Sukses


5 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Budaya

Bola.com, Jakarta - Teks eksplanasi merupakan sebuah karangan yang menyajikan penjelasan atas serangkaian fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Isi teks eksplanasi bersifat fakta dan informatif. Itulah mengapa teks tersebut sering digunakan pada artikel, berita, maupun esai.

Teks eksplanasi memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman secara detail dan jelas mengerti mengenai fenomena yang terjadi sekaligus menambah wawasan pembaca.

Dalam penyajiannya, teks eksplanasi menjelaskan bagaimana fenomena tersebut terjadi, dari penyebab hingga dampaknya.

Budaya merupakan satu di antara topik yang kerap dibahas dan dijadikan inspirasi penulisan teks eksplanasi.

Ketika kamu ingin membuat teks eksplanasi budaya, kamu perlu memasukkan tiga struktur penting, yakni pernyataan umum, penjelasan sebab-akibat, dan interpretasi.

Berikut ini lima contoh teks eksplanasi fenomena budaya, dikutip dari laman Materibindo dan Mapel, Rabu (6/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Wayang

  • Pernyataan Umum

Wayang merupakan seni pertunjukan asli Indonesia yang berkembang cukup pesat di Jawa dan Bali. Selain di daerah tersebut, wayang juga cukup populer di Pulau Sumatra dan Semenanjung Malaya, di mana budaya ini dipengaruhi oleh kebudayaan dari Jawa dan Hindu.

  • Penjelasan Sebab Akibat

UNESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka terkenal dari Indonesia pada 7 November 2003, sebagai warisan maha karya dunia yang tidak ternilai harganya dalam seni bertutur.

Menurut sejarah, awal pertunjukan wayang berasal dari Prasasti Balitung pada abad ke-4 yang berbunyi si Galigi mawayang.

Ketika agama Hindu masuk ke Indonesia, wayang menjadi media efektif untuk menyebarkan agama Hindu. Pertunjukan wayang menggunakan cerita Ramayana dan Mahabharata.

Saat Islam datang ke Nusantara, muncul boneka wayang yang terbuat dari kulit sapi, di mana hanya bayangannya saja yang tampak saat pertunjukan, wayang inilah yang kita kenal dengan sebutan wayang kulit.

Selain itu, ada wayang sadat yang dipergunakan untuk menyebarkan agama Islam dengan memperkenalkan nilai-nilai keislaman.

  • Interpretasi

Nilai-nilai filosofi yang tersimpan dalam wayang mengajak masyarakat untuk selalu berbuat baik dan menghindari kejahatan, serta menanamkan semangat kepada masyarakat melalui pertunjukan wayang.

Adapun istilah dalam pe-wayang-an "memayu hayuning bebrayan agung", sesuai ajaran agama dan kepercayaan masing-masing.

3 dari 6 halaman

Budaya Bali

  • Pernyataan Umum

Ngaben merupakan tradisi khas pulau Bali berupa pengurusan jenazah seseorang yang telah tiada. Tradisi ini mengkremasi orang yang sudah meninggal dengan adat dan istiadat setempat.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Sebagai pulau yang terkenal menjadi destinasi wisata, Bali selalu didatangi oleh para turis baik lokal maupun mancanegara. Namun, tidak semua turis ini diizinkan untuk melihat upacara sakral yang satu ini.

Mereka perlu mendapatkan izin dari keluarga yang bersangkutan. Walau tradisi Ngaben ini diadakan seolah-olah begitu meriah, tetap saja ini merupakan acara berduka.

Tujuan Ngaben diadakan adalah agar keluarga yang ditinggalkan tak bersedih dan arwah yang meninggal diharapkan hidup bahagia di nirwana. Perlu biaya yang cukup besar jika ingin mengadakan budaya Ngaben.

Hal itu karena Ngaben dikenal sebagai tradisi mengurus jenazah termahal dan terlama. Belum lagi berbagai atribut keagamaan dan upacara yang perlu disediakan oleh pihak keluarga.

  • Interpretasi

Walau demikian, tradisi ini harus dijaga dan dilestarikan. Alhasil, tradisi ini tetap dipertahankan oleh umat Hindu dan menjadi satu di antara budaya khas Pulau Bali.

4 dari 6 halaman

Batik

  • Pernyataan Umum

Batik adalah kain bergambar yang cara pembuatannya secara khusus dengan menuliskan/menerakan malam pada kain tersebut, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu memiliki ciri khas.

Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi serta pengembangan motif dan budaya yang terkait.

UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi sejak 2 Oktober 2009.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak dahulu kala. Perempuan-perempuan Jawa pada saat itu menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai satu di antara mata pencaharian.

Hal itu menjadikan pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "batik cap" yang memungkinkan laki-laki melakukan pekerjaan membatik ini.

Ragam corak dan warna batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan ada juga beberapa corak yang hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu.

Namun, batik pesisir menyerap berbagai pengaruh asing, seperti para pedagang asing dan para penjajah. Warna-warna cerah seperti warna merah dipopulerkan oleh Tionghoa.

Bangsa penjajah asal Eropa mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah, termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru.

Batik tradisional masih tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai pada upacara-upacara adat karena masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

  • Interpretasi

Dengan begitu, batik dapat dijadikan kebanggan rakyat Indonesia karena batik memiliki ragam corak dan warna yang dapat menarik minat para turis asing untuk memilikinya.

Batik dapat menjadi satu di antara sumber mata pencaharian yang dapat meningkatkan ekonomi Indonesia.

5 dari 6 halaman

Tari Gantar

  • Pernyataan Umum

Tari khas dari Kalimantan Timur adalah tari gantar. Tari ini sudah dilestarikan sejak zaman dahulu. Tari tradisional ini dipentaskan pada saat upacara adat tertentu.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Menurut cerita, tari gantar adalah tarian untuk upacara pesta tanam padi. Properti yang digunakan yaitu sebuah tongkat panjang berukuran 60 cm yang di bagian ujungnya berhiaskan rumbai-rumbai dan bambu yang pendek.

Tongkat panjang dalam tarian digunakan untuk melubangi tanah. Bambu pendek digunakan untuk menaburkan benih padi pada lubangnya.

  • Interpretasi

Tari gantar yang memiliki ciri khas tertentu harus dilestarikan. Nilai dari tari ini juga harus dapat diedukasi kepada generasi muda untuk diambil hikmah dan pelajaran karena tari ini merupakan satu di antara kekayaan Indonesia.

6 dari 6 halaman

Tari Kecak

  • Pernyataan Umum

Tari kecak merupakan seni tari tradisional yang berasal dari Bali. Tarian ini dibawakan oleh puluhan penari laki-laki atau lebih dengan cara duduk melingkar sambil menyerukan "cak cak cak" dengan irama tertentu serta mengangkat kedua lengan.

Tari kecak ditampilkan oleh puluhan penari pria yang bertelanjang dada dan mengenakan kain bermotif kotak-kotak khas Bali dari pinggang sampai ke lutut.

  • Penjelasan Sebab Akibat

Tari kecak pertama kali diciptakan oleh Wayan Limbak, seorang penari asal Bali, dan Walter Spies, seorang pelukis asal Jerman. Kedua tokoh tersebut menciptakan Tarian kecak pada 1930-an.

Tarian tradisional Bali ini diciptakan berdasarkan ritual Sanghyang serta beberapa bagian dari cerita Ramayana. Tari kecak juga dikenal dengan nama Rangrang Sanghyang.

Ritual Sanghyang adalah pertunjukan tarian di mana penarinya dalam keadaan tidak sadar atau kesurupan. Pada kondisi ini, mereka berkomunikasi dengan ruh para leluhur kemudian menyampaikan harapan-harapannya.

Pertunjukan tari kecak membawakan cerita yang diambil dari kisah Ramayana. Seruan "cak cak cak" yang dilantunkan oleh penari-penari pria sambil mengangkat kedua tangan adalah gambaran satu di antara peristiwa dalam kisah Ramayana.

Peristiwa di mana barisan kera memberikan bantuan kepada Rama untuk melawan Rahwana. Di pertunjukan tari kecak, penonton disuguhi nuansa sakral sekaligus mistis melalui pernak-pernik seperti bunga kamboja, gemerincing gelang, topeng, hingga bara api.

  • Interpretasi

Tari kecak diciptakan sebagai seni yang mengandung ritual dan bernilai spiritual. Keindahan gerakan yang berpadu dengan seruan berirama oleh para penarinya membuat pertunjukan ini menjadi satu di antara daya tarik utama wisata budaya Bali.

 

Sumber: Materibindo, Mapel

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer