Sukses


5 Contoh Teks Eksplanasi Sosial beserta Strukturnya, Bisa Jadi Panduan Belajar

Bola.com, Jakarta - Teks eksplanasi merupakan satu di antara dari banyak jenis teks yang biasa kita jumpai di kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi merupakan teks yang berfungsi untuk menjelaskan proses terjadinya sesuatu meliputi hubungan sebab dan akibat yang mempunyai proses berkelanjutan.

Adapun isi teks eksplanasi bersifat fakta dan informatif sehingga sering kali digunakan pada artikel, berita, maupun essai.

Sosial merupakan satu di antara topik yang kerap dibahas dan dijadikan inspirasi penulisan teks eksplanasi.

Ketika kamu ingin membuat teks eksplanasi sosial, kamu perlu memasukkan tiga struktur penting, yakni pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi.

Berikut ini lima contoh teks eksplanasi sosial beserta struktur yang bisa jadi panduan belajar, dikutip dari laman Saintif dan Thegorbalsla, Senin (28/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kenakalan Remaja

  • Pernyataan Umum

Masa remaja adalah masa-masa di mana orang disibukkan dengan pembelajaran guna mencari jati diri. Oleh sebab itu, tak heran apabila remaja menjadi generasi yang amat rentan dengan beragam hal termasuk dengan tindak kejahatan.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Apabila tidak dibina secara baik dan benar maka akan memungkinkan mereka mengalami fase kenakalan remaja.

Kenakalan remaja yang kerap kali terjadi yaitu tindak asusila yang mana dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Bahkan pada tempat-tempat ibadah sekalipun.

Hal ini tentunya terjadi sebab kurangnya iman dan pengawasan dari pihak yang bertanggung jawab, khususnya keluarga. Sebab keluarga adalah tempat sekaligus lingkungan terdekat dari seorang anak.

Di sana si anak pertama kali akan memperoleh ilmu sosialisasi. Kurangnya rasa perhatian orang tua untuk membimbing anaknya juga bisa menjadi faktor utama penyebab kenakalan remaja.

Tak hanya itu saja, lingkungan yang ada di sekitarnya jhuga bisa memengaruhinya.

  • Penutup

Di samping hal itu, peran dari pihak sekolah atau pendidik juga bisa memiliki peranan penting sebab harus memberikan pendidikan seksual yang benar sedari dini.

Jika ketiga hal itu dapat bekerja sama dengan baik maka seharusnya masalah kenakalan remaja satu ini bisa teratasi.

3 dari 6 halaman

Narkoba

  • Pernyataan Umum

Narkoba adalah istilah dari singkatan narkotika serta obat-obatan terlarang. Ada beberapa jenis dari narkoba dengan beberapa efek samping yang berbeda.

Namun, yang jelas, jika narkoba ini disalahgunakan serta dikerjakan oleh orang yang tidak miliki wewenang maka akan menyebabkan dampak negatif.

Di negeri kita sendiri, pemakaian narkoba dilarang. Banyak pihak yang juga menentang adanya praktik narkoba, baik itu dari pemerintah, para aktivis dan juga LSM.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Sebab pada waktu sekarang ini, marak berbagai cara tertentu untuk dapat menyelundupkan narkoba. Bahkan di penjara pun telah terdapat praktik penyelundupan narkoba. Dapat kita simpulkan jika penyebaran narkoba masih belum teratasi.

Seharusnya seluruh pihak dapat bekerja sama lebih baik lagi untuk meminimalkan dampak masalah narkoba. Dari pendidikan serta sosialisasi mengenai bahaya narkoba, sampai memperketat pengawasan dan juga memberikan tindakan hukum tegas.

  • Penutup

Mencegah seseorang guna tidak terjerumus ke dalam pemakaian narkoba tentu akan lebih baik dibandingkan harus merehabilitasi orangnya.

4 dari 6 halaman

Kriminalitas

  • Pernyataan Umum

Kriminalitas merupakan suatu tindak kejahatan guna meraih tujuan tertentu yang dikerjakan oleh seseorang, pada umumnya orang yang mengerjakan perbuatan kriminalitas ini disebut sebagai kriminal.

Kejahatan kriminal dimaksud bisa berwujud pemerkosaan, penculikan, pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lainnya.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Alasan di balik tindak kriminalitas ini pada umumnya dikarenakan adanya faktor ekonomi.

Tak hanya itu saja, desakan dari keperluan yang mendadak serta sulitnya memperoleh pekerjaan juga kerap kali menjadi faktor pendukung yang lain. Beberapa faktor tersebut mampu mendorong seseorang untuk mencari jalan pintas guna memperoleh uang secara instan.

Sebagai negara yang tengah kekurangan lapangan pekerjaan, tingkat dari angka kriminalitas dapat dikatakan naik dan tinggi.

  • Penutup

Ilmu agama di sini juga mempunyai peranan yang penting untuk membentengi diri agar tidak melakukan perilaku negatif seperti ini. Biasanya, seluruh hal yang bertentangan dengan agama juga akan bertentangan pada norma yang ada dalam masyarakat.

Tindak kriminalitas tentu telah masuk dosa sebab dapat merugikan orang lain. Tak hanya dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan, perbuatan dosa ini juga akan memperoleh sanksi sosial di masyarakat.

5 dari 6 halaman

Anak Jalanan

  • Pernyataan Umum

Jika kita mendengar istilah dari anak jalanan maka apa yang akan muncul dalam pikiran yaitu anak yang hidup di jalanan serta suka meminta-minta uang di lampu merah dengan pakaian yang menyerupai anak punk.

Tak hanya itu saja, pada umumnya, anak jalanan ini juga bekerja dengan cara menjual makanan, membersihkan kendaraan pada saat lampu merah atau kegiatan lainnya agar bisa memperoleh uang.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Sebetulnya sudah banyak usaha yang dikerjakan oleh pemerintah guna mencoba mengatasi masalah satu ini. Sebagai contoh mulai untuk pembubaran sampai rehabilitasi dan pembinaan.

Populasi dari anak jalanan memang sedikit menurun, tetapi jumlah tersebut akam mudah dijumpai pada kota-kota besar seperti Jakarta.

Lingkungan merupakan satu di antara faktor penyebab dari masalah sosial satu ini ada. Kebanyakan dari anak jalanan ini adalah mengalami masalah di kluarganya atau kita kenal dengan istilah broken home.

Pergaulan serta lingkungan yang ada di sekitar mereka juga dapat memengaruhi. Sebab mereka pun tinggal pada tempat yang tak selayaknya bersama orang-orang sejenis (orang jahat, pencopet, pengemis, dan yang lainnya). Hal tersebut akan membuat mereka kekurangan pendidikan hingga pada akhirnya memilih jalan menjadi anak jalanan.

  • Penutup

Mengubah sebuah budaya, kebiasaan maupun adat tersebut memang akan sangat susah apabila tidak dilakukan secara kontinu. Pada akhirnya, fenomena sosial seperti ini hanya menjadi satu di antara permasalahan yang sangat sulit diatasi.

6 dari 6 halaman

Gotong Royong

  • Pernyataan Umum

Gotong royong adalah satu di antara budaya di negara Indonesia yang telah dikerjakan secara turun temurun dari zaman dahulu. Baik dilakukan dalam lingkungan desa dan juga kota.

Gotong royong ini mengandung beberapa nilai-nilai seperti kerukunan, keberasamaan dan toleransi

  • Penjelasan Sebab Akibat

Awal mula dari aktivitas gotong royong dikerjakan pada masa kerajaan dahulu. Tetapi pada waktu itu, partisipannya hanya pada sebatas rakyat biasa saja. Kalangan dari bangsawan tidak turut melakukan gotong royong.

Sedangkan di waktu sekarang, hal itu sudah mengalami perubahan. Seluruh lapisan masyarakat bisa berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong sehingga rasa kekeluargaan makin terasa. Terutama apabila didukung dengan adanya peraturan gotong royong.

  • Penutup

Kegiatan dari gotong royong ini dapat menimbulkan dampak yang baik. Tak hanya membuat lingkungan menjadi bersih, tetapi masyarakat sekitar juga akan menjadi sehat serta merasa nyaman.

 

Sumber: Saintif, Thegorbalsla

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer