Sukses


6 Manfaat Menyehatkan Ikan Tuna bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia kuliner, ikan telah lama dikenal sebagai satu di antara sumber makanan yang kaya akan nutrisi penting.

Di antara berbagai jenis ikan yang ada, ikan tuna adalah pilihan yang sering diincar karena kandungan nutrisinya yang luar biasa.

Pada upaya untuk menjalani gaya hidup sehat, pemilihan makanan memiliki dampak yang besar. Ikan tuna adalah satu di antara makanan yang dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan kita.

Dengan kandungan protein, omega-3, vitamin, dan mineral yang kaya, ikan tuna dapat mendukung fungsi tubuh secara optimal dan membantu mencegah berbagai penyakit.

Lantas, apa saja manfaat dari mengonsumsi ikan tuna yang bisa kita dapatkan?

Berikut enam manfaat menyehatkan ikan tuna bagi tubuh kita, seperti dikutip dari Healthline, Selasa (29/8/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Ikan Tuna

1. Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga kesehatan otak bisa dibilang merupakan suatu hal yang sangat penting karena otak merupakan satu di antara organ vital pada tubuh manusia.

Otak merupakan pengendali berbagai organ tubuh yang ada pada diri kita. Dengan menjaga kesehatan otak dapat membuat kita tetap berkonsentrasi dan tetap fokus menjalani kegiatan sehari-hari.

Asam lemak omega-3 yang cukup kaya pada ikan tuna dapat mengurangi peradangan pada otak dan memperlancar peredaran darah menuju otak. Dengan hal itu, mengonsumsi ikan tuna juga dapat menurunkan penurunan kognitif dan munculnya penyakit Alzheimer.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit yang berkaitan dengan jantung memang merupakan satu di antara berbagai macam penyakit kronis yang sering diidap banyak orang, dan terkadang dapat mengancam jiwa.

Menjaga keadaan jantung mungkin harus menjadi prioritas utama karena jantung adalah satu di antara organ vital, yang kesehatannya sangat berpengaruh dengan keadaan tubuh secara keseluruhan.

Berbagai macam jenis ikan, seperti ikan tuna, dapat membantu menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi secara rutin. Itu berkat berbagai nutrisi yang terkandung dalam tuna dan khususnya asam lemak omega-3.

Kandungan asam lemak omega-3 pada tuna dapat menurunkan kadar trigliserida, menurunkan tekanan darah, dan meminimalisasi peradangan pada pembulu darah yang dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Ikan Tuna

3. Mencegah Kanker

Penyakit berbahaya atau penyakit kronis seperti kanker memang harus dikurangi risiko kemunculannya karena jika dibiarkan dapat mengancam jiwa penderitanya.

Mengonsumsi makanan sehat dapat membantumu meminimalkan munculnya kanker, dengan menjaga sel agar dapat terkendali dan tidak memunculkan sel kanker.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam tuna juga dapat membantu kita dalam mencegah munculnya sel kanker, khusunya pada payudara. Selain itu antioksidan yang berada dalam ikan tuna dapat menurangi risiko munculnya beberapa jenis kanker.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ikan tuna kaya akan kandungan mineral seperti kalium dan natrium, dapat menjaga atau mempertahankan keseimbangan cairan yang pada akhirnya akan dapat membantu ginjal berfungsi dengan baik.

Keadaan ginjal yang baik dapat berpengaruh dengan kondisi tubuh karena fungsi ginjal sebagai penyaring racun yang ada di dalam tubuh dan mengeluarkannya bersama urin. Dengan hal itu, menjaga kesehatan ginjal adalah hal penting.

Selain dapat dengan cara rutin mengonsumsi ikan tuna, kamu juga dapat rutin meminum air putih setiap harinya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Ikan Tuna

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat dengan cara mengonsumsi makanan sehat secara rutin.

Satu di antara makanan sehat yang dapat kamu konsumsi adalah ikan tuna. Ikan ini mengandung vitamin C dan selenium yang memiliki sifat antioksidan, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan di dalam ikan tuna dapat menghindarkan tubuh dari paparan radikal bebas yang terkadang menimbulkan berbagai macam penyakit.

Konsumsilah ikan tuna dalam keadaan segar untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

 6. Menurunkan Tekanan Darah

Ikan tuna mengandung kalium tinggi. Kandungan kalium pada ikan tuna tersebut dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah tinggi.

Kalium bekerja sama dengan asam lemak omega-3 yang juga terkandung di dalam tuna untuk membentuk sifat antiinflamasi pada sistem kardiovaskular, yang pada akhirnya dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Itulah mengapa konsumsilah ikan tuna saat kamu merasa tekanan darah dalam tubuh tinggi. Tujuannya dapat menurunkan risiko penyakit yang berkaitan langsung dengan tekanan darah tinggi seperti stroke.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer