Sukses


Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Bola.com, Jakarta - Kebutuhan adalah suatu hal yang muncul secara naluriah dan diperlukan manusia untuk mempertahankan hidupnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kebutuhan berasal dari kata "butuh", yang bermakna yang diperlukan atau yang dibutuhkan. Sedangkan arti kata kebutuhan adalah sesuatu yang dibutuhkan dapat berupa tempat, orang, atau semua benda dan yang dibendakan.

Seperti diketahui, kebutuhan manusia tidak terbatas dan selalu diberi pilihan untuk memilih kebutuhan mana yang akan dipenuhi terlebih dahulu.

Kebutuhan yang terus bertambah, tetapi tidak diimbangi dengan sumber daya yang ada bisa mengakibatkan kelangkaan.

Di sisi lain, kebutuhan manusia dapat dikelompokan berdasarkan tingkat kepentingan, waktu pemenuhan kebutuhan, sifat, atau subjek pemenuh kebutuhan.

Berikut ini jenis-jenis kebutuhan manusia beserta penjelasannya yang perlu diketahui, dilansir dari Buku Ilmu Pengetahuan Sosialuntuk SMP Kelas VII terbitan Kemdikbud, Selasa (5/9/2023).

 

2 dari 5 halaman

Jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan

Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia, apabila tidak terpenuhi atau pemenuhannya ditangguhkan akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidupnya.

Kebutuhan primer disebut juga dengan kebutuhan utama. Kebutuhan primer meliputi kebutuhan akan makan, pakaian, tempat tinggal.

Makan merupakan kebutuhan utama manusia, jika kebutuhan ini tidak terpenuhi maka kelangsungan hidup seseorang akan terganggu.

Pakaian juga merupakan kebutuhan utama karena tanpa pakaian yang memadai akan mengganggu manusia dalam aktivitas sosialnya.

Selain itu tempat tinggal merupakan kebutuhan primer bagi manusia karena tempat tinggal berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat, berlindung, dan berteduh.

 

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder termasuk kebutuhan pelengkap karena kebutuhan ini akan dipenuhi dan diusahakan setelah kebutuhan primer dapat terpenuhi.

Apabila kebutuhan sekunder belum bisa terpenuhi maka tidak akan menganggu kelangsungan hidup seseorang. Misalnya TV, radio, dan buku.

 

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan terhadap barang yang dianggap mewah. Kebutuhan ini termasuk kebutuhan ketiga setelah kebutuhan primer dan sekunder. Misalnya membeli jam, tas atau mobil mewah untuk meningkatkan status sosialnya di masyarakat.

Tingkat kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Perbedaan ini tergantung dari aktivitas sehari-hari, pendapatan, status sosial, kondisi ekonomi dan lingkungan. Misalnya bagi seorang siswa, kebutuhan akan buku, seragam, dan alat tulis adalah kebutuhan pokok dan harus terpenuhi.

Jika siswa tidak memiliki buku, seragam, dan alat tulis maka kegiatan belajarnya akan terganggu. Bagi ibu rumah tangga kebutuhan akan perhiasan, baju dan gadget terbaru merupakan kebutuhan tersier untuk menunjang penampilannya.

Bagi seorang pejabat mereka membutuhkan jam dan mobil mewah untuk meningkatkan status sosialnya di masyarakat.

3 dari 5 halaman

Jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu Pemenuhan Kebutuhan

Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat dibutuhkan. Hal ini berarti kebutuhan ini harus dipenuhi pada saat itu juga dan tidak dapat ditunda pemenuhannya, apabila tidak dapat dipenuhi akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup seseorang.

Misalnya seseorang yang sakit maka membutuhkan obat atau dilakukan perawatan. Ketika obat tidak diberikan pada saat itu, akan menimbulkan risiko yang bisa memengaruhi kelangsungan hidup seseorang.

Selain itu dalam bidang jasa, kebutuhan akan petugas pemadam kebakaran saat terjadi kebakaran. Apabila kebutuhan akan petugas kebakaran tidak dipenuhi pada waktu tersebut akan mengganggu kelangsungan hidup seseorang.

Kebutuhan Masa Mendatang

Kebutuhan masa mendatang merupakan kebutuhan yang waktu pemenuhannya bisa dilakukan pada masa mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan masa mendatang dapat dipersiapkan dan direncanakan mulai sekarang.

Misalnya seseorang yang ingin melakukan ibadah haji di masa mendatang, dapat menabung mulai saat ini.

Kebutuhan Mendesak

Kebutuhan mendesak merupakan kebutuhan yang terjadi secara tiba-tiba dan sifatnya insidental. Seseorang perlu mempunyai dana darurat untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendesak.

Misalnya masyarakat yang terkena musibah banjir bandang membutuhkan pertolongan berupa makanan siap makan dan pakaian bersih saat itu juga

Kebutuhan Sepanjang Waktu

Kebutuhan sepanjang waktu merupakan kebutuhan yang dipenuhi sepanjang waktu sampai seseorang tersebut tidak membutuhkannya lagi. Misalnya kebutuhan akan pendidikan. Seseorang terus-menerus belajar sampai akhir hayatnya.

4 dari 5 halaman

Jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifat

Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani (kebutuhan fisik) merupakan kebutuhan yang pemenuhan kebutuhannya akan memberikan kepuasan kepada badan atau jasmani seseorang.

Jenis alat pemuas kebutuhan ini biasanya berupa benda atau kegiatan fisik yang berfungsi untuk menyegarkan badan seperti olahraga.

Contoh lain berupa makanan dan obat obatan yang manfaatnya langsung dirasakan oleh jasmani seseorang.

Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang pemenuhan kebutuhannya akan memberikan kepuasan kepada rohani atau batin seseorang. Kebutuhan ini diperlukan untuk menjaga kesehatan mental dan rohani seseorang.

Contoh kebutuhan ini adalah rekreasi setelah bekerja terus menerus atau kajian rohani rutin untuk meningkatkan keimanan.

Jika kebutuhan rohani ini terpenuhi, biasanya seseorang akan merasa lebih tenang, puas, dan merasa aman.

5 dari 5 halaman

Jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek

Kebutuhan Individu

Kebutuhan individu merupakan kebutuhan yang kepuasan dan tujuan pemenuhannya dirasakan oleh individu atau seseorang. Jika kebutuhan ini terpenuhi maka individu tersebut yang merasakan manfaatnya.

Kebutuhan setiap individu berbeda-beda. Contoh: makanan bagi yang lapar, obat bagi yang sakit atau mobil bagi sopir taksi online.

 

Kebutuhan Kelompok

Kebutuhan kelompok merupakan kebutuhan yang kepuasan dan tujuan pemenuhannya dirasakan oleh kelompok atau golongan masyarakat tertentu.

Lantaran manfaat kebutuhan ini dirasakan oleh semua kelompok, biasanya dalam proses pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama.

Contohnya pembangunan tempat ibadah untuk masyarakat suatu daerah, perbaikan jalan pedesaan atau pembangunan jembatan penghubung antardesa.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer