Sukses


9 Hadis tentang Silaturahmi, Umat Muslim Wajib Memahami

Bola.com, Jakarta - Istilah silaturahmi berasal dari dua kata gabungan bahasa Arab. Kata tersebut yaitu shilah dan ar-rahim, yang secara bahasa diartikan sebagai menghubungkan tali kekerabatan atau rasa kasih sayang antarsesama manusia.

Biasanya umat muslim melakukan silaturahmi ke rumah saudara, tetangga, teman, kerabat, dan lain sebagainya ketika momen Lebaran.

Tidak hanya ketika momen lebaran saja, silaturahmi bisa dilakukan kapan saja. Anjuran umat muslim menjalankan silaturahmi berkaitan dengan keharusan bagi setiap manusia untuk menjaga hubungan persaudaraan.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam satu di antara surah Al-Qur’an umat muslim untuk terus melakukan menyambung silaturahmi.

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat." (QS. Al Hujurat: 10)

Selain dalam ayat Al-Qur'an, persoalan silaturahmi juga tertuang dalam banyak hadis Rasulullah saw.

Berikut ini sembilan hadis tentang silaturahmi yang wajib dipahami umat muslim, dikutip dari laman iainkudus.ac.id dan uin-alauddin.ac.id, Rabu (6/9/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Silaturahmi

Hadis tentang Silaturahmi 1

"Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, salatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Silaturahmi 2

صِلْ مَنْ قَطَعَكَ وَأَعْطِ مَنْ حَرَمَكَ وَأَعْرِضْ عَمَّنْ ظَلَمَكَ

"Sambunglah orang yang memutuskan (hubungan denganmu), berilah kepada orang yang tidak memberi kepadamu, dan berpalinglah dari orang yang berbuat zalim kepadamu." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Silaturahmi 3

"Beribadahlah kepada Allah Swt. dengan sempurna, jangan syirik, dirikanlah salat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orang tua dan saudara." (HR Bukhari)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Silaturahmi

Hadis tentang Silaturahmi 4

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَحْرَى أَنْ يُعَجِّلَ اللهُ لِصَاحِبِهِ الْعُقُوْبَةَ فِي الدُّنْيَا مَعَ مَا يُدَّخَرُ لَهُ فِي اْلآخِرَةِ مِنَ الْبَغْيِ وَقَطِيْعَةِ الرَّحِمِ

"Tidak ada dosa yang Allah Swt. lebih percepat siksaan kepada pelakunya di dunia, serta yang tersimpan untuknya di akhirat selain perbuatan zalim dan memutuskan tali silaturahmi." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Silaturahmi 5

"Tidak ada dosa yang lebih pantas disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia bersama dosa yang disimpan untuknya di akhirat daripada perbuatan zalim dan memutus silaturahmi." (HR. Abu Daud)

Hadis tentang Silaturahmi 6

الصَّدَقَةُ عَلَى الْمِسْكِيْنِ صَدَقَةٌ وَعَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ: صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ

"Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah, dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi." (HR. Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Silaturahmi

Hadis tentang Silaturahmi 7

"(Hakikat) orang yang menyambung silaturahmi itu bukan orang yang membalas kebaikan (dengan kebaikan). Namun, ia yang apabila silaturahminya terputus, bergegas menyambungnya." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Silaturahmi 8

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

"Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya maka hendaklah menjalin silaturahmi." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Silaturahmi 9

"Kekerabatan itu berada di arsy, ia berkata, 'siapa yang menyambung ku niscaya Allah akan menyambungkan kepadanya (kebaikan), dan siapa yang memutusku maka Allah akan memutus darinya (kebaikan)'." (HR. Bukhari, Muslim)

 

Sumber: iainkudus.ac.id, uin-alauddin.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer