Sukses


11 Hadis tentang Jodoh yang Menarik Dibaca Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Setiap manusia tentu ingin mendapatkan jodoh yang baik dalam ilmu agama dan sesuai kriteria. Jodoh, rezeki dan maut, semua ini hanya Allah Swt. yang tahu.

Menurut Islam, jodoh adalah satu di antara rezeki dan misteri. Sebab, jodoh merupakan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt. yang tertulis dalam lauhul mahfuz.

Dengan kata lain, jodoh sejatinya telah ditentukan oleh Allah Swt., bahkan jauh sebelum kita dilahirkan ke dunia.

Meski Allah Swt. yang mengetahui dan menentukan jodoh untuk setiap hamba-Nya, tetapi dalam proses pencariannya ditentukan melalui usaha dan berikhtiar.

Dalam agama Islam terdapat beberapa hadis Rasulullah saw. yang membahas perihal jodoh secara khusus.

Berikut ini 11 hadis tentang jodoh yang menarik dibaca umat muslim, dikutip dari laman Fiqihmuslim dan Bimbinganislam, Selasa (29/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hadis tentang Jodoh

Hadis tentang Jodoh 1

“Barang siapa yang mau menghendaki Allah dalam keadaan suci dan disucikan maka hendaklah dia mengawini wanita merdeka." (HR. Imam ibn Majah)

Hadis tentang Jodoh 2

“Roh-roh itu diibaratkan seperti tentara yang saling berpasangan, yang saling mengenal sebelumnya akan menyatu dan yang saling mengingkari akan berselisih." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Jodoh 3

تُنْكَحُ المَرْأَةُ لأرْبَعٍ: لِمالِها ولِحَسَبِها وجَمالِها ولِدِينِها، فاظْفَرْ بذاتِ الدِّينِ، تَرِبَتْ يَداكَ

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (ke-Islamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi." (HR. Bukhari No. 5090, Muslim No. 1466)

3 dari 5 halaman

Hadis tentang Jodoh

Hadis tentang Jodoh 4

"Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya roh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara: menetapkan rezekinya, ajalnya, amalnya, dan kecelakaan atau kebahagiaannya." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Jodoh 5

انظر اليها فانه أحرى أن يؤدم بينكما

"Lihatlah calon istrimu karena hal tersebut akan mengundang kelanggengan hubungan kalian berdua." (HR. Tirmidzi, Nasa’i)

Hadis tentang Jodoh 6

إذا جاءَكم مَن ترضَونَ دينَه وخُلقَه فأنكِحوهُ ، إلَّا تفعلوا تَكن فتنةٌ في الأرضِ وفسادٌ

"Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridai agama dan akhlaknya maka nikahkanlah ia. Jika tidak maka akan terjadi fitnah dan kerusakan di muka bumi." (HR. Tirmidzi No. 1085. Al Albani berkata dalam sahih At Tirmidzi bahwa hadis ini hasan lighairihi)

4 dari 5 halaman

Hadis tentang Jodoh

Hadis tentang Jodoh 7

"Nikahilah wanita yang penyayang dan subur! Karena aku berbangga dengan banyaknya umatku." (HR. An Nasa’I, Abu Dawud)

Hadis tentang Jodoh 8

"Sesama mukmin adalah bersaudara maka baginya tidak halal menawar barang yang telah ditawar (dibeli) oleh saudaranya dan tidak halal meminang perempuan yang telah dipinang oleh saudaranya, kecuali bila saudaranya telah membatalkan pinangan." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Jodoh 9

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: كُنْتُ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَتَاهُ رَجُلٌ فَأَخْبَرَهُ أَنَّهُ تَزَوَّجَ امْرَأَةً مِنَ الْأَنْصَارِ، فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَنَظَرْتَ إِلَيْهَا؟»، قَالَ: لَا، قَالَ: «فَاذْهَبْ فَانْظُرْ إِلَيْهَا، فَإِنَّ فِي أَعْيُنِ الْأَنْصَارِ شَيْئًا»

"Seorang laki-laki mendatangi Rasulullah dan memberi kabar bahwa ia akan menikahi seorang perempuan dari Anshar maka Rasulullah berkata kepadanya: 'Apakah kau sudah melihatnya? Dan dia berkata: Tidak'. Rasulullah saw., berkata: 'Pergilah lalu lihatlah ia, karena sesungguhnya di mata perempuan Anshar itu ada sesuatu'." (HR. An-Nasa’i, Muslim)

5 dari 5 halaman

Hadis tentang Jodoh

Hadis tentang Jodoh 10

"Tidak ada keberuntungan bagi seorang mukmin setelah bertakwa kepada Allah Swt. kecuali memiliki seorang istri yang salihah. Yang bila disuruh, menurut dan bila dipandang menyenangkan, dan bila janji menepati, dan bila ditinggal pergi bisa menjaga diri dan harta suaminya." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Jodoh 11

"Rasulullah saw. bersabda nikahkanlah kaum sekalian kepada wanita yang banyak anak, sesungguhnya aku berbangga akan banyaknya kalian (umat yang banyak)." (HR. Imam ibn Majah, An-Nasai, Abu Dawud)

 

Sumber: Fiqihmuslim, Bimbinganislam

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer