Sukses


Maybank Marathon 2023 Bali: Momen Silahturahmi Akbar Pencinta Lari di Taman Bhagawan

Bola.com, Denpasar - Maybank Marathon 2023 tak hanya jadi tempat mengadu prestasi bagi pelari profesional, tapi lebih dari itu. Ajang internasional yang digelar di Bali Safari and Marine Park, Minggu (27/8/2023) tersebut jadi medium mempererat persaudaraan para penikmat lari seantero Tanah Air dan juga mancanegara.

Suasana itu Bola.com rasakan dua hari terakhir di area Taman Bhagawan lokasi Race Park Collection. Tempat satu ini diserbu penggila marathon berbagai lapisan. Mereka datang tak hanya sekadar hanya ingin melakukan registrasi mengambil nomor urut lomba Maybank Marathon 2023, tapi juga bersua 'saudara' sehobi.

Tak mengenal batasan usia atau catatan rekor waktu lari, ribuan runner beriteraksi satu sama lain di area Race Park Collection. Maybank Marathon dikenal sebagai event lebarannya para pelari.

Ada rasa kebahagiaan tersendiri dari para runner bisa berlaga di lomba yang menyandang predikat elite label road race pertama di Indonesia dari organisasi atletik dunia, World Athletics. Urusan mengejar catatan waktu tercepat jadi prioritas kedua. Maybank Marathon jadi tempat bersilaturahmi antarindividu pelari yang tergabung di berbagai komunitas.

Pihak penyelenggara Maybank Marathon 2023 menyulap lokasi Race Park Collection jadi tempat yang nyaman untuk melakukan kopi darat (kopdar) bagi para runner.

 

2 dari 6 halaman

Live Music dan Talk Show

Selain membuka stand registrasi di Taman Bhagawan yang terletak di pinggir pantai Benoa, mereka membuka aneka stand outlet penjualan produk-produk berbau lari dari para sponsor dan UMKM.

Aneka acara hiburan, seperti live music atau acara talk show digelar di area panggung terbuka yang bisa dinikmati para runner yang mendaftar Maybank Marathon 2023.

Banyak di antara pelari membawa serta keluarganya untuk menyajikan aneka acara hiburan. Taman Bhagawan mendadak seperti lokasi pesta rakyat bagi para pelari.

"Seru banget bisa terlibat di lomba marathon satu ini. Bisa berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama," ucap Femi Diah, salah satu peserta asal Jakarta.

"Vibe-nya asyik. Lokasi Race Park Collection berada di pinggir pantai dengan macam-macam acara hiburan yang menarik. Menyenangkan bisa jadi bagian dari Maybank Marathon, bersua banyak orang berbeda latar belakang," timpal Shanty, runner asal asal Bandung yang ambil bagian di kategori 10K.

Panitia masih memberlakukan peraturan ‘You Register, You Run’ yang mewajibkan seluruh peserta untuk mengambil race pack sesuai nama yang terdaftar dan tidak dapat diwakilkan.

Demikian juga, slot lari tidak dapat dipindahtangankan dan peserta hanya dapat berlari di kategori yang telah dipilih.

3 dari 6 halaman

Predikat Elite

Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia), Taswin Zakaria dalam sesi konfrensi pers Maybank Marathon 2023 pada Sabtu (26/8/2023) siang menyebut bahwa tujuan mereka menggelar ajang marathon ini untuk memberikan wadah lomba bagi pencinta lari sehingga mereka menjadi semangat menjalani aktivitas olahraga untuk meningkatkan kesehatan.

"Sejak awal menggelar ajang ini tahun 2012, kami tidak pernah punya ambisi apa-apa. Kami hanya ingin menghidupkan antusiasme masyarakat terhadap marathon. Kami menggarapnya secara serius untuk menciptakan kenyamanan dan menguatkan ikatan antarkomunitas lari."

"Kalau kemudian pada akhirnya pada 2021 World Athletics memberikan predikat elite label road race itu ibarat bonus, dari keseriusan kami mengelola penyelenggaraan event ini. Bahagia rasanya melihat Maybank Marathon menjadi ajang bergengsi yang diminati runner dari berbagai negara," tutut Aswin.

Menginjak penyelenggaraan ke-12 Maybank Marathon tahun ini, Maybank Indonesia mengikutsertakan 11 atlet lari elite internasional yang terdiri dari enam atlet elit pria, dan lima atlet elite wanita.

Selain atlet elite internasional, juga mengikutsertakan 13 atlet lari nasional dengan catatan waktu terbaik yang terdiri dari enam atlet nasional marathon pria dan tujuh runner nasional marathon wanita.

Ajang Maybank Marathon juga menjadi wadah bagi para atlet lari nasional untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni PON 2020 di Papua dan PON 2024 yang akan datang di Aceh-Sumut.

 

4 dari 6 halaman

Peserta Meningkat 37 Persen

“Setelah selang tujuh bulan sejak Maybank Indonesia mengumumkan penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 pada Januari lalu, kini tiba saatnya untuk menyambut puncak penyelenggaraan perlombaan in yang akan berlangsung pada Minggu (27/8/2023). Pada esok pagi kami akan melakukan beberapa flag-off untuk melepas sekitar 13.600 peserta lari dari 50 negara termasuk Indonesia untuk mengikuti lomba pada masing-masing kategori yang telah dipilih peserta sebelumnya,” ucap Taswin Zakaria.

Adapun, flag-off yang juga menjadi penanda dimulainya Maybank Marathon 2023 akan dilakukan secara bertahap. Flag-off untuk kategori Marathon akan dilakukan pada pukul 04.30 WITA, kemudian kategori Half Marathon pada pukul 05.30 WITA dan kategori 10K pada pukul 06.00 WITA.

Selain itu, flag-off juga akan dilakukan untuk kategori wheelchair dan children sprint. Tahun ini, Maybank Marathon menyediakan total hadiah sebesar Rp2,7 miliar lebih untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor.

“Kami melihat animo peserta yang tinggi pada penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 yang ditunjukkan melalui jumlah peserta Maybank Marathon yang meningkat 37% dibandingkan tahun lalu. Peningkatan ini mencerminkan respon masyarakat yang semakin positif terhadap olahraga lari, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olahraga tersebut," ucap Taswin.

5 dari 6 halaman

Keamanan Skala Besar

Untuk membuat para peserta nyaman saat berlari pihak panita menyiapkan personel keamanan dalam jumlah besar yang terdiri dari sekitar 850 personil Polisi dari Kepolisian Daerah Bali dan sekitar 480 personil Pecalang yang berasal dari warga sekitar Kabupaten Gianyar.

Untuk menjaga kelancaran lalu lintas warga di sekitar rute, Kepolisian Daerah Bali akan menerapkan pengalihan arus lalu lintas di sepanjang rute lomba, terutama Jalan Bypass I.B. Mantra, dan rute jalan di pedesaan mulai dari desa Ketewel, Guwang, sampai dengan Medahan.

Untuk fasilitas medis, panitia Maybank Marathon 2023 akan melibatkan 850 marshall dan sekitar 180 paramedis, serta 30 unit ambulans, yang terdiri dari 12 mobil ambulans, 17 sepeda motor ambulans dan satu mobil ambulans berstandar Instalasi Gawat Darurat, di sepanjang rute lari.

“Faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta lari adalah prioritas kami di dalam setiap penyelenggaraan Maybank Marathon. Selain tim pengamanan dan paramedis, kami juga mengerahkan 45 pacer berbekal keterampilan prosedur First Aid Emergency CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) apabila terjadi kondisi darurat,” jelas Project Director Maybank Marathon, Widya Permana.

6 dari 6 halaman

Ambisi Cetak Rekor

Janet Rono, pelari asal Kenya yang ambil bagian di ajang Maybank Marathon 2013 berambisi menciptakan rekor catatan waktu di kategori Full Marathon.

"Jalur lari Maybank Marathon amat menantang, banyak tanjakan yang menguras stamina. Saya harus pintar-pintar mengatur tempo. Saya tidak boleh tergesa-gesa full speed agar tak cepat kecapekan," ujar pelari yang punya catatan waktu terbaik 2 jam 26 menit itu.

Martha Akeno, pelari asal Kenya lainnya memberikan tips kepada para runner amatir yang ambil bagian di lomba satu ini. "Manage kecepatanmu, jangan ikuti kecepatan pelari di depanmu nanti bisa pingsan di tengah jalan. Tak usah terobsesi jadi yang tercepat. Nikmati saja perjalanan menuju garis finish," katanya.

Panitia Maybank Marathon pada Jumat (25/8/2023) malam menggelar welcome dinner bagi para pelari elite di Prama Sanur Beach Hotel. Runner asing merasa jadi tamu istimewa.

"Pesta penyambutan yang hangat. Senang rasanya bisa ambil bagian di Maybank Marathon 2023," kata Julius Ochieng, pelari elite asal Uganda.

 

Video Populer

Foto Populer