Sukses


Taklukkan Serbia dan Juarai Piala Dunia FIBA 2023, Timnas Basket Jerman Cetak Sejarah

Bola.com, Manila - Timnas Basket Jerman berhasil menjuarai Piala Dunia FIBA 2023 setelah mengalahkan Serbia di final, Minggu (10/9/2023) malam WIB. 

Bertanding di Mall of Asia Arena, Pasay, Filipina, Timnas Basket Jerman awalnya mendapatkan perlawanan sengit dari Serbia. Alhasil, pasukan Gordon Herbert itu tertinggal 23-26 dari Serbia pada kuarter pertama.

Pertandingan semakin menarik pada kuarter kedua. Timnas Jerman berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 47-47.

Setelah halftime, dikomandoi Dennis Schroder, Jerman menggila dan unggul 69-57. Timnas Basket Jerman kemudian tak terbendung dan berhasil menutup kuarter keempat dengan kemenangan 83-77 pada final Piala Dunia FIBA 2023.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Peran Penting

Kemenangan Timnas Basket Jerman di Piala Dunia FIBA 2023 tak bisa dipisahkan dari peran penting Dennis Schroder. Point guard berusia 29 tahun itu tercatat menyumbang 28 poin pada pertandingan final tersebut.

Sementara itu, Johannes Voigtmann tercatat menyumbangkan delapan rebounds untuk Timnas Basket Jerman. Hasil itu, membuat Timnas Basket Jerman mencetak sejarah.

Ini menjadi gelar pertama buat Jerman sejak mengikuti Piala Dunia FIBA sejak 1986. Jerman menjadi negara Eropa keempat yang berhasil menjuarai Piala Dunia FIBA setelah Yugoslavia, Uni Soviet, dan Spanyol.

3 dari 4 halaman

Lolos Olimpiade

Keberhasilan menjuarai Piala Dunia FIBA 2023 membuat Timnas Basket Jerman berhak lolos ke Olimpiade 2024. Jerman akan didampingi Serbia yang menjadi runner-up.

Sementara itu, Kanada dan Amerika Serikat sebagai penghuni peringkat tiga dan empat juga dipastikan lolos. Keberhasilan Timnas Basket Jerman juga membuat sang pelatih mencetak sejarah.

Ini menjadi gelar bergengsi yang berhasil dipersembahkan Gordon Herbert. Sebelumnya, Herbert sukses memberi gelar Basket Bundesliga dan FIBA Europe Cup untuk Skyliners Frankfurt.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Timnas Basket Jerman di Piala Dunia FIBA 2023

Penyisihan grup:

  • Timnas Basket Jerman 81-63 Jepang
  • Australia 82-85 Timnas Basket Jerman
  • Timnas Basket Jerman 101-75 FInlandia

Babak kedua:

  • Timnas Basket Jerman 100-73 Georgia
  • Timnas Basket Jerman 100-71 Slovenia

Perempat final :

  • Timnas Basket Jerman 81-79 Latvia

Semifinal :

  • Amerika Serikat 111-113 Timnas Basket Jerman

Final :

  • Timnas Basket Jerman 83-77 Serbia

Video Populer

Foto Populer