybank Marathon ibarat event Lebaran bagi para pelari, tempat berkumpulnya berbagai komunitas pencinta marathon. Antusiame amat tinggi untuk ambil bagian di ajang marathon terbesar di Indonesia. Tiket tampil sold out hanya hitungan tak sampai dua hari.

"Antusias para pelari lokal dan mancanegara amat luar biasa. Di luar ekspektasi tiket peserta cepat sekali ludesnya. Kalau tidak ditahan-tahan mungkin angka pesertanya lebih membludak lagi," papar Aryo Budisatrio.

Para pelari lokal yang ambil bagian datang dari berbagai kalangan. Tak hanya atlet pro atau yang tergabung komunitas tapi juga runner amatir yang baru coba-coba menekuni olahraga satu ini. Sebut saja salah satu karyawan swasta asal Bali, Yussy Pernatasary, yang baru menekuni marathon awal tahun ini.

"Saya ini terhitung newbie. Awalnya tidak suka lari, tapi makin iseng-iseng coba, makin ke sini makin enjoy. Sekarang pun saya sudah resmi tergabung di komunitas Indoruners Bali. Iseng-iseng coba daftar di Maybank Marathon, ajang lebaran para runners. Mau challlange diri sendiri untuk ikutan event yg berskala besar. Gembira rasanya ketika akhirnya bisa dapat tiket tampil di sini," ungkap Yussy yang mematok target 1 jam 10 menit di kategori 10K.

 

5 dari 7 halaman

Pelari Sepuh

Peserta Maybank Marathon di Bali bahkan tidak mengenal batas usia. Yuli Rianastasia, pelari sepuh berusia 63 tahun asal Jakarta percaya diri ambil bagian di nomor bergengsi Full Marathon (FM).

Ia sudah 8 kali ikutan Maybank Marathon di Pulau Dewata. "Saya mulai rutin menekuni olahraga lari sejak 2013, saat aktif berkerja di Bank Indonesia. Di sela-sela aktivitas pekerjaan saya rutin berlari di area sekitar Monas. Setelah pensiun 2016 saya kalap, saya mulai rajin ikut berbagai ajang marathon hingga sekarang," ujar Yuli.

Awalnya sang mantan manajer itu ikutan berlari di kategori 10K, lama-lama ia memberanikan diri berlaga di Full Marathon.

"Setahun saya bisa sampai ikutan 8 event marathon. Tahun ini saya membidik target 60 kali FM, tinggal tiga lagi nih. Moga-moga bisa tercapai. Di usia yang sepuh sekarang saya tidak lagi fokus pada prestasi, nikmati saja yang penting bisa finish dan kebugaran terjaga," paparnya.

Untuk bisa ikutan Maybank Marathon, Yuli meminta bantuan keponakannya buat urusan pendaftaran. "Saya kan gaptek, kalau enggak dibantu keponakan pasti enggak bisa mendaftar. Senang rasanya bisa kembali lari di Bali tahun ini. Track-nya menantang, pesertanya banyak bikin makin semangat. Doakan saya bisa finish ya," kata Yuli saat ditemui Bola.com Taman Bhagawan tempat pengambilan race pack collection Maybank Marathon 2023 pada Jumat (25/8/2023) siang.

6 dari 7 halaman

Tanam 2 Ribu Bibit Mangrove

Selain menghelat perhelatan marathon internasional, Maybank Indonesia juga menggelar aktivitas sosial di Bali.

Bank asal Malaysia itu menanam sebanyak 2 ribu bibit mangrove di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Denpasar, Bali.

Komisaris Independen Maybank Indonesia, Budhi Dyah Sitawati menyebut langkah ini diambil untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Ini aksi nyata untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan,” katanya di sela penanaman mangrove Jumat (25/8/2023) pagi.

Kepala Tahura Ngurah Rai Bali Ketut Subandi mengapresiasi program keberlanjutan ini karena dapat membantu pemerintah menjaga lingkungan dari bahaya karbon dan perubahan iklim. 

“Kami berharap penanaman bibit mangrove berkontribusi mencapai target penurunan emisi karena ini bermanfaat. Kami juga berharap tak hanya menanam tapi memastikan pertumbuhannya tetap hidup,” paparnya.

7 dari 7 halaman

Dipantau Aplikasi

Budhi Dyah Sitawati menyebut pemantauan pertumbuhan mangrove penting untuk dilakukan karena rata-rata hanya sekitar 60% mangrove yang dapat tumbuh sempurna setelah ditanam. 

Tanaman Mangrove Tanaman dengan nama latin Rhizopora ini diharapkan mampu menahan potensi abrasi di pesisir pantai sehingga membantu menjaga keanekaragaman hayati. 

Setelah ditanam, pohon biasanya akan dipantau melalui laporan reguler dari salah satu aplikasi digital yang menghitung jejak karbon guna memastikan pohon bakau itu tumbuh. 

Selama tiga tahun pertama, dikakukan pemantauan terhadap pennaman mangrove itu karena pada usia tersebut akar mangrove sudah kuat untuk mencengkram lapisan tanah. 

Video Populer

Foto Populer