Sukses


5 Manfaat Persatuan dan Kesatuan di Sekolah

Bola.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman suku, budaya, dan bahasa. Perbedaan-perbedaan tersebut harus disyukuri dengan cara tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata "satu", yang berarti utuh atau tidak terpecah-pecah. Pengertian kesatuan berarti perihal satu; keesaan; sifat tunggal; satuan. Persatuan secara sederhana berarti gabungan dari beberapa bagian menjadi sesuatu yang utuh.

Persatuan bangsa merupakan syarat yang mutlak bagi kejayaan Indonesia. Setiap warga negara harus mampu menghidupkan kembali semboyan "Bhinneka Tunggal Ika", yang berarti berbeda-beda, tetapi tetap satu.

Jadi, persatuan dan kesatuan tersebut harus diterapkan setiap orang dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk anak sekolah. Dengan menerapkannya sejak dini tentunya kerukunan akan terjalin.

Selain itu, ada beragam manfaat menerapkan sikap persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah. Apa saja manfaat persatuan dan kesatuan di sekolah?

Berikut ini beberapa manfaat persatuan dan kesatuan di sekolah yang perlu diketahui, dilansir dari vanilith1.sdstrada.sch.id, Senin (4/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Persatuan dan Kesatuan di Sekolah

Manfaat persatuan dan kesatuan di sekolah antara lain:

1. Menghindari Perselisihan

Menerapkan persatuan dan kesatuan di sekolah dapat meningkatkan komunikasi yang baik di antara warga sekolah.

Dengan komunikasi yang baik perbedaan pendapat dapat disatukan, kesalahpahaman dapat dihindari dan perselisihan di antara warga sekolah dapat dicegah.

2. Menciptakan Suasana Nyaman

Menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah akan memberikan rasa nyaman bagi semua warga sekolah. Rasa nyaman ini akan membuat suasana belajar yang menyenangkan.

3. Keadaan Lebih Aman dan Tenteram

Hidup dengan menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah akan memberikan rasa aman dan tenteram bagi semua warga sekolah.

Tidak ada perselisihan, percekcokan ataupun pertengkaran yang dapat mengganggu atau mengusik ketenangan suasana belajar.

Hubungan baik yang selalu terjaga di antara warga sekolah memberikan dampak yang sangat positif di dalam kehidupan bermasyarakat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Persatuan dan Kesatuan di Sekolah

4. Mempererat Tali Persahabatan

Persatuan dan kesatuan membantu memperkukuh hubungan atau ikatan persahabatan di antara seluruh warga sekolah.

Dengan begitu, ikatan persahabatan ini akan semakin menumbuhkan keinginan untuk saling membantu satu sama lain.

5. Memiliki Banyak Teman

Menjaga persatuan dan kesatuan juga membuat kita memiliki banyak teman. Persatuan dan kesatuan menciptakan suasana keakraban dengan siapa pun sehingga kita akan mudah memiliki teman.

Persatuan dan kesatuan mencerminkan adanya saling pengertian yang dapat menciptakan perdamaian, persaudaraan, dan persahabatan.

4 dari 5 halaman

Contoh Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Sekolah

Saling Membantu

Adakalanya teman-teman di sekolah tidak memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Membantu memberikan penjelasan kepada teman yang kesulitan memahami materi merupakan satu di antara contoh menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah.

Saling membantu juga dapat diwujudkan ketika ada teman yang lupa membaca alat tulis, jika kita memiliki alat tulis lebih, kita dapat meminjamkannya kepada teman.

Menghindari Pertengkaran

Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar terjadi dalam pergaulan di masyarakat. Namun, perbedaan tersebut jangan sampai menimbulkan pertentangan, pertengkaran, atau peselisihan yang berkepanjangan.

Harus ada sikap saling menghargai dan mau menerima perbedaan serta mengambil jalan atau keputusan yang terbaik sebagai sebuah kesepakatan bersama.

5 dari 5 halaman

Contoh Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Sekolah

Saling Memberikan Perhatian

Sikap ini merupakan cerminan hidup rukun, rasa empati, perhatian, dan solidaritas antarteman di sekolah.

Misalnya, dengan menjenguk teman yang sakit, menghibut teman yang sedang berduka, memberi bantuan kepada teman yang dilanda musibah, ikut berduka cita jika ada teman yang kehilangan keluarganya karena kematian dan lain-lain.

Menghormati Perbedaan

Sekolah terdiri dari warganya yang berbeda-beda karakter, latar belakang sosial ekonomi, suku bangsa ataupun agama.

Saling menghormati diatara warga sekolah, hormat dan patuh pada guru merupakan satu di antara bentuk kerukunan di sekolah. Semua warga sekolah menghargai perbedaan pendapat dan pandangan dan selalu dapat bekerja sama.

Belajar Bersama

Belajar bersama merupakan satu di antara bentuk kerukunan di sekolah. Siswa dapat membentuk kelompok untuk belajar bersama dan mengerjakan tugas bersama.

Di dalam kelompok, siswa dapat saling membantu satu sama lain sehingga kompetensi yang dipelajari dapat dipahami.

 

Sumber: vanilith1.sdstrada.sch.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer