Sukses


6 Bahaya Minum Kopi sebelum Sarapan yang Penting Dicermati

Bola.com, Jakarta - Tidak sedikit orang terutama para pekerja memilih untuk minum kopi di pagi hari. Minum kopi di pagi hari dipercaya dapat meningkatkan semangat dan motivasi untuk memulai aktivitas.

Yap, minum kopi di pagi hari sudah menjadi gaya hidup. Hanya, sebagian dari mereka memiliki kebiasaan minum kopi sebelum sarapan atau saat perut sedang kosong.

Kebiasaan minum kopi sebelum sarapan nyatanya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Ada berbagai risiko gangguan kesehatan yang dapat dialami seseorang, apalagi jika sering dilakukan.

Bahkan, banyak pakar nutrisi dan kesehatan yang tidak menyarankan minum kopi di pagi hari sebelum sarapan.

Untuk itu, tidak ada salahnya kamu menyimak ulasan bahaya yang bisa dialami akibat minum kopi sebelum sarapan guna menghindari berbagai gangguan kesehatan.

Berikut ini enam bahaya minum kopi sebelum sarapan yang penting dicermati, dikutip dari laman Healthline dan Livestrong, Rabu (6/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bahaya Minum Kopi sebelum Sarapan

1. Kecemasan

Saat kamu bangun tidur, kortisol atau hormon stres sedang berada di titik tertinggi. Jika kamu minum kopi sebelum sarapan, kafein dapat berbenturan dengan kortisol yang menyebabkan tubuh mengalami lebih banyak stres.

Lebih baik menunggu sekitar satu jam setelah terbangun untuk minum secangkir kopi.

2. Inflamasi

Mengonsumsi kopi sebelum sarapan atau saat perut sedang kosong bisa mengakibatkan tubuh mengalami inflamasi.

Kebiasaan ini adalah pemicu paling serius penyebab stres oksidatif, diabetes, serta kondisi autoimun.

Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui waktu dan kondisi yang baik untuk mengonsumsi kopi.

3 dari 5 halaman

Bahaya Minum Kopi sebelum Sarapan

3. Mengganggu Sistem Pencernaan

Saat minum kopi di pagi hari tanpa didahului dengan sarapan, kandungan asam pada kopi akan langsung bereaksi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada perut, asam lambung, dan gangguan pencernaan.

Bahaya ini banyak terjadi pada pekerja yang masih jarang minum kopi dan terpaksa harus meminumnya di pagi hari. Selain itu, reaksinya beragam pada setiap orang.

Ada orang yang langsung sakit perut dan mual setelah minum kopi. Ada juga orang yang harus meminum beberapa gelas dulu baru merasakan bahaya tersebut.

Jadi, penting untuk perhatikan bagaimana respons tubuh kamu saat mengonsumsi kopi.

4 dari 5 halaman

Bahaya Minum Kopi sebelum Sarapan

4. Kram Kaki

Minum kopi sebelum sarapan juga bisa menggagalkan semua upayamu untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Sebab, kafein bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga menyebabkan kaki kram yang membuat kamu terjaga di malam hari.

5. Memengaruhi Level Kortisol

Pagi hari adalah waktu di mana level kortisol dalam tubuh kamu sedang tinggi. Kortisol adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal dan membantu mengatur metabolisme, tekanan darah, serta kadar gula darah.

Kortisol akan tinggi levelnya di pagi hari karena bertugas memberikan energi, lalu akan menurun saat sore hari.

Saat kamu minum kopi di pagi hari dengan perut kosong dan level kortisol sedang tinggi, kamu bisa mengubah siklus alaminya.

Peningkatan level yang drastis akan menyebabkan beberapa faktor risiko kesehatan termasuk memengaruhi berat badan hingga ketakseimbangan hormon.

Ketakseimbangan tersebut akan berlanjut hingga sore atau malam hari, meskipun kortisol sudah menurun. Akibatnya, ini akan menyebabkan gangguan tidur, kenaikan berat badan hingga mengganggu respons imunitas tubuh.

5 dari 5 halaman

Bahaya Minum Kopi sebelum Sarapan

6. Asam Lambung Naik

Asam lambung memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran pencernaan makanan, dan ini diproduksi ketika kamu makan, mencium aroma makanan, bahkan saat sedang memikirkan makanan.

Di sisi lain, asam lambung adalah cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa ada makanan apa pun untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

Kopi telah terbukti untuk merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

 

Sumber: Healthline, Livestrong

Dapatkan artikel bahaya dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer