Sukses


Contoh Pidato Persuasif Singkat dalam Berbagai Tema

Bola.com, Jakarta - Pidato persuasif adalah jenis pidato yang berisi ajakan kepada khalayak untuk melakukan sesuatu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, pidato memiliki makna pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Sedangkan, persuasif adalah kata-kata yang bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin).

Para orator akan memberikan pemaparan yang jelas mengenai masalah yang ia bahas, dampaknya, dan manfaat yang akan muncul jika masalah tersebut tetap berlangsung atau berhenti. Kemudian, khalayak akan menilai sendiri mengenai tindakan yang harus mereka perbuat.

Agar kamu makin paham, kamu bisa mempelajari contoh-contohnya.

Berikut contoh pidato persuasif, dikutip dari laman Finansialku, Rabu (30/8/2023).

2 dari 5 halaman

Contoh Pidato Persuasif Singkat tentang Pendidikan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

 

Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah,

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru,

Dan teman-teman yang saya cintai.

 

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. berkat karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, kita dapat berkumpul di pagi ini dalam keadaan yang sehat walafiat.

Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan tempat yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan karakter yang harapannya kelak generasi muda yang mempunyai visi besar dalam membangun bangsa ini.

Saya juga berharap semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi saya sendiri dan kepada semua yang dapat hadir di tempat ini.

Saat ini bangsa kita sedang menghadapi persoalan serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Lebih dari itu, sekolah saat ini hanya mengutamakan pendidikan yang mengejar hasil berupa nilai daripada mendidik anak agar mempunyai karakter yang baik dan mulia.

Hal ini bisa dilihat dari berkurangnya jam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah. Oleh sebab itu, kita butuhkan saat ini adalah contoh pendidikan karakter agar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dan mohon maaf apabila ada perkataan yang tidak berkenan di hati.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 5 halaman

Contoh Pidato Persuasif Singkat tentang Bahaya Merokok

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati Ibu Kepala Sekolah,

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru,

dan teman-teman yang saya cintai

 

Saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang telah memberikan kesempatan bagi kita untuk bertemu di kesempatan yang baik ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang memberikan saya waktu untuk menyampaikan pidato singkat ini.

Manusia telah lama mengenal rokok. Kita juga menyadari fakta bahwa benda tersebut tidak baik untuk kesehatan. Para perokok, khususnya perokok aktif, sangat menyadari potensi bahaya tersebut. Namun, memilih menutup mata dari semua potensi yang muncul.

Ada 25 potensi penyakit yang bisa timbul dari kebiasaan ini. Di tengah gencarnya gerakan menekan angka perokok di berbagai negara, Indonesia justru menjadi salah satu negara dengan jumlah perokok terbesar. Bahkan, anak-anak juga merokok di sini.

Yuk, kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok. Di hari bebas rokok ini, semoga kesadaran orang-orang mengenai bahaya benda ini makin tinggi, dan pada akhirnya, dunia bisa mewujudkan peradaban yang lebih sehat.

Mohon maaf untuk perkataan yang kurang berkenan.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

4 dari 5 halaman

Contoh Pidato Persuasif Singkat tentang Kenakalan Remaja

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Yang terhormat Kepala SMA Maju Jaya, Jakarta

Serta teman-teman yang saya sayangi

 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan tentang kenakalan remaja.

Saat ini, kita menemukan fakta bahwa kenakalan remaja sudah tidak sesuai norma yang berlaku untuk bangsa yang menganut budaya ketimuran. Aktivitas tabu seperti seks bebas, kebiasaan merokok pada anak di bawah umur, sampai narkoba menjadi hal yang sering dilakukan.

Apa yang saya katakan barusan adalah fakta. Semua itu merupakan buntut dari mudahnya akses informasi, terutama dari media elektronik di mana kita bisa mengakses informasi apa pun dari seluruh dunia.

Kondisi ini harus dihentikan dengan melakukan tindakan tertentu, misalnya dengan pendidikan agama sejak dini, menerima nasihat yang diberikan guru dengan baik, dan sebagainya.

Sebagai anak muda, kita harus hidup dengan cara yang positif, menganut prinsip positif, dan berkegiatan positif.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga teman-teman bisa mengambil hikmahnya. Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5 dari 5 halaman

Contoh Pidato Persuasif Singkat tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, puji dan syukur senantiasa kita haturkan kepada ke hadirat Allah subhanahu wataala atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul di kelas ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apa pun.

Selawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad saw.

Bapak dan Ibu yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia, izinkan saya menyampaikan pidato singkat yang berjudul "Cara Menjaga Kebersihan Sungai".

Sungai adalah satu di antara ciptaan Allah yang perlu kita jaga. Beragam manfaat sungai telah kita rasakan hingga sekarang. Sudah menjadi kewajiban bersama untuk selalu menjaga sungai agar tetap bersih dari sampah.

Menjaga kebersihan dan pelestarian sungai sangat penting. Jangan sampai kita membuang sampah ke dalam sungai yang nantinya dapat membuat arus sungai terhambat.

Di sebagian wilayah, sungai merupakan jalur transportasi yang masih digunakan. Oleh karena itu, keberadaan sampah akan mengganggu perjalanan alat transportasi seperti perahu yang digunakan masyarakat.

Tidak hanya itu, beberapa pekerjaan orang tua kita juga banyak menggantungkan pada kondisi sungai. Contohnya seperti nelayan, apabila air sungai dipenuhi sampah mereka tidak akan bisa mencari ikan dan udang karena air yang tercemar dan ikan di sungai yang mati.

Peran sungai sangat besar dalam kehidupan. Bahkan sungai menjadi mata air yang digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, marilah kita menjaga dan melestarikan kebersihan sungai kita. Hal sederhana bisa kita lakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Tindakan kecil ini akan bermanfaat besar apabila diterapkan oleh semua orang. Sungai menjadi bersih, banjir bisa diantisipasi, jalur air tidak mampet, masyarakat juga dapat memanfaatkan air sungai untuk kehidupan lainnya.

Menjaga sungai adalah kewajiban bersama, tugas bersama dan membutuhkan kerja sama seluruh pihak. Mari lestarikan sungai kita agar air makin jernih dan indah.

Saya berharap kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik untuk ke depannya serta hidup teratur dengan menjaga kebersihan lingkungan

kita. Akhir kata, mohon maaf jika ada kesalahan pada ucapan saya. Terima kasih 

 

Wassalamualaikum warrahmatullah wabbarakatuh.

 

Sumber: Finansialku

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer