Sukses


5 Contoh Paragraf Deduktif tentang Kesehatan yang Menarik Dibaca

Bola.com, Jakarta - Paragraf deduktif merupakan satu di antara materi yang dipelajari pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Lantas, apa itu paragraf deduktif?

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya (berupa pernyataan umum) terletak di awal, selanjutnya diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas. Polanya dari umum ke khusus.

Dengan kata lain, paragraf deduktif adalah paragraf yang menyajikan pokok permasalahan terlebih dahulu, lalu menyusul uraian atau perrincian permasalahan paragraf.

Itulah sedikit penjelasan tentang paragraf deduktif. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami penerapan paragraf deduktif dalam penulisan sebuah topik.

Ada banyak tema yang bisa dibahas pada paragraf deduktif, dan satu di antaranya tentang kesehatan.

Berikut ini lima contoh paragraf deduktif tentang kesehatan yang menarik dibaca, dikutip dari laman Deckarenas dan Pantuncinta2000, Senin (28/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Cuci Tangan Bagian dari Gaya Hidup Sehat

Satu di antara protokol kesehatan yang ditetapkan di masa new normal adalah gerakan cuci tangan di bawah air mengalir sesering mungkin.

Setelah virus COVID-19 menyerang Indonesia dan membuat tatanan kehidupan masyarakat Indonesia berantakan, kini mulai diterapkan ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi masyarakat di mana pun mereka berada. Satu di antaranya adalah gerakan cuci tangan di bawah air mengalir.

Penerapan protokol kesehatan itu pun dibarengi dengan kewajiban pada setiap penyelenggara tempat umum dari sekolah, kantor pelayanan umum, kantor swasta hingga setiap rumah untuk memiliki tempat cuci tangan tersendiri di bagian depan bangunan.

Kita semua tahu, bahwa sebenarnya kebiasaan untuk mencuci tangan sudah ada sejak dahulu jauh sebelum masa pandemi datang. Kebiasaan untuk mencuci tangan setiap akan makan, selesai mengerjakan sesuatu dan setiap pulang dari keluar rumah menjadi kebiasaan penting yang dilakukan untuk menjaga kesehatan bersama.

Dengan mencuci tangan di bawah air mengalir menggunakan sabun antiseptik akan membuat kuman atau bakteri bisa hilang sehingga tak terpapar pada pakaian atau makanan yang akan kita konsumsi.

Semua itu dampaknya jelas kembali pada kesehatan kita dan keluarga di rumah.

3 dari 6 halaman

Minimalkan Konsumsi Obat Kimia

Cobalah untuk memiliki tubuh yang lebih sehat dengan beralih dari obat kimia ke herbal. Saat ini, obat herbal memang lebih banyak diminati oleh masyarakat karena beberapa alasan.

Selain lebih aman juga memiliki efek samping yang lebih minim daripada obat kimia. Seiring berkembangnya teknologi, kini obat herbal bisa kamu dapatkan dengan mudah dan dengan khasiat yang beragam.

Bahan utama obat herbal adalah tanaman herbal yang banyak didapatkan dari daerah yang ada di Indonesia.

Khasiat obat herbal pun beragam, dari untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, membantu meringankan gejala penyakit ringan hingga mengobati penyakit kronis. 

Meski untuk menggunakan obat herbal kamu harus lebih sabar dan telaten karena kinerjanya tak secepat obat kimia.

4 dari 6 halaman

Manfaat Wortel

Wortel merupakan satu di antara jenis sayuran yang mempunyai kandungan vitamin A tinggi. Penting dipahami, bahwa vitamin A adalah nutrisi penting tubuh yang bermanfaat mencegah penyakit bernama xerophtalmia.

Xerophtalmia merupakan jenis penyakit yang bisa menyebabkan fungsi mata mengalami penurunan. Selain itu, bisa menyebabkan penderitanya sulit melihat saat cahaya dalam kondisi redup.

Vitamin A dalam kandungan wortel bukan hanya mampu mengatasi xerophtalmia saja, tapi juga membantu menjaga daya tahan tubuh.

Sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil supaya senantiasa sehat dan lebih jarang mengalami sakit.

5 dari 6 halaman

Minuman Keras Berefek Buruk pada Kesehatan dan Lingkungan

Minuman keras adalah satu di antara jenis minuman yang memiliki efek berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia juga memberikan efek buruk pada lingkungan masyarakat sekitarnya.

Upaya pemerintah melegalkan investasi dalam industri minuman keras mendapatkan protes keras dari masyarakat khususnya kaum muslim.

Pasalnya, dalam Islam minuman keras merupakan satu di antara jenis minuman yang diharamkan untuk diminum. Selain itu minuman keras jika dikonsumsi juga bisa memberikan bahaya lainnya baik pada kesehatan maupun lingkungan.

Jika dikonsumsi, akan berpengaruh pada kesehatan organ tubuh manusia yang semakin lama semakin rusak karena efek minuman keras. Akibatnya banyak organ dalam tubuh yang tak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Sedangkan untuk lingkungan, bahaya yang bisa terjadi adalah hilangnya kesadaran manusia yang meminum minuman keras sehingga berisiko terjadinya tindak kriminal pada orang lain.

Hasil akhir dari perdebatan panjang persoalan peraturan pemerintah tentang industri miras kini sudah dicabut kembali untuk ditelaah lebih lanjut.

6 dari 6 halaman

Mengonsumsi Teh Berlebihan Menimbulkan Rasa Cemas

Tidak banyak yang mengetahui, terlalu banyak mengonsumsi teh dapat menimbulkan rasa cemas berlebihan, sulit istirahat hingga stres. Hal ini karena di dalam teh mengandung zat kafein.

Jadi, bukan hanya kopi saja yang memiliki kandungan kafein, tapi juga teh. Kandungan kafein sejumlah 11 hingga 61 mg ada di dalam satu cangkir teh.

Besarnya kafein berbeda-beda tergantung dari jenis teh yang dikonsumsi serta cara pengolahannya.

Beberapa penelitian ada yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein sejumlah 200 mg setiap hari dapat menimbulkan cemas berlebih. Utamanya dialami oleh para pengkonsumsi yang cenderung sensitif.

Untuk mengetahui terkait akibat kecemasan ini, kamu bisa melakukan observasi terlebih dahulu apakah merasa gelisah sesudah mengonsumsi minuman teh. Bila ternyata iya, sebaiknya kurangi atau batasi konsumsi teh.

 

Sumber: Deckarenas, Pantuncinta2000

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer