Sukses


Maybank Marathon 2023: Dashyat! Lautan Pelari Jelang Subuh di Bali Safari

Bola.com, Bali - Saat matahari belum bersinar suasana Bali Safari dan sekitarnya mendadak dipadati lautan manusia. Ya, pada Minggu (27/8/2023) pagi mereka siap tempur berlomba di ajang Maybank Marathon 2023.

Total 13.600 pelari ikut ambil bagian di event lari terbesar Tanah Air tersebut. Mereka datang ke lokasi sejak pulul 02.00 pagi WITA. Total ada tiga kategori dilombakan di Maybank Marathon tahun ini.

Menginjak penyelenggaraan ke-12 Maybank Marathon tahun ini, Maybank Indonesia mengikutsertakan 11 atlet lari elite internasional yang terdiri dari enam atlet elit pria, dan lima atlet elite wanita. Mereka kesemuanya dari negara-negara Afrika yang menjadi raja marathon internasional.

Selain atlet elite internasional, juga mengikutsertakan 13 atlet lari nasional dengan catatan waktu terbaik yang terdiri dari enam atlet nasional marathon pria dan tujuh runner nasional marathon wanita.

Ajang Maybank Marathon juga menjadi wadah bagi para atlet lari nasional untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni PON 2020 di Papua dan PON 2024 yang akan datang di Aceh-Sumut.

2 dari 4 halaman

Ramai Sejak Subuh

Bola.com yang tiba di lokasi pukul 03.00 WITA melihat langsung antusiasme para runner dari berbagai penjuru Indonesia dan mancanegara. Event Maybank Marathon menjadi lomba bergengsi, di antara kalangan pencinta lari ajang satu ini menjadi momen Lebaran, aiang silaturahmi bertemunya penggawa-penggawa runner, mulai dari level newbie hingga senior.

Adapun, flag-off yang juga menjadi penanda dimulainya Maybank Marathon 2023 akan dilakukan secara bertahap. Flag-off untuk kategori Marathon akan dilakukan pada pukul 04.30 WITA, kemudian kategori Half Marathon pada pukul 05.30 WITA dan kategori 10K pada pukul 06.00 WITA.

Selain itu, flag-off juga akan dilakukan untuk kategori wheelchair dan children sprint. Tahun ini, Maybank Marathon menyediakan total hadiah sebesar Rp2,7 miliar lebih untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor.

Untuk menciptakan kenyamanan bagi para pelari, panitia penyelenggara didukung pemerintah daerah Bali melakukan rekayasa lalu lintas pada hari H lomba dilaksanakan.

"Keamanan dan para peserta jadi prioritas utama kami. Kami ingin mereka menikmati momen berlari dengan nyaman. Apalagi event ini diikuti cukup banyak pelari profesional berskala nasional dan internasional," ujar Director Operations PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) sekaligus Project Director Maybank Marathon Widya Permana.

3 dari 4 halaman

Libatkan 450 Pacer

Panitia melibatkan 450 orang pacer, yang bertugas mendampingi para pelari di tiap kategori lomba. Mereka berasal dari berbagai kalangan, tentunya punya kemampuan dasar berlari marathon secara baik. Seleksi para pacer dilakukan dengan ketat.

Mereka sudah menjalani pelatihan intens sejak bulan Mei lalu. "Sepekan sekali kami latihan rutin di kawasan SCBD untuk penguatan," ucap Hary Kurniawan salah satu pacer asal Jakarta.

Pacer-pacer yang dilibatkan dalam Maybank Marathon mayoritas dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan juga Bali yang menjadi tuan rumah.

"Basicnya saya pelari yang rutin ikutan lomba, tapi situasinya tentu beda sebagai pelari individu dan sekarang sebagai pacer. Saat bertugas sebagai pacer saya harus bisa mengatur tempo, karena tugas saya mengawal para pelari yang menjadi peserta. Tidak boleh egoistis mengejar catatan waktu buat pribadi," timpal Herry lagi.

Menariknya, artis Nirina Zubir juga ikutan menjadi pacer. Wanita kelahiran 12 Maret 1980 itu selama ini dikenal sebagai pelati hobi.

"Saya tiga kali ikut ajang marathon, dan di Maybank Marathon di kesempatan pertama diminta jadi pacer. Seru dan tentunya jadi menjadi tantantan tersendiri. Kalau selama ini saya berlari buat diri sendiri sekarang saya jadi pengawalnya para runner," kata Nirina yang mengaku melakukan persiapan rutin bersama pacer lainnya di tengah aktivitas padatnya sebagai selebritas.

4 dari 4 halaman

Motivasi dan Rekor

Menarik melihat polah tingkah para pelari yang terlibat di event Maybank Marathon. Mereka all-out mempersenjatai diri dengan dandanan unik ala-ala pelari profesionalal. Motivasi yang digeber berbeda-beda.

Ada yang serius fokus pada catatan waktu atau hanya berlari buat senang-senang menikmati momen kebersamaan dengan orang-orang sehobi. Mereka terlihat lebih antusias menjalani lomba berdampingan dengan atlet-atlet top.

"Menyenangkan bisa berlaga di Maybank Marathon. Bisa lari bareng dengan pelari-pelari dari berbagai kalangaan. Saya pribadi sebenarnya sudah lolos kualifikasi Pra PON di nomor Full Marathon, tapi di ajang ini saya turun di kategori Half Marathon buat menjaga kondisi fisik," terang Dikki Abdul Majid, atlet nasional.

Pihak Maybank berharap gawean yang mereka gelar bisa mendorong para pelari profesional yang terlibat untuk menciptakan rekor berskala nasional dan internasional.

 "Kami berharap banyak rekor bisa tercipta di ajang Maybank Marathon tahun ini. Senang bisa memberi wadah ajang buat para runner untuk mencetak prestasi sebagai atlet pro maupun sifatnya hobi," kata Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia), Taswin Zakaria.

Video Populer

Foto Populer