Sukses


Macam-Macam Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Kacang merah atau biasa juga dikenal sebagai azuki beans atau kacang adzuki, telah menjadi bagian umum dari berbagai budaya kuliner di seluruh dunia selama berabad-abad.

Namun, manfaat kesehatan yang terkandung dalam kacang merah baru-baru ini mendapat perhatian lebih serius dalam bidang ilmu gizi dan kesehatan.

Kacang merah di dunia internasional lebih dikenal dengan nama kidney bean, hal tersebut karena bentuk kacang merah yang dianggap mirip bentuk ginjal manusia.

Ada berbagai nutrisi dan zat yang menyehatkan bagi tubuh terkandung dalam kacang merah, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, serat, zat besi, potasium, magnesium, dan mangan.

Kandungan serat kacang merah dapat membantumu memiliki berat badan yang ideal karena serat dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari kacang merah untuk kesehatan, di antaranya menurunkan kadar koleterol.

Nah, berikut macam-macam manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir dari Healthline, Kamis (7/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ utama pada tubuh manusia. Selain dengan berolahraga secara rutin, kita dapat menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengonsumsi makanan sehat.

Kamu dapat mengonsumi kacang merah untuk membantu menjaga kesehatan jantung berkat kandungan serat dan protein.

Serat yang terdapat di kacang merah dapat mengontrol keseimbangan kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL) yang ada dalam tubuh. Selain itu, kacang merah mengandung kalium yang dapat berfungsi mengatur irama detang jantung.

Konsumsilah kacang merah secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebih sering kali membuat sebagian kalangan tidak percaya diri. Namun, upaya mendapatkan berat badan ideal dengan berdiet, dilakukan dengan diet yang tidak sehat.

Diet dengan cara alami selalu dianjurkan oleh para ahli. Diet alami, seperti mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin, lebih aman daripada diet menggunakan obat kimia.

Kamu dapat memasukan kacang merah ke menu diet. Kacang jenis ini mengandung banyak protein dan serat sehingga dapat membuat perutmu merasa kenyang dalam waktu yang lama.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh

3. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah yang tinggi sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko terkena berbagai macam penyakit kronis, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah, satu di antaranya mengonsumsi kacang merah secara rutin.

Kacang merah mengandung mineral seperti kalium yang dapat mengontrol tekanan darah. Kandungan magnesium dalam kacang merah juga dapat membantu menurunkan tekan darah tinggi.

4. Mencegah Kanker

Kacang merah merupakan sumber makanan yang memiliki sifat antioksidan sehingga dapat menghindarkan tubuh kita dari paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas yang terlalu sering dapat memunculkan berbagai macam sel kanker dalam tubuh. Serat yang terkandung di dalam kacang merah dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker payudara dan prostat.

Selain itu, kandungan serat yang terdapat di dalam kacang merah dapat menurunkan risiko terkena kanker saluran pencernaan karena serat dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan di dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh

5. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Kadar gula yang tinggi adalah satu di antara penyebab utama munculnya diabetes. Makanan yang kita konsumsi setiap hari berkaitan erat dengan kadar gula dalam darah.

Mengonsumsi kacang merah secara rutin dapat membantu kita mengontrol kadar gula dalam darah sehingga menurunkan risiko terkena diabetes.

Kacang merah kaya akan kandungan protein dan serat, yang dapat membantu dalam memperlambat pelepasan gula ke dalam darah sehingga tidak terjadi penumpukan gula dalam aliran darah.

Selain itu, serat yang terkandung dalam kacang merah dapat meningkatkan resistensi insulin, yang pada akhirnya dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer