Sukses


Arti Vendor beserta Fungsi, Tugas, dan Cara Kerjanya

Bola.com, Jakarta - Vendor adalah pihak berbentuk perusahaan yang memasok barang dan jasa pada konsumen atau bisnis lainnya. Dalam transaksi bisnis, vendor juga bisa berperan sebagai produsen.

Praktiknya, vendor tidak hanya bergantung pada hubungan antara penjual dan konsumen. Namun, mereka juga bisa berbentuk B2B yang menyediakan berbagai bahan untuk diproduksi menjadi barang akhir.

Selain itu, vendor bisa melakukan kerja sama dengan pemerintah dalam menyediakan keperluan dari berbagai instansi.

Secara umum, vendor memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Alasanya, mereka dapat memengaruhi kinerja dari bisnis itu sendiri, khususnya dalam hubungan B2B.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang vendor, dikutip dari lamanĀ Skillacademy dan Kitalulus, Kamis (7/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Fungsi dan Tugas Vendor

Seperti yang telah disebutkan di atas, keberadaan vendor penting bagi kelangsungan bisnis. Sebab, mereka berfungsi membantu menyediakan barang atau jasaĀ untuk memenuhi kebutuhan perusahaan lain.

TakĀ heran, satu usaha besar bisa bekerja sama dengan beberapa vendor yang berbeda. Hubungan vendor yang kuat dapat membantu bisnis menjadi sukses dengan cara meningkatkan efisiensi dan menghemat biaya pelanggan dalam proses supply chain.

Jadi, secara singkat, fungsi vendor adalah menyuplai berbagai produk dan/atau jasa kepada para pengusaha untuk dijual kembali.

Supply chain ini dimulai dari produksi dan pengiriman bahan baku, kemudian berakhir dengan penjualan dan pengiriman produk akhir.

Adapun beberapa tugas vendor adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pengiriman produk dan/atau jasa dengan tepat waktu.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Memberikan customer support.
  • Menghindari risiko dan gangguan pada supply chain.
  • Membangun hubungan yang kuat dengan pebisnis.
3 dari 3 halaman

Cara Kerja Vendor

Beberapa orang menyebut vendorĀ sebagai supplierĀ atau pemasok. Ini berarti vendor adalah orang atau badan usaha yang menyediakan bahan baku maupun produk setengah jadi. Bahkan, beberapa vendor juga menyediakan jasa yang bisa dipesan sesuai kebutuhan.

Umumnya, cara kerja vendor adalah dengan menemukan tempat untuk membeli produk dan/atau jasa yang mereka butuhkan, lalu memasarkan dan menjualnya.

Pelayanan setiap vendor berbeda-beda tergantung pada perusahaan, sifat bisnis, dan skala usaha (besar atau kecil).

Pemasok bahan baku dapat menjadi sebuah vendor ke produsen yang menjual kembali ke usaha grosir dan pengecer dengan mengirimkan barang jadi. Kemudian, pengecer ini juga menjadi vendor untuk menjual produk kepada pelanggan mereka.

Ā 

Sumber: Skillacademy, Kitalulus

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer