Sukses


Maybank Marathon 2023: Runner asal Kenya Berkuasa di Gianyar

Bola.com, Gianyar - Ajang Elite Label Road Race pertama dan satu-satunya di Indonesia, Maybank Marathon 2023 digelar Minggu (27/8/2023) pagi. Start dan finish dihelat di Bali Safari & Marine Park, Gianyar.

Total 13.600 pelari dari 50 negara meramaikan penyelenggaraan event yang kini menginjak tahun ke-12.

Antusiasme pelari di tiga kategori demikian semarak, khususnya ketika flag-off dilakukan pada pukul 04.30 WITA untuk kategori Marathon, disusul dengan kategori Half Marathon pada pukul 05.30 WITA dan kategori 10K pada pukul 06.00 WITA.

Selain itu, flag-off juga dilakukan untuk kategori wheelchair pada pukul 06.15 WITA diikuti sebanyak 50 peserta.

Maybank Marathon 2023 menyediakan total hadiah sebesar Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor. Acara konferensi pers yang berlangsung di Race Village Bali Safari & Marine Park mengumumkan juara Maybank Marathon 2023.

2 dari 5 halaman

Pemenang

Untuk kategori Marathon Open Male dimenangkan oleh Geoffrey Kiprotich Birgen pelari asal Kenya nomor punggung 10215 dengan catatan waktu terbaik 02:15:04. Sementara untuk kategori Marathon Open Female dimenangkan oleh Sophy Jepchirchir asal Kenya nomor punggung 22 dengan catatan waktu terbaik 02:31:04.

Catatan waktu kedua pelari telah memecahkan rekor di bawah waktu 02:28:00 untuk kategori Marathon Open Male dan 02:33:00 untuk kategori Marathon Open Female.

 Seluruh juara pertama tersebut menerima hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp240 juta dengan tambahan bonus untuk pemecah rekor masing-masing Rp33.750.000 dan Rp67.500.000.

3 dari 5 halaman

Pemenang Lokal

Kemudian, untuk kategori Marathon National Male dimenangkan oleh Nurshodiq dengan nomor punggung 21288 dan catatan waktu terbaik 02:30:24, sedangkan untuk kategori Marathon National Female dimenangkan oleh Irma Handayani dengan nomor punggung 21566 dan catatan waktu terbaik 03:01:44.

Seluruh juara pertama tersebut menerima hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp100.000.000. Hadiah-hadiah tersebut telah diserahkan secara simbolis oleh Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria.

Taswin yang ikut menjadi peserta kategori Half Marathon menyampaikan ungkapan syukur atas suksesnya penyelenggaraan lomba Maybank Marathon 2023.

“Pada kesempatan ini, kami mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil meraih prestasi dan membawa pulang hadiah dari penyelenggaraan Maybank Marathon tahun ini. Harapan kami, prestasi ini dapat menjadi inspirasi para pegiat lari untuk meraih prestasi yang sama di kesempatan selanjutnya,” ujar Taswin.

4 dari 5 halaman

Prioritaskan Keamanan

Dari segi penyelenggaraan, Taswin juga menyampaikan kesan positifnya terhadap antusiasme dari ribuan peserta lari yang sudah bersiap-siap sejak pagi dini hari untuk berlari di running track khas Maybank Marathon 2023.

Perhelatan Maybank Marathon bukan semata karena jumlah peserta yang lebih banyak, tetapi faktor keamanan dan kenyamanan peserta saat berlari juga menjadi hal yang utama.

Taswin menggarisbawahi pentingnya untuk Maybank Indonesia terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan marathon. Mengingat ajang ini telah memasuki jajaran ajang lomba ‘Elite’ label road race dari World Athletics.

5 dari 5 halaman

Kolaborasi Banyak Pihak

Hal ini telah menempatkan ajang Maybank Marathon maupun Indonesia ke dalam kancah olahraga atletik dunia, khususnya untuk cabang olahraga lari maraton.

“Mewakili seluruh panitia Maybank Marathon 2023, kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti lomba dengan tertib, dan kepada para petugas di lapangan mulai dari tim pengamanan, medis, pacers, dan marshals yang terus berjaga di sepanjang rute," kata Taswin.

"Selain itu, keterlibatan masyarakat sekitar yang terus-menerus menyemangati para pelari di sepanjang rute Maybank Marathon 2023 juga membuat suasana lomba menjadi lebih semarak,” jelasnya lagi.

Penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 mendapatkan dukungan dari berbagai elemen termasuk, Pemerintah Provinsi Bali, Kepolisian Daerah Provinsi Bali, Palang Merah Indonesia Provinsi Bali, Pemerintah Kabupaten Gianyar, Kodim 1616 Gianyar, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), sponsor, dan media partner.

Video Populer

Foto Populer